Cara Menabung Emas di Pegadaian Paling Lengkap, Begini Penjelasannya!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 17 Januari 2021, 10:00
Begini panduan cara menabung emas di Pegadaian buat kamu yang masih bingung. Jangan ragu lagi untuk investasi emas!

Cara menabung emas di Pegadaian bisa jadi salah satu alternatif investasi terbaik yang bisa kamu coba. Apalagi jika tengah menyiapkan passive income di samping berinvestasi obligasi ataupun investasi saham.

Investasi emas sering dikatakan sebagai salah satu investasi paling menguntungkan dibandingkan dengan investasi yang lain.

Sehingga tidak heran jika investasi ini juga menarik cukup banyak peminat. Apalagi di saat masa pandemi COVID-19 ini, investasi emas cukup dilirik. Terutama saat harga emas melonjak naik.

Nah, apabila kamu tertarik untuk ikut berinvestasi emas. Ada cara menabung emas di Pegadaian yang bisa kamu coba. Simak cara selengkapnya di sini.

Panduan Cara Menabung Emas di Pegadaian

Bagi siapapun yang ingin mengamankan aset keuangan mereka, investasi di sektor emas bisa jadi pilihan. Investasi emas bisa dilakukan melalui berbagai lembaga, salah satunya adalah Pegadaian.

Pegadaian sendiri punya tiga jenis produk investasi emas. Buat kamu yang masih pemula, Pegadaian punya produk yang sangat sesuai. Bisa juga lakukan simulasi tabungan emas Pegadaian!

Apabila kamu penasaran bagaimana caranya kamu bisa simak artikel cara menabung emas di Pegadaian dari Jaka ini. Kalau kamu lebih tertarik investasi reksa dana bisa cek informasinya di sini:

ADVERTISEMENT

Jenis Produk Investasi Emas yang Disediakan Pegadaian

Sebelum mulai investasi emas kamu perlu memahami dulu 3 produk yang dimiliki oleh Pegadaian. Setelah mengetahuinya, baru tentukan investasi mana yang cocok dengan kondisi serta kebutuhan kamu.

1. MULIA

Sumber foto: Pegadaian Indonesia

MULIA merupakan layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.

MULIA dapat menjadi alternatif pilihan investasi yang aman untuk mewujudkan kebutuhan masa depan, seperti menunaikan ibadah haji, mempersiapkan biaya pendidikan anak, memiliki rumah idaman serta kendaraan pribadi

Emas batangan MULIA dapat dimiliki dengan cara pembelian tunai, angsuran, kolektif (kelompok), ataupun arisan.

Selain itu pembelian logam MULIA dapat dilakukan dengan cara tunai (cash), kredit, dan arisan. Tertarik untuk mencoba produk satu ini?

2. Konsinyasi Emas

Sumber foto: Pegadaian Indonesia

Cara menabung emas di Pegadaian selanjutnya adalah Konsinyasi Emas, yang merupakan layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian. Ini menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian.

Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada Nasabah, oleh sebab itu juga emas yang dimiliki lebih produktif.

Pembagian hasil keuntungan sebesar 1/3 untuk pemilik emas dan 2/3 untuk Pegadaian. Kontrak maksimal selama 3 bulan, jika sampai 3 bulan belum terjual, bisa dilakukan perpanjangan lagi atau di putus kontraknya.

Syarat melakukan investasi melalui program ini kamu perlu membawa fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passport) yang masih berlaku. Kuitansi pembelian emas atau Berita Acara Serah Terima Emas yang dibeli di Pegadaian. Mengisi dokumen pengajuan konsinyasi dan Materi 6000 (sebanyak 2 lembar.)

3. Tabungan Emas

Sumber foto: Pegadaian Indonesia

Tabungan Emas Pegadaian merupakan layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Produk Tabungan Emas Pegadaian akan memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman, dan terpercaya.

Cara menabung emas (top up) cukup datang ke outlet Pegadaian atau agen Pegadaian ataupun secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa kamu download di Playstore atau Appstore.

Dengan cara mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor).

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tabungan Emas Pegadaian

Agar kamu makin mantap untuk memulai beinvestasi di Pegadaian maka Jaka akan jelaskan beberapa kelebihan serta kekurangannya untuk kamu. Simak juga mengenai investasi deposito selengkapnya di sini:

Deposito Adalah Investasi, Benarkah? | Saatnya Melek Investasi
Benarkah deposito adalah instrumen investasi yang menguntungkan? Mungkin kamu mulai berubah haluan setelah menyimak penjelasan Jaka ini.
LIHAT ARTIKEL

Kelebihan Tabungan Emas Pegadaian

Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Persyaratan Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Cara menabung emas di Pegadaian melalui program Tabungan Emas ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Langsung datang ke kantor cabang pegadaian atau bisa juga lewat aplikasi Pegadaian Digital. Syarat dan ketentuannya bisa kamu lihat pada tabel ini :

  1. Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor).
  2. Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.
  3. Biaya transaksi Tabungan Emas.
  4. Membayar biaya pembukaan Rekening Tabungan Emas sebesar Rp 10.000,-.

Cara Menabung Emas di Pegadaian Lewat Aplikasi

Jika kamu ingin membuka Tabungan Emas tapi tidak punya waktu untuk datang ke kantor cabang Pegadaian, tenang karena sekarang ada aplikasi khususnya.

Aplikasi ini bernama Pegadaian Digital. Kamu bisa download aplikasinya lewat link yang sudah Jaka sediakan berikut ini:

Pegadaian Digital - Aplikasi Resmi 1.1.1
Apps Productivity PT Pegadaian (Persero)
DOWNLOAD

Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan buka rekening, top up saldo tabungan, menjual saldo emas, bahkan melakukan gadai barang.

Untuk tahu cara menabung emas di Pegadaian melalui aplikasi simak saja tutorial-nya yang sudah Jaka rangkum berikut ini.

  1. Login ke dalam akun aplikasi Pegadaian milikmu.
  1. Ketuk "Pembayaran & Topup" kemudian pilih "Beli".
  1. Isi nominal pembelian emas yang diinginkan. Beri centang pada kolom pernyataan persetujuan ketentuan yang berlaku.
  1. Cek kembali pembelian, pilih rekening bank untuk lakukan pembayaran. Jika sudah ketuk "Bayar".
  1. Konfirmasi metode pembayaran dari rekening bank kemudian ketuk "Selesai".
  1. Tunggu SMS konfirmasi jika transaksi top-up sudah sukses.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan lengkap cara menabung emas di Pegadaian dari Jaka. Jika kamu membutuhkan info terkait produk Pegadaian secara utuh, kamu bisa menghubungi customer service mereka di nomor 021-3155550.

Coba juga aplikasi investasi untuk kamu yang masih pemula. Ikuti dan bagikan informasi menarik lainnya dari JalanTikus.com. Berikan juga komentarmu pada artikel berikut ini.

Baca juga artikel seputar Investasi atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Aplikasi Android TERMAHAL yang Bisa Bikin Bengong

100+ Daftar Aplikasi Pinjam Uang Online Ilegal 2020, Jangan Tertipu!

17 Aplikasi & Game Penghasil Pulsa Tercepat, No Tipu-Tipu!

Kumpulan Aplikasi Ringan untuk Gantikan Aplikasi Bawaan

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!

undefined
Kembali Keatas