Cara Membuka Aplikasi Android dengan Fingerprint

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 09 Maret 2018, 09:00
Lebih dari sekedar sistem keamanan, banyak fungsi lain yang bisa dilakukan sensor sidik jari alias fingerprint, salah satunya membuka aplikasi. Berikut ini cara membuka aplikasi dengan fingerprint di Android.

Sensor sidik jari alias fingerprint adalah sistem keamanan yang diterapkan pada smartphone generasi terbaru. Disebut sebagai sistem keamanan, fungsi fingerprint tentu sebagai alat pengunci dan pembuka homescreen smartphone.

Tapi buat pengguna Android, banyak fungsi fingerprint selain sekadar sebuah sistem keamanan. Salah satunya adalah sebagai pembuka aplikasi. Kali ini, Jaka akan kasih tips bagaimana cara membuka aplikasi dengan fingerprint di Android.

BACA JUGA
  • 5 Smartphone Android yang Memiliki Sensor Sidik Jari di Samping
  • ANJAY, Meizu M6s Punya Sensor Sidik Jari 'Anti-Mainstream'!
  • Cara Mudah Membuat Kamera Jadi Fingerprint Untuk Smartphone yang Tidak Dilengkapi Sensor Sidik Jari

Cara Membuka Aplikasi dengan Fingerprint

Aplikasi Fingerprint Android

Seperti sudah Jaka sebutkan di atas, sensor alias pemindai sidik jari atau yang populer disebut sebagai fingerprint adalah teknologi keamanan yang disematkan pada smartphone zaman sekarang. Pertama kali muncul dalam sebuah smartphone, sensor sidik jari disematkan pada Motorola Atrix di tahun 2011, disusul iPhone 5s dua tahun berselang.

Hingga sampai perkembangan yang terbaru, fingerprint sudah sampai pada sensor in-display alias fingerprint dalam layar yang disematkan pertama kali pada Vivo APEX.

Aplikasi Sidik Jari Android Terbaik
Fitur sidik jari atau fingerprint kini jadi fitur wajib dimiliki smartphone Android. Berikut Jaka ulas 15 aplikasi sidik jari Android terbaik.
LIHAT ARTIKEL

Untuk pengguna Android, variasi fingerprint memang sudah beragam melebihi sistem keamanan semata. Beragamnya karya developer membuat aplikasi-aplikasi fingerprint dengan berbagai fungsi jadi faktor penyebabnya. Contohnya bisa kamu temukan pada daftar aplikasi sidik jari terbaik di atas.

Cara Membuka Aplikasi Menggunakan Fingeprint Quick Action

Kembali ke topik utama, kali ini Jaka akan membahas salah satu fungsi alternatif dari fingerprint, yaitu sebagai pembuka aplikasi. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan bantuan sebuah aplikasi bernama Fingerprint Quick Action yang bisa kamu instal gratis di Play Store atau lebih mudahnya, klik tombol download di bawah ini.

Fingerprint Quick Action 0.14.2
Apps Utilities Code boy studio
DOWNLOAD

Jika sudah memasang aplikasinya, kamu bisa mencoba mengalih fungsikan fingerprint sebagai pembuka aplikasi. Untuk menerapkan cara membuka aplikasi dengan sidik jari di Android, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang Jaka jabarkan di bawah ini:

Akhir Kata

Itulah cara membuka aplikasi dengan fingerprint di smartphone atau perangkat Android. Kini kamu bisa menggunakannya untuk membuka aplikasi favorit atau terpenting kamu dengan mudah dan cepat, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Inilah 4 Posisi Fingerprint pada Smartphone Masa Kini, Manakah yang Terbaik?

Smartphone dengan Sidik Jari di Layar Siap Diproduksi Vivo!

Cara Mudah Membuat Kamera Jadi Fingerprint Untuk Smartphone yang Tidak Dilengkapi Sensor Sidik Jari

Hindari 5 Hal Ini Agar Sensor Fingerprint Smartphone Awet!

3 Tips Mengatasi Masalah Sensor Fingerprint yang Lemot di Smartphone

APPS TERKAIT
Finger Dancing: StapMania 1.3
Games CFK Studio
Sensor Box for Android 5.0
Apps IMOBLIFE Co. Ltd
Swipe-Lock 2.3.1
Apps T-igra
TapTap Screen Lock 1.3.0
Apps Dmytro Dolotov
undefined
Kembali Keatas