Cara Mudah Membuat Partisi Pada FlashDisk

Ditulis oleh Jaka - Senin, 30 November 2015, 00:01
Kamu sudah tahu kan cara membuat partisi di HardDisk? Kamu juga bisa lakukan pada FlashDisk kamu, loh. Inilah cara membuat partisi pada flashdisk.

Buat kamu yang sering ngoprek-ngoprek komputer, pasti tahu dong apa itu partisi atau disk partition. Partisi ini digunakan untuk membagi perangkat penyimpanan kamu (biasanya HardDisk) menjadi 2 bagian atau lebih. Tiap bagian memiliki drive masing-masing. Sehingga segala hal yang dilakukan di dalam salah satu drive tidak mempengaruhi drive lainnya. Misalnya ketika kamu menginstal ulang Windows kamu dan memformat partisi C: di HardDisk, maka seluruh data yang tersimpan di partisi D: tidak akan hilang. Hal ini tidak hanya bisa kamu lakukan di HardDisk, tetapi bisa juga kamu lakukan pada FlashDisk kamu. Inilah cara membuat partisi pada FlashDisk.

BACA JUGA
  • Cara Memperkebal FlashDisk dari VIRUS dengan IMUNISASI Gratis
  • FlashDisk Tidak Bisa Diformat? Ini Solusinya, Mudah dan GRATIS!
  • Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Namun sebelumnya, satu hal yang perlu kamu tahu bahwa Windows tidak akan bisa membaca partisi FlashDisk yang kedua. Jadi, kamu bisa menggunakan partisi kedua untuk menyimpan data-data penting dan rahasia kamu yang tidak mudah diakses orang lain, serta tidak akan terhapus walaupun FlashDisk-nya diformat. Jaka akan jelasin langkah-langkahnya. Simak baik-baik, ya!

Sekarang FlashDisk kamu sudah terbagi menjadi dua partisi. Coba cek sendiri, kapasitas FlashDisk kamu akan menjadi sesuai dengan jumlah yang kamu masukkan tadi. FlashDisk kamu sekarang bisa digunakan seperti biasa. Isi dengan file-file yang kamu mau.

Lalu bagaimana cara membuka dan mengakses partisi keduanya? Tenang, Jaka juga punya caranya. Masih menggunakan software MiniTool Partition Wizard Free. Inti dari proses ini adalah, kamu harus membuat salah satu partisi menjadi partisi utama (Primary) dan yang lainnya menjadi partisi tambahan (Logical). Ini dia langkah-langkahnya:

Itulah cara membuat partisi pada FlashDisk. Sekarang dalam FlashDisk kamu terdapat dua Drive yang dapat kamu gunakan secara bergantian. Hal ini memudahkan kamu untuk menyimpan berbagai file penting dan rahasia agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Semoga tips dari Jaka bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba, ya! Jangan lupa kasih pendapat kamu lewat kolom comment di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT

5 Alasan PENTING Kenapa Kamu WAJIB Beli Smartphone Baru di Tahun 2016!

SERAM!! Jangan Pernah Search "gagababa" di Yahoo Japan!!

Cara Hemat Kuota Internet Saat Streaming YouTube di Android

5 Aplikasi Android Unik Ini DIJAMIN Bakal Bikin Hidup Kamu Makin Seru!

Email Yahoo! Nggak Bisa Dibuka Kalau Pakai AdBlock?

APPS TERKAIT
Rufus 3.1 3.4
Apps Akeo
UsbFix 8.156
Apps usbfix
Bitdefender USB Immunizer 2.0.1.9
Apps
undefined
Kembali Keatas