6 Cara Ini Dijamin Membuat Keyboard Laptop Awet Hingga Tahunan!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 06 November 2015, 08:00
Merawat keyboard laptop juga gampang-gampang susah tergantung bagaimana cara penggunaan sehari-hari laptop tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah merawat keyboard laptop agar awet.

Keyboard merupakan komponen terpenting saat ini untuk barang elektronik seperti smartphone, tablet, phablet, laptop, komputer, dan lainnya karena keyboard merupakan salah satu cara untuk memasukkan perintah ke gadget tersebut. Sebenarnya sudah banyak keyboard virtual yang bisa digunakan untuk menggantikan posisi keyboard tetapi tidak akan sepraktis ketika memiliki keyboard aslinya. Hampir seluruh keyboard yang ada menggunakan susunan keyboard jenis QWERTY. Tentunya keyboard sering digunakan apalagi laptop dan bagaimana cara merawat agar keyboard laptop lebih awet mengingat tidak mudah mengganti keyboard bawaan laptop.

Merawat keyboard laptop juga gampang-gampang susah tergantung bagaimana cara penggunaan sehari-hari laptop tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah merawat keyboard laptop agar awet.

Cara Merawat Keyboard Laptop

1. Pakai Keyboard Cover

Hal ini biasanya lebih ditujukan pada perawatan dimana dengan menggunakan keyboard cover maka keyboard tidak mudah terkena debu atau air. Harga dari keyboard cover juga bervariasi tergantung jenis laptopnya, tetapi rata-rata harga keyboard cover murah.

2. Hindari dari Cairan

Yang dimaksud dengan cairan adalah misalnya lagi ketik skripsi atau blogging pasti biasanya menaruh minuman seperti kopi, teh, atau mungkin air putih di dekat laptop dengan tujuan agar mudah diraih ketika seru mengetik. Hal ini sah-sah saja, hanya harus diperhatikan dan hati-hati karena resiko minuman tersebut tumpah ke keyboard juga cukup tinggi.
BACA JUGA
  • 10 Laptop Gaming Terbaik dengan Harga 3 Jutaan

3. Tidak Menekan terlalu Kencang

Setiap keyboard memiliki batas tekanan masing-masing, dan biasanya hal ini dialami oleh pengguna laptop yang juga gamer. Karena terlalu terbawa suasana di game, tidak sadar ketika emosi akan menekan tombol dengan sangat dalam, keras, dan kencang. Hal tersebut dapat merusak tombol keyboard laptop.

4. Tidak Menempatkan Benda Berat di Atas Keyboard Laptop

Sama halnya seperti nomor 3 yaitu karena masalah tekanan, hanya bedanya jika yang nomor 3 hanya dalam waktu kurang dari 1 detik. Untuk menempatkan benda berat ini bisa lebih dari 5 detik, hal ini akan memberikan tekanan tidak hanya ke keyboard tetapi ke komponen lain di dalam laptop itu sendiri jika berat yang ditahan sangat besar.

5. Bersihkan Debu dari Keyboard

Debu yang semakin banyak dan menumpuk tentunya membuat tidak nyaman ketika digunakan dan tidak enak dilihat, untuk membersihkan debu dari keyboard bisa menggunakan semacam lap yang sekarang ini telah banyak dijual.

6. Beli Keyboard Eksternal untuk Gaming

Untuk gamer sebaiknya gunakan keyboard eksternal, selain akan merawat keyboard laptop kamu maka kamu juga lebih familiar dengan urutan tombol-tombol di keyboard eksternal.

Merawat keyboard laptop agar awet tentunya tidak hanya dilakukan satu atau dua hari saja, tetapi harus secara rutin. Daripada udah mahal-mahal beli laptop gaming, eh malah keyboardnya rusak. Kan sayang...

ARTIKEL TERKAIT

Haruskah Saya Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?

Menutup Layar Saat Shut Down Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak! Kenapa Ya?

Spesifikasi HP Chromebook 14, Laptop OS Chrome seharga Rp 3.3 Jutaan Saja

Acer Aspire E5-552G, Laptop Gaming Spesifikasi Tinggi dengan Tampilan Elegan

Microsoft SURFACE Pro 4, Laptop SUPER DEWA yg Bikin MacBook Jadi CUPU

APPS TERKAIT
DriverPack Solution 17.11.28
Apps Artur Kuzyakov
Connectify LITE 2015 - 1.0.35473
Apps Connectify
Wise Memory Optimizer 3.33
Apps WiseCleaner.com
CCleaner 5.55
Apps Piriform
undefined
Kembali Keatas