Cara Melihat Hilal 1 Ramadan Lewat HP Andorid

Ditulis oleh Jaka - Senin, 14 Mei 2018, 08:00
Datangnya bulan Ramadan ditentukan dengan nampak atau tidaknya bulan baru. Kamu bisa lho cek lewat HP. Begini cara melihat hilal 1 Ramadan lewat HP Android.

Hilal merupakan bulan sabit muda penanda datangnya bulan baru. Hilal digunakan pada pengkalenderan hijriah yang dipakai umat Islam. Setiap akhir bulan selalu dilakukan proses pemantauan untuk melihat apakah hilal sudah terlihat.

Termasuk untuk menentukan masuknya bulan Ramadan. Siapa sangka, kita juga bisa lho memantau kondisi dan posisi bulan lewat smartphone. Berikut cara melihat hilal 1 Ramadan lewat HP android.

BACA JUGA
  • 20 Meme Sambut Bulan Ramadhan Paling Kocak Bikin Gak Sabar Puasa
  • 11 Aplikasi Islami Android Terbaik di Bulan Ramadan, Insyaallah Nambah Pahala!
  • 4 Aplikasi Terbaik yang Bisa Digunakan Kaum Muslim di Bulan Ramadhan

Melihat Hilal 1 Ramadan Menggunakan Aplikasi Android

Dengan canggihnya teknologi, sekarang kita bisa memantau posisi bulan lewat smartphone guys. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi khusus yang bertema astronomi. Berikut aplikasi pemantau bulan yang bisa kamu coba:

1. Star Chart

Star Chart akan mengubah smartphone kamu menjadi sebuah planetarium guys. Aplikasi ini akan memperlihatkan kamu posisi bintang-bintang dan bulan secara real-time dengan teknologi visual 3D yang memanjakan mata. Cukup nyalakan GPS dan pantau posisi hilal dari HP mu.

2. Moon 3D

Moon 3D akan memperlihatkan kamu siklus rotasi bulan secara real-time ke smartphone kamu. Dengan begitu kamu bisa memprediksi posisi hilal sebelum datangnya bulan Ramadan. Keren kan guys.

3. Sky Map

Sumber foto: Sky Map

Sky Map yang awalnya merupakan produk Google ini juga layaknya planetarium berjalan guys. Akan lebih menarik jika kamu menggunakannya dengan perangkat VR (Virtual Reality). Karena kamu bisa memandang posisi bintang-bintang 360 derajat.

Google Sky Map 1.8.5
Apps Productivity Sky Map Devs
DOWNLOAD

4. SkySafari 5

Sumber foto: SkySafari 5

ADVERTISEMENT

Aplikasi ini punya grafis yang sangat keren guys. Selain melihat bulan, kamu juga bisa memantau posisi planet-planet di antara rasi bintang yang ada di luar angkasa. Aplikasi ini juga akan memanfaatkan fitur GPS di smartphone kamu, agar posisi bulan lebih presisi.

Akhir Kata

Nah, itu dia cara melihat hilal 1 Ramadan lewat HP android. Aplikasi-aplikasi tadi bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store. Jadi kamu bisa langsung mengunduhnya sekarang.

Baca juga artikel seputar Hilal atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT

5 Game Bertema Luar Angkasa Terbaik Untuk Android

5 Hal Haram Dilakukan Astronot di Luar Angkasa, Padahal No.1 'Seru'

5 Hal Mengasyikan yang Cuma Bisa Dilakukan Oleh Astronot di Luar Angkasa

5 Mitos Ruang Angkasa yang Ternyata Hoax, Jangan Percaya Kata Film!

APPS TERKAIT
Google Sky Map 1.8.5
Apps Sky Map Devs
Pale Moon 26.2.2
Apps Moonchild Productions
Galaxy VR Virtual Reality Game 1.0.38
Games Silicon Droid
Battle for the Galaxy 1.08.6
Games ninja kiwi
undefined
Kembali Keatas