Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive dengan Praktis

Ditulis oleh Jaka - Senin, 28 September 2020, 16:00
Cara melihat backup WhatsApp di google drive ternyata praktis banget loh. Simak cara melihat cadangan WA di google drive di artikel ini.

Cara melihat backup WhatsApp di Google Drive ternyata sangat mudah. Dengan cara ini, kamu bisa memastikan kalau proses pencadangan data percakapan kamu sudah dilakukan dengan baik atau belum.

Dengan membuat file backup, kamu bisa melihat kembali is pesan yang ada di akun WhatsApp kamu meskipun sudah mengganti handphone.

Selain bisa menyimpan riwayat percakapan, fitur cadangan ini pun bisa menyimpan gambar beserta video yang dikirimkan oleh rekan kamu lewat aplikasi chatting populer ini.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu membuat file backup dan aplikasikan cara melihat cadangan WA di Google Drive dari Jaka ini untuk memastikan prosesnya telah berjalan baik.

Bagaimana Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Cara melihat file WhatsApp di Google Drive bisa dilakukan dengan dua metode yaitu dengan menggunakan handphone ataupun di laptop.

Kedua metode ini sama-sama akurat dalam melihat apakah proses pencadangan sudah berjalan dengan maksimal atau tidak, jadi terserah kepada pengguna untuk memilih metode yang mana.

Cara melihat cadangan WA di Drive ini juga tidak memakan banyak waktu untuk melakukannya. Hanya dalam beberapa detik saja kamu sudah bisa melihat file backup yang tersimpan.

ADVERTISEMENT

File backup ini disimpan dalam bentuk khusus dan hanya bisa diakses dengan aplikasi WhatsApp saja, jadi keamanan dari backup yang kamu buat ini bisa dibilang sudah sangat baik.

Tips dan Trik Cara Melihat Cadangan WhastApp di Google Drive

Sampai saat ini, WhatsApp masih belum memperbolehkan penggunanya untuk log-in di dalam 2 handphone yang berbeda menggunakan nomor yang sama.

Pada proses log-in pengguna harus bersedia WhatsApp-nya ter-log-out secara otomatis di handhone lain, dan jika belum memiliki backup maka harus bersedia juga riwayat percakapannya hilang.

Maka dari itu, penting banget buat punya backup file percakapana WhastApp sekaligus tahu cara melihat hasil backup WhatsApp di Google Drive.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa metode cara melihat cadangan WA di Drive yang bisa kamu praktekkan.

1. Cara Melihat Backup WA di Google Drive di HP via Aplikasi

Cara mencari backup WhatsApp di Google Drive yang pertama ini bisa dilakukan langsung dari handphone yang kamu gunakan.

Dengan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa mengetahui di mana lokasi backup percakapan WhatsApp kamu langsung dari aplikasi Google Drive.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan dalam cara melihat Backup WA di Google Drive.

Google Drive 1.31.2755.2156
Apps Downloader & Plugin Google
DOWNLOAD

Kamu juga bisa melihat nomor telepon WA yang sudah di-backup, kapan terakhir kali proses backup dilakukan untuk memastikan kalau semua data percakapan terbaru sudah tersimpan dengan baik di sana.

2. Cara Melihat Backup Chat WA di Google Drive di Laptop

Selain melalui aplikasi Google Drive, kamu juga bisa mengaplikasikan cara melihat backup chat WA di Google Drive langsung dari laptop.

Cara melihat cadangan WA di Google Drive via laptop ini pun terbilang sangat praktis. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun, proses pengecekan bisa dilakukan melakui browser yang kamu gunakan.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk bisa mengaplikasikan cara melihat cadangan WA di Drive melalui laptop.

Dengan adanya aplikasi WhatsApp di sini, itu menandakan bahwa proses backup yang kamu lakukan dengan akun WA kamu sudah dilakukan dengan baik.

Dengan begini, kamusudah mengetahui cara melihat file backup WhatsApp di Google Drive, dan ternata caranya pun sangat mudah untuk dilakuakn.

3. Cara Membuat Cadangan WA di Google Drive

Proses backup isi chat WhatsApp ini tidak dilakukan secara otomatis. Pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini untuk bisa menyimpan riwayat percakapan di Google Drive.

Bila pilihan ini tidak dinyalakan, kamu tidak akan bisa menyimpan berbagai macam data percakapan, dan ketika log-in di handphone baru, semua riwayat percakapan kamu otomatis akan terhapus.

Jika tidak ingin hal ini terjadi juga supaya bisa mempraktekkan cara melihat backup WhatsApp di Google Drive, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fiturnya.

Setelah memilih durasi backup, riwayat percakap kamu sudah tersimpan cadangannya di Google Drive dan akan diperbarui secara otomatis sesuai dengan durasi yang kamu pilih.

Akhir Kata

Itu dia beberapa cara melihat backup WhatsApp di Google Drive yang bisa kamu ikuti agar riwayat percakapan bisa tersimpan dengan baik.

Variasi cara yang ada di artikel kali ini juga bisa kamu pilih sesuka hati, sesuai dengan selera masing-masing.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

10 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Laptop, Dijamin Gratis dan Bikin Bersih!

10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Buat Smartphone Kamu

Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan 'Bloatware' Android Sekaligus

43 Aplikasi Penghasil Uang Resmi Terbaru 2022, Cepat Cair & Terdaftar di OJK!

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

undefined
Kembali Keatas