Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang dengan Google Find My Device

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 15 Agustus 2017, 18:30
Begini cara melacak smartphone Android yang hilang dengan Find My Device yang dirancang untuk membantu pemilik melacak smartphone, tablet, dan smartwatch dengan Android Wear yang hilang di suatu tempat.

Cara menemukan smartphone Android yang hilang atau dicuri, rupanya masih menjadi perhatian Google. Di konferensi Google I/O 2017 (17-19 Mei), raksasa internet itu pun mengumumkan versi 2.0 dari Android Device Manager yang diberi nama baru yakni Find My Device.

Aplikasi Find My Device ini dirancang untuk membantu pemilik melacak smartphone, tablet, dan smartwatch dengan Android Wear yang hilang di suatu tempat atau mengatur ulang perangkat yang dicuri. Berikut adalah fitur terbaru Find My Device dan cara menggunakannya.

BACA JUGA
  • Cara Melacak HP Android yang Hilang Tanpa Aplikasi Apapun
  • Cara Melacak Lokasi HP Xiaomi yang Hilang (100% Works)
  • 8 Langkah Aman Mencegah Smartphone Hilang Karena Dicuri

Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

Fitur Baru Find My Device

Sumber foto: Foto: Digital Trends

Fitur dasar turunan dari Android Device Manager tidak berubah. Kamu masih bisa menggunakan Find My Device untuk mencari lokasi saat ini atau lokasi GPS terakhir dari perangkat Android yang dikaitkan dengan akun Google tertentu.

Namun, tampilan antarmuka aplikasi pencari smartphone yang hilang ini telah diperbarui dengan sentuhan Material Design. Fitur baru lain dari Find My Device ialah kemampuannya untuk menampilkan status baterai dan WiFi.

Jika perangkat Android yang hilang tersebut tidak aktif atau tidak dapat diakses, maka aplikasi akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui. Tentu saja, fitur ini sangat berguna jika ternyata kamu hanya lupa meletakkannya di mana.

Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang Tanpa Aplikasi
Cara melacak HP hilang ternyata gampang banget loh. Simak cara melacak HP yang hilang paling akurat berikut ini.
LIHAT ARTIKEL

Cara Menggunakan Find My Device untuk Melacak

Sebagai pengguna smartphone, tentu kita tidak ingin sampai kehilangan perangkat kesayangan. Namun terkadang tidak semua harapan menjadi kenyataan, ada kalanya cobaan datang menghampiri.

Nah salah satu persiapan penting bagi semua pemilik smartphone Android adalah dengan mengatur layar kunci berupa password atau PIN dengan 6 digit. Jadi, kita punya waktu untuk melacak jika smartphone hilang atau dicuri.

ADVERTISEMENT

Berikut langkah-langkah melacak perangkat Android menggunakan Find My Device:

Ada fitur utama yang bisa kamu gunakan, yaitu Play Sound untuk membunyikan perangkat dengan sangat keras. Lalu, Lock untuk mengunci perangkat secara jarak jauh dan memberikan pesan khusus. Serta, Erase untuk menghapus perangkat Android dari jarak jauh.

Akhir Kata

Itulah cara untuk melacak dan menemukan smartphone Android yang hilang atau dicuri menggunakan aplikasi Google Find My Device. Saran Jaka, sebaiknya jangan kamu kejar sendirian. Lebih baik mintalah bantuan ke temanmu yang berpengalaman. Selamat mencoba.

Baca juga artikel seputar Android atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

CrankCase, Pelindung dan Penyelamat di Kala Baterai iPhone Lowbat

Consumer Reports : Jangan Beli Microsoft Surface, Ini Alasannya!

6 Cara Menghemat Memori Internal Android Kamu

Ngakak! Video dan Meme Parodi ETA TERANGKANLAH yang Bikin KZL BAT GUE

Samsung Galaxy S8 Active, Kuat dan Tahan Lama!

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas