Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS | YouTuber Sukses Bermula Dari Sini!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 19 April 2019, 19:00
Mau tau gimana cara live streaming di YouTube menggunakan OBS? Nih, simak artikel Jaka berikut ini, ya! Dijamin kamu bisa live streaming game dengan mudah.

Kamu ingin menjadi live streamer game di YouTube seperti PewDiePie atau streamer ngetop lainnya? Tapi masih bingung gimana cara bisa live streaming game di YouTube?

Tenang, karena Jaka punya caranya, yaitu live streaming dengan menggunakan software yang bernama Open Broadcaster Software atau OBS.

Menggunakan software tersebut caranya sangat mudah, kok, dan tentunya gratis! Berikut ini Jaka tunjukkan cara live streaming game di YouTube menggunakan OBS.

Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS

OBS Studio adalah software video recording dan live streaming Open Source yang bisa kamu download secara gratis. Software ini memiliki fitur yang lengkap untuk segala kebutuhan live streaming, geng.

Selain OBS Studio sebenarnya ada software lainnya yang bisa kamu gunakan untuk live streaming, seperti XSplit Gamecaster. Namun, fitur yang bisa kamu gunakan di XSplit sangat terbatas kalau kamu pakai versi gratisnya.

Jadi, jaka lebih merekomendasikan untuk menggunakan OBS atau Streamlabs OBS (SLOBS). Walau gratis, fitur yang ditawarkan sangat lengkap dan kamu bisa memodifikasi layout streaming kamu.

Cara menggunakan OBS dan SLOBS kurang lebih sama, namun untuk pemula Jaka lebih merekomendasikan OBS karena aplikasi tersebut masih lebih simpel.

Cara Menggunakan OBS untuk Live Streaming di YouTube

Sebelum kita membahas cara menggunakan OBS untuk live streaming di YouTube, yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah memiliki Channel YouTube sendiri.

ADVERTISEMENT

Setelah itu, kamu buka youtube.com/live_dashboard untuk mengaktifkan akun kamu untuk live streaming.

Akun kamu akan diaktifkan untuk live streaming dalam waktu 24 jam. Setelah diaktifkan, baru kamu bisa go live dengan mudah.

Selanjutnya, kamu harus download dan instal OBS di PC atau laptop kamu.

Open Broadcaster Software Studio (OBS) 24.0.3
Apps Productivity OBS Project
DOWNLOAD

OBS adalah software yang ringan, kok, jadi kalau spesifikasi PC/laptop kamu kurang, masih bisa menggunakan software ini.

Setelah OBS terinstal dan channel YouTube kamu siap untuk digunakan live streaming, langsung saja kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1 - Klik Live Streaming di Channel YouTube Kamu

Langkah 2 - Masukkan Stream Key ke OBS

Langkah 3 - Memasukkan Game dan Webcam yang Akan Ditampilkan

Langkah 4 - Persiapan Live Streaming

Jangan lupa! Setel atau setting resolusi video stream kamu di menu Video Settings di OBS. Sesuaikan dengan kecepatan internet yang kamu punya. Banyak YouTuber mengatur resolusi pada 1080p

Langkah 5 - Mulai Live Streaming

Perlu diperhatikan, koneksi internet yang stabil dan kencang sangat diperlukan.

Akhir Kata

Itulah dia cara live streaming game di YouTube menggunakan OBS.

Gampang banget, kan, caranya? Kamu hanya harus ikuti langkah-langkah yang Jaka berikan di atas. Dijamin! Kamu akan bisa dan sukses live streaming di YouTube.

Selamat mencoba!

Kalau kamu mau lihat cara live streaming game di Facebook dan cara live streaming game di Twitch, Jaka juga punya artikelnya.

Banner: TechRadar

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Live Streaming Game di Facebook Pakai OBS | Mudah dan Gratis!

Cara Live Streaming di Twitch dengan OBS | Tanpa Ribet!

Cara Live Streaming Game di FB untuk PC & HP, Gampang!

15 Aplikasi Live Streaming Terbaik & Terbaru 2020 | Mana Favoritmu?

Cara Mudah Live Streaming Saat Main Game di Android

undefined
Kembali Keatas