Yakin Layanan VPN yang Kamu Gunakan Sudah Aman? Cek di Sini!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 25 Desember 2016, 17:00
Harusnya VPN memungkinkan kamu melakukan semua aktivitas di internet melalui jalur yang aman sehingga privasi terjaga. Tapi, yakin layanan VPN yang kamu gunakan sudah aman? Cek di sini!

Menggunakan VPN (Virtual Private Network) adalah cara untuk memastikan bahwa semua lalu lintas penjelajahan kamu di internet aman dan dienkripsi.

Tidak peduli perangkat kamu terhubung ke WiFi publik atau situs apa yang kamu buka. Harusnya VPN memungkinkan kamu melakukan semua aktivitas di internet melalui jalur yang aman sehingga privasi terjaga.

BACA JUGA
  • 7 Kejahatan Teknologi Internet dan Cara Mencegahnya
  • Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!
  • 10+ Hal GRATIS di Internet yang Harus Kamu Coba!

Yakin Layanan VPN yang Kamu Gunakan Bekerja dengan Benar?

Namun, jika VPN tidak dikonfigurasi dengan benar, mungkin tidak akan bekerja dengan aman. Tapi bagaimana kamu tahu jika VPN melakukan tugasnya dengan benar? Dikutip dari PC World, berikut cara mengeceknya.

Ini Dia Cara mengeceknya!

Sumber foto: Foto: Moaa.org

Jaringan intnernet itu sangat luas. Kamu bisa menemukan nyaris apa saja di dalamnya, termasuk mereka yang berniat jahat, bahkan penjahat profesional.

Jika tak waspada, kamu bisa menjadi korban sewaktu-waktu. Maka dari itu, kamu harus pakai VPN, yang salah satunya untuk mengamankan IP atau Internet Protocol Address.

Salah satu cara sederhana untuk mengecek VPN bekerja atau tidak, kamu bisa mengunjungi situs IPLeak.net. Situs ini memeriksa alamat IP kamu dan informasi lainnya termasuk WebRTC, DNS, torrenting, dan geolocation. Jika masih menampilkan IP default komputer kamu dan lokasi kamu, artinya VPN tidak bekerja.

Apa Itu IP?

IP atau Internet Protocol Address merupakan deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet di seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

Dengan kata lain, IP adalah identitas kamu saat berkeliaran di dunia maya. Dengan alamat IP, kamu dikenali di dunia maya. Tapi alamat IP ini bukanlah sesuatu yang statis. Artinya bisa berubah setiap kali perangkat terputus dari server Internet.

Ada beberapa alasan penting untuk menggunakan VPN dan menyembunyikan alamat IP saat berinternet. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Nah, kalau kamu sendiri gimana? Sudah melakuakn kiat-kiat di atas supaya bisa berinternet dengan aman? Share ya pendapat kamu!

ARTIKEL TERKAIT

Biar Komputer Awet, Yuk Kenali Malware Sebelum Terlambat!

7 Cara Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

Cara Scan dan Membasmi Virus di Komputer Tanpa Antivirus

Cara Mengubah Tampilan Android Secanggih Komputer

APPS TERKAIT
Camfrog Video Chat 6.11.576
Apps Camshare
Hotspot Shield 9.6.0
Apps Pango
AdBlock 3.18.0
Apps everhelper.me
Secure Browsing 1.0.2
Apps securebrowsingplus
undefined
Kembali Keatas