Cara Jitu Mengetahui PC Kamu Digunakan Tanpa Izin

Ditulis oleh Jaka - Senin, 27 Maret 2017, 08:00
Apakah kamu tahu bahwa seseorang telah membuka PC kamu diam-diam? Kalau tidak, lihat artikel ini dan kamu akan tahu cara melakukannya.

Untuk remaja seusia kamu, pasti sebuah PC merupakan aset penting dalam hidup kamu saat ini. Sebab, PC bisa kamu andalkan untuk bermain games, browsing di internet, atau bahkan mengerjakan tugas-tugas kamu yang luar biasa banyak itu. Jadi dapat dibuktikan bahwa PC kamu itu adalah sebagian dari privasi kamu, benar dong?

Jika PC kamu dipakai sama seseorang secara diam-diam, akankah kamu berlapang dada? Sayangnya, pasti tidak. Sebab, saat Jaka seusia kamu, juga merasakan hal yang sama kok. Kamu pasti bakal kesal, sekesal-kesalnya orang kesal dan ingin memarahi orang itu habis-habisan. Tetapi, apakah kamu tahu bahwa PC kamu itu telah dipakai seseorang secara sembunyi-sembunyi? Jika belum tahu, Jaka akan berikan cara mencari tahu apakah ada seseorang yang menggunakan PC kamu tanpa izin.

BACA JUGA
  • Cara Jitu Mengirim Chat di Kelas Tanpa Diketahui Guru
  • Cara Ampuh Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android
  • Cara Mudah Melindungi PC dari Hacker Saat Kamu Diintai

Cara Mencari Tahu PC yang Digunakan Tanpa Izin

Melalui artikel ini, kamu akan segera tahu apakah ada orang yang memainkan PC kamu tanpa izin atau tidak. Padahal, kamu sudah tidak memberi password untuk PC Windows kamu, agar orang lain dapat mengaksesnya melalui izin dari kamu terlebih dahulu. Sayangnya, masih saja ada orang yang tidak mau izin dulu sebelum menggunakan itu. Ya sudah, langsung saja Jaka berikan beberapa caranya ya.

1. Gunakan USBDeview, dan Lihat Siapa yang Mencolok Perangkat USB-nya

USBDeview adalah sebuah program kecil yang mampu mencatat semua perangkat USB, yang pernah terhubung ke komputer atau PC kesayangan kamu. Semua perangkat USB yang pernah tercolok di PC kamu, akan terdeteksi melalui program ini. Jadi, kamu bisa tahu, apakah ada seseorang yang menggunakan PC kamu secara diam-diam atau tidak menggunakan program kecil yang keren ini.

2. Periksa Recent Places di Komputer Windows Kamu

Biasanya, saat mengakses file atau folder yang dioperasikan melalui PC berbasis Windows, maka itu akan terlihat di Recent Places. Dengan menggunakan fitur ini, semua file ataupun folder akan ditampilkan sepenuhnya. Maka dari itu, kamu bisa memeriksanya melalui Recent Places, apakah ada file atau folder yang diakses oleh seseorang tanpa izin itu atau tidak. Cara mencari tahu apakah ada seseorang yang menggunakan PC kamu tanpa izin yang mudah bukan?

3. Periksa Juga VLC History di PC Kesayangan Kamu

Biasanya, seseorang yang iseng akan membuka file berupa video dan menontonnya di software VLC. Maka dari itu, kamu bisa melihat history pada pemutar video VLC kamu di PC Windows kesayanganmu itu. Kamu bisa melihat history itu dengan cara klik kanan pada program VLC atau masuk ke Media > Open Recent Media. Dari situ akan terlihat, video apa saja yang sudah diputar melalui VLC oleh seseorang yang tidak kamu ketahui.

4. Pakai Program Open Save Files View Untuk Mengecek PC Kamu

Open Save Files View merupakan cara baik untuk mencari tahu apakah ada orang yang menggunakan PC kamu tanpa izin atau tidak. Dengan menggunakan program satu ini, komputer akan menunjukkan daftar semua file yang sebelumnya pernah dicari atau pernah dibuka oleh seseorang. Dengan begitu, setiap pengguna anonim yang mengakses file atau merubah file kamu, dapat termonitori melalui program ini.

Memang terasa sangat jengkel, jika ada seseorang seenaknya mengakses komputer kita secara diam-diam. Maka dari itu, cara mencari tahu apakah ada orang yang menggunakan PC kamu tanpa izin ini, bisa bermanfaat untuk kamu. Jika benar ada yang mengakses komputer kamu tanpa kamu ketahui, langsung saja buat password untuk melindungi informasi kamu di dalam PC. Share pendapat kamu ya.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Kombinasi Battle Deck Giant Terbaik di Clash Royale

Cara Mudah Menyulap Windows 10 Menjadi macOS | Gak Perlu Beli Macbook!

Bukan Hoax, Begini Cara Dapat PULSA GRATIS Ratusan Ribu Setiap Harinya!

18 Nama Tempat di Dunia yang Pasti Sering Salah Sebut

Netgear Nighthawk X6, Router Paling Powerful di Kelasnya

APPS TERKAIT
WiFi Finder 3.335p
Apps JiWire Inc.
Find My Friends 6.4.0
Apps Family Safety Production
Clap to Find 3.3
Apps Frimus
undefined
Kembali Keatas