Cara Menghapus Pesan di WA yang Sudah Lama | Tidak Perlu Aplikasi Lain!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 19 January 2021, 16:00
Cara menghapus pesan di WhatsApp ternyata berlaku lebih dari 7 menit seperti yang selama ini banyak diketahui. Begini penjelasannya!

Cara menghapus pesan di WhatsApp biasanya hanya berlaku maksimal 7 menit setelah dikirim. Tapi, apakah kamu tahu kalau sebenarnya sekarang kamu bisa melakukannya tanpa batas waktu?

Saat ini WhatsApp memang memberikan banyak fitur bermanfaat untuk mendukung pengalaman chatting. Jika dulu cara menyembunyikan chat WhatsApp harus menggunakan aplikasi tambahan, kini bisa langsung.

Begitu pula halnya dengan menghapus chat WA di penerima jika kamu salah kirim pesan. Tidak perlu malu karena chat tersebut bisa langsung dihapus dari HP kamu, sehingga tidak perlu aplikasi WhatsApp versi mod.

Lalu, bagaimana cara menghapus chat WA secara permanen, khususnya yang sudah lama terkirim? Kalau kamu penasaran, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim

Salah kirim pesan sering terjadi pada aplikasi chatting, termasuk WhatsApp. Untungnya, sudah ada fitur untuk menghapus pesan yang sangat praktis.

Sebagaimana cara mengembalikan file atau chat WhatsApp yang sudah terhapus, kamu tidak perlu aplikasi lain untuk melakukannya, lho.

Tenang saja, meskipun sudah lama, masih ada cara menghapus chat WhatsApp yang sangat mudah dan praktis. Berikut penjelasan selengkapnya.

ADVERTISEMENT

Cara Menghapus Pesan di WA yang Sudah Lama

Sebelumnya, penting untuk diingat bahwa cara menghapus pesan di WhatsApp hanya bisa dilakukan di smartphone, baik Android maupun iOS.

Oleh karena itu, kamu yang terbiasa menggunakan WA Web sebaiknya beralih ke smartphone terlebih dahulu jika ingin mengikuti cara ini.

Nah, kalau kamu ingin tahu, yuk, simak cara menghapus pesan WA yang sudah terkirim lama di iPhone dan Android di bawah ini.

  1. Matikan koneksi internet pada smartphone, baik WiFi maupun data seluler. Jangan lupa tutup aplikasi WhatsApp juga.
  1. Selanjutnya, buka menu Pengaturan di HP kamu.

  2. Pilih opsi Aplikasi, lalu scroll ke bawah hingga menemukan WhatsApp, dan klik Paksa Berhenti. Jika muncul notifikasi pop up, klik OK.

  1. Kemudian, buka bagian Tanggal & waktu, matikan opsi Tanggal & waktu otomatis, dan atur tanggal serta waktu sebelum kamu mengirim pesan yang mau dihapus.
  1. Buka aplikasi WhatsApp kembali dan cari pesan yang ingin dihapus.

  2. Tekan dan tahan hingga muncul ikon tempat sampah di bagian atas, lalu klik Hapus untuk Semua Orang.

  1. Kembalikan pengaturan tanggal dan waktu seperti awal dan nyalakan koneksi internet. Ketika keduanya sudah dilakukan, pesan akan terhapus.

Jika muncul masalah tidak bisa Delete for Everyone di WhatsApp, mungkin karena pesan tersebut sudah terlalu lama. Cara di atas memang hanya berlaku untuk pesan yang terkirim hingga 2 hari sebelumnya.

Lebih dari itu, WhatsApp tidak akan bisa dibuka karena terdeteksi kesalahan tanggal dan waktu di smartphone. Dengan demikian, kamu tidak bisa menggunakan langkah-langkah di atas sebagai cara menghapus pesan WA lebih dari 1 bulan.

Akhir Kata

Itu dia cara menghapus pesan di WhatsApp yang sudah terkirim lama. Kini kamu tidak perlu panik jika mengirim chat ke orang yang salah karena masih bisa dihapus hingga 2 hari kemudian. Semoga ke depannya fitur ini berlaku untuk jangka waktu yang lebih lama, ya.

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

12 Aplikasi Pembuat Stiker WA Gratis Terbaik 2023, Bisa Bikin Stiker Muka Sendiri!

15 Aplikasi Chat Selain WA Terbaik, Alternatif Chatting Tanpa Putus!

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

7 Cara Sadap Whatsapp Pacar Tanpa Aplikasi, Praktis dan Bisa Akses Chat!

Kembali Keatas