5 Cara Download YouTube Tanpa Software Tambahan (Update 2019)

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 01 Maret 2019, 20:30
Mau download video YouTube tanpa ribet install aplikasi? Nah kamu bisa ikuti cara download YouTube tanpa software tambahan, mudah & cepat (update 2019).

Memang, untuk men-download apapun di internet bakal makin mudah dan cepat apabila menggunakan software Internet Download Manager alias IDM.

Namun sebagian orang, mungkin kamu juga malas untuk install software baru semacam ini, kan? Apalagi untuk sekadar download video di YouTube deh!

Nggak perlu pusing, guys. Sekarang ada loh cara download YouTube tanpa software tambahan yang wajib kamu cobain nih.

Kumpulan Cara Download YouTube Tanpa Software Tambahan

Untuk mencoba melakukan tutorial berikut, Jaka bukan hanya memberi tahu langkah-langkah download video YouTube di laptop atau PC saja loh.

Buat kamu yang menggunakan smartphone Android khususnya, kamu juga bisa mengikuti cara download YouTube tanpa aplikasi tambahan selengkapnya di bawah ini ya!

Download Video YouTube Tanpa Software di Laptop

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunduh video di platform video terbesar milik raksasa Google yang satu ini.

Baik dengan menambahkan huruf pada URL maupun menggunakan situs pihak ketiga loh. Penasaran bagaimana caranya? Mending simak dulu yuk!

Oh ya, kumpulan cara di laptop ini juga bisa diterapkan melalui browser yang tersedia di smartphone kamu loh. Jangan lupa dicoba deh.

1. Dengan Menambah Huruf "SS"

Note:

Jika kamu klik tombol Unduh Video dengan SaveFrom.net Helper, maka kamu harus meng-install software khusus yang bisa membebankan PC/laptop kamu loh.

Disclaimer:

Untuk beberapa channel YouTube yang mengunci/memblok opsi download, tidak bisa diunduh videonya dengan cara ini. Kamu harus menggunakan client SaveFrom.net atau menggunakan metode lainnya, guys.

2. Dengan Menambah Huruf "PP"

3. Dengan Situs KeepVid

Disclaimer:

Saat ini situs resmi KeepVid (https://keepvid.com/) TIDAK menyediakan fitur untuk download video YouTube. Kamu masih bisa mencoba situs KeepVid alternatif, seperti yang Jaka sudah ulas pada langkah-langkah di atas.

Download Video YouTube Tanpa Aplikasi di HP Android (Resmi)

Jika kamu pengguna aplikasi Android, tentu secara otomatis kamu juga memiliki aplikasi YouTube yang ter-install di smartphone yang kamu miliki.

Selain aplikasi YouTube standar, pada cara ini juga Jaka bakal mengulas mengenai aplikasi YouTube Go yang lebih ringan dan cocok digunakan pada HP murah dengan spesifikasi rendah nih.

1. Via YouTube

2. Via YouTube Go

Kelebihan dan Kekurangan Download Video YouTube Resmi & Non-Resmi

Bisa dikatakan metode download YouTube tanpa software di atas terbagi dua, yakni secara resmi dan non-resmi. Resmi apabila kamu menggunakan aplikasi YouTube dan YouTube Go.

Sementara non-resmi jika kamu menggunakan situs atau add-on dari pihak ketiga, seperti KeepVid dan semacamnya.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya? Berikut ulasan Jaka.

Sektor Resmi (YouTube & YouTube Go) Non-Resmi (KeepVid, dll)
Kualitas Video Terbatas hanya sampai 720p (HD) Bisa sampai 1080p (FullHD)
Fitur Tidak ada fitur untuk download format lain (hanya video) Bisa download format lain (.mp4, .mp3, .webm)
Kompatibilitas Hanya bisa ditonton dalam aplikasi YouTube Bisa ditonton di berbagai aplikasi pemutar video
Durasi Nonton Harus download ulang selama beberapa waktu Bisa ditonton bebas sepuasnya
Hak Cipta Copyright dijamin oleh YouTube Bisa melanggar copyright dari pembuat konten

Alasan Kenapa Banyak Orang Men-Download Video YouTube

Walaupun YouTube merupakan layanan streaming video yang mengharuskan kamu menonton dengan menggunakan jaringan internet atau WiFi, namun tetap saja banyak di antara kamu yang memilih untuk download saja.

Jaka lansir dari berbagai sumber, seenggaknya ada beberapa alasan yang menjadikan kenapa banyak orang yang mengunduh video dari YouTube.

Berikut beberapa alasan di antaranya, guys.

Namun yang pasti, jangan lupa pastikan kamu men-download dengan cara yang resmi alias legal.

Walaupun terpaksa download melalui pihak ketiga, usahakan jangan melanggar copyright dan hak cipta pembuatnya. Misal dengan download video dan kemudian memperjualbelikannya, guys.

Bisa-bisa dilaporkan dan malah dapat diciduk pihak berwajib, loh.

Bonus: Rekomendasi Aplikasi YouTube Downloader di HP Android

Kamu rasa download video YouTube tanpa software atau aplikasi dirasa kurang maksimal? Apalagi buat kamu yang seringnya akses YouTube melalui smartphone nih, guys.

Mungkin saja kamu wajib mencoba beberapa aplikasi download video YouTube alias YouTube downloader seperti yang Jaka rekomendasikan di bawah ini.

1. VidMate - HD Video Downloader

Pertama kamu bisa menggunakan aplikasi VidMate - HD Video Downloader yang dikembangkan VidMate Studio. Lalu apa yang bikin aplikasi ini terasa lebih spesial.

Nah selain download video melalui platform YouTube, kamu juga bisa menonton sekaligus unduh video dari berbagai platform atau sosial media lain, seperti Facebook, Twitter, Dailymotion dan sebagainya.

Dengan total 10 ribu unduhan video per minggunya melalui aplikasi VidMate, tentu kamu nggak perlu meragukan lagi soal kualitas yang bakal disajikan nih.

VidMate - HD video downloader 4.4419
Apps Downloader & Plugin Vidmate Studio
DOWNLOAD

2. SnapTube

Hampir memiliki fitur yang mirip seperti Vidmate, aplikasi download YouTube bernama SnapTube ini memang memberi keleluasaan dalam mengunduh video dalam sebuah aplikasi.

SnapTube memungkinkan kamu untuk men-download dalam berbagai format, termasuk MP3, mengunduh sekaligus dengan fitur Batch Downloading dan fitur lainnya yang tentu sangat bermanfaat.

Buat kamu yang tertarik, mending langsung cobain saja deh aplikasinya!

Snaptube APK - Youtube Downloader 4.81.0.4813310
Apps Downloader & Plugin Snaptube
DOWNLOAD

3. ArkTube YouTube Downloader

Lalu ada aplikasi bernama ArkTube YouTube Downloader, yang merupakan aplikasi untuk download beragam video yang ada di platform YouTube.

Walaupun tidak tersedia di layanan Google Play Store, ArkTube adalah aplikasi HP gratis yang populer di forum XDA Developer. Tertarik buat coba nggak nih?

ArkTube The Ultimate YouTube downloader 3.0
Apps Downloader & Plugin arter97
DOWNLOAD

Aplikasi YouTube Downloader Lainnya...

Belum puas dengan aplikasi download YouTube yang Jaka rekomendasikan?

Tenang saja, Jaka juga punya lebih banyak aplikasi dengan fitur serupa yang sudah diulas lengkap pada artikel ini ya: 5 Aplikasi Download Video YouTube Terbaik di HP Android | 100% Gratis!

Rekomendasi Aplikasi Download Video YouTube Terbaik di HP Android, Gratis!
Sedang mencari rekomendasi aplikasi download video YouTube terbaik 2021? Berikut adalah ulasan aplikasi download YouTube + link download-nya. Gratis!
LIHAT ARTIKEL

Video: Cara Menghasilkan 100 Juta Rupiah per Bulan dari YouTube

Akhir Kata

Nah itulah dia cara download video YouTube tanpa software, yang bisa kamu lakukan baik di PC, laptop maupun smartphone kamu loh.

Dan jangan lupa, dari beberapa cara tersebut tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya!

Atau juga jika kamu masih merasa kebingungan, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga artikel YouTube lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT

IDM Tidak Muncul Otomatis di YouTube? Ini Cara Mudah Mengatasinya

7 YouTuber Terkaya di Indonesia 2020, Posisi Atta Tergeser?

Cara Download Video YouTube di Android, iPhone, & PC, Bisa Tanpa Aplikasi!

Cara Mudah Membuat Channel Youtube di HP dan PC, Kuy Jadi YouTuber!

Kuota 1 GB Berapa MB, Sih? Cari Tahu Jawabannya Biar Nggak Boros!

undefined
Kembali Keatas