Cara Daftar BPJSTKU 2020 | Mudah Kelola Akun & Saldo BPJS TK!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 02 Oktober 2020, 19:30
Tahu cara daftar BPJSTKU akan memudahkanmu mengelola akun dan saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ponsel kamu. Ketahui cara daftar BPJSTKU 2020 di sini.

Buat kamu yang sudah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, pasti kamu ingin dengan lebih mudah mengelola akun dan saldo yang kamu miliki.

Kini kamu bisa melakukannya hanya dengan dari ponsel melalui aplikasi BPJSTKU, yang merupakan aplikasi resmi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Untuk bisa menggunakannya, kamu harus tahu terlebih dahulu cara daftar BPJSTKU online. Kamu bisa cari tahu caranya di artikel berikut ini, geng.

Cara Mudah Mendaftar BPJSTKU Online 2020

Melalui aplikasi BPJSTKU, peserta BPJS Ketenagakerjaan (TK) bisa mengelola akun BPJS TK mereka, termasuk salah satunya untuk mengecek saldo jaminan hari tua (JHT).

Aplikasi BPJSTKU dibekali sejumlah fitur, seperti misalnya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota baru, informasi kantor cabang, pelaporan kecelakaan kerja, dan informasi terkini soal BPJS Ketenagakerjaan.

Kamu juga bisa melakukan simulasi hitung jaminan hari tua dan panduan untuk mencairkan saldo JHT melalui aplikasi tersebut.

Sudah dirilis sejak tahun 2018, aplikasi ini bisa kamu unduh di App Store atau Play Store. Atau dengan mudah bisa kamu download di link berikut ini:

ADVERTISEMENT
BPJSTKU 3.1.28
Apps
DOWNLOAD

Cara Daftar BPJSTKU Online 2020

BPJS sudah memberi kemudahan untuk kita dengan memunculkan aplikasi BPJSTKU sehingga kamu bisa mendaftar BPJS Ketenagakerjaan sampai mengecek saldo.

Untuk mendaftar dibedakan menjadi dua, yaitu registrasi peserta baru BPJS TK (untuk kategori Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, dan Pekerja Migran Indonesia) dan pendaftaran pengguna aplikasi BPJSTKU.

Untuk cara daftar BPJSTKU online kali ini, Jaka bakal memberikan langkah-langkah cara daftar BPJSTKU untuk karyawan yang sudah terdaftar BPJS TK.

Sehingga kamu bisa langsung mendaftar ke aplikasi tersebut. Di aplikasi BPJSTKU daftar online bisa dilakukan dengan mudah, ikuti langkah-langkah dari Jaka berikut ini ya:

Langkah 1 - Buka aplikasi BPJSTKU

Langkah 2 - Pilih menu Pendaftaran Pengguna BPJSTKU

Langkah 3 - Masukkan Data

Langkah 4 - Masukkan Nomor KPJ dan Nama Lengkap

Langkah 5 - Masukkan alamat email aktif

Nah, setelah semua langkah-langkah tersebut kamu lakukan, kamu akan diarahkan kembali ke halaman awal. Dari halaman awal, kamu bisa login ke akun BPJSTKU untuk mulai menggunakan fitur-fiturnya.

Cara Cek Saldo BPJSTKU Online 2020

Setelah kamu sudah selesai melakukan cara daftar BPJSTKU, kamu sudah bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut.

Salah satunya adalah mengecek saldo jaminan hari tua (JHT) yang bisa terus kamu dapatkan apabila masih bekerja dalam suatu perusahaan.

Saldo ini akan berakumulasi dan bisa ditarik oleh peserta apabila mencapai usia pensiun, atau berhenti bekerja, meninggal dunia, atau mengalami cacat total.

Untuk bisa mengecek saldo BPJSTKU online, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 - Masuk ke aplikasi BPJSTKU

Langkah 2 - Pilih menu Lihat Saldo

Langkah 3 - Saldo akan ditampilkan

Selain mengecek saldo, kamu juga bisa mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU.

Akhir Kata

Itulah dia cara daftar BPJSTKU 2020 yang bisa kamu lakukan baik belum maupun sudah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Caranya mudah dan sangat praktis, jadi kamu nggak perlu khawatir kesulitan mendaftar BPJSTKU.

Semoga artikel Jaka bermanfaat untuk kalian ya. Sampai berjumpa di artikel menarik lainnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT

3 Cara Bayar BPJS yang Paling Mudah Dilakukan

3 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Perusahaan, Terbaru 2021!

Ini Dia Persyaratan Untuk Mendaftarkan BPJS Untuk Calon Bayi, Mudah dan Ringkas!

Tanpa BPJS! Ini Cara Berobat Online Gratis Yang Plus-plus

Ulang Tahun ke-40, BPJS Ketenagakerjaan Beri Kuliah Umum di Universitas!

undefined
Kembali Keatas