Cara Cek Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 04 April 2015, 14:31
Baterai laptop cepat sekali habis? Ketahui penyebabnya dengan cara ini, sangat mudah menentukan penyebab baterai laptop yang cepat habis.

Baterai merupakan benda yang sangat vital untuk sebuah perangkat portable saat ini, apalagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruang. Mungkin kamu tidak sadar beberapa aplikasi yang aktif dalam sistem operasi membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros.

Ya, memang tidak sedikit aplikasi yang berdiri sendiri melainkan banyak service yang berjalan dalam mode background sehingga kita tidak tau aplikasi apa yang sedang berjalan. Untuk itu kita perlu melakukan uji diagnosis permasalahan agar kita tahu apa sebabnya baterai yang kita pakai cepat boros. Di sini kita tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, cukup dengan mengetik perintah dasar melalui command prompt yang telah tersedia di dalam Windows. Berikut ini tutorial lengkapnya:

Buka Command Prompt (CMD) Administrator

Kemudian ketik perintah "powercfg -energy" , tekan Enter. Proses ini membutuhkan waktu hingga 60 detik, tunggu hingga Windows melaporkan detail efisiensi penggunaan daya.

Setelah selesai, akan ada penjelasan hasil diagnosis mengenai jumlah errors, warning dan informasi lainnya. Antara lain:

Untuk melihat hasil laporan secara detail, kamu bisa melihat file energy-report berupa html yang dihasilkan dari proses diagnosis. Untuk itu kamu cukup membuka link C:\Windows\System32\energy-report.html menggunakan web browser atau membukanya secara manual melalui Windows Explorer.

Nah, dengan menjalankan tips diatas sekarang kamu bisa tahu apa saja penyebab yang membuat baterai cepat habis. Apabila kamu segera memperbaiki masalah yang sudah dilaporkan tadi kemungkinan besar daya laptop akan menjadi lebih hemat 20% atau bahkan lebih. Yuk, dicoba!

Artikel Terkait Lainnya

undefined
Kembali Keatas