Cara Cek Apakah Asap Pekanbaru Sudah Sampai di Kotamu atau Belum

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 28 Oktober 2015, 10:50
Apakah bahaya asap sudah datang ke kota kamu? Begini cara cek tingkat asap di kota kamu hanya dengan menggunakan smartphone Android.

Sudah beberapa bulan ini, kota-kota seperti Pekanbaru, Jambi, Palangka Raya dan beberapa kota lainnya diselimuti oleh kabut asap yang cukup tebal, sehingga mengganggu pernafasan orang-orang yang berada di kota-kota tersebut.

Tidak sedikit juga dari para penduduk kota yang berhijrah ke kota yang memiliki udara layak hirup. Namun, beberapa hari ini muncul berita yang mengabarkan bahwa Jakarta, sebagai Ibu Kota Indonesia telah terkena asap yang berasal dari kota Pekanbaru atau lainnya.

BACA JUGA

    ISPU Menunjukan Bahwa Udara Jakarta Masih Aman

    ISPU adalah Indeks Standar Pencemaran Udara, yang dapat menunjukan tingkat polusi udara dari suatu kota.

    Aman di sini bukan berarti bebas dari asap rokok atau polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan umum atau pribadi, melainkan aman dari kabut asap yang berasal dari Pekanbaru, Jambi, ataupun Palangka Raya.

    Apakah Kota Saya Sudah Tercemar Asap?

    JalanTikus punya trik yang cukup menarik untuk kamu agar bisa mengecek tingkat kepekatan asap yang ada di kota kita masing-masing, tentunya dengan menggunakan smartphone Android.

    Bagaimana Caranya?

    1. Download aplikasi yang bernama Asia Air Quality di JalanTikus.

      Asia Air Quality 3.2.2
      Apps Productivity insdio
      DOWNLOAD
    2. Jika sudah, jalankan Asia Air Quality di Android kamu, lalu pilih menu "Choose another city AQI".

    3. Masukan nama kota yang ingin kamu cek. Di sini akan Jaka coba untuk memasukan nama kota "Pekanbaru" ke dalam pencarian, dan kita bisa langsung lihat hasilnya, bahwa kota Pekanbaru saat ini sedang dalam status "Unhealthy", yang berarti tidak sehat/tidak layak hirup.

    Gawat Darurat di Jambi dan Palangka Raya

    Jika kamu mencoba melihat status kota Jambi dan Palangka Raya, aplikasi tersebut akan menunjukan status yang cukup mengkhawatirkan, yakni "Hazardous", bisa diartikan sebagai Berbahaya atau Penuh Resiko.

    Berdoa Agar Kota Tersebut Kembali Diberikan Udara Bersih

    Ini adalah suatu pelajaran bahwa kita yang tinggal di kota-kota yang terbebas dari asap, sebaiknya harus mulai menghargai udara bersih yang masih diberikan oleh Tuhan.

    Salah satu cara mudah untuk menghargai udara bersih adalah dengan tidak merokok dan tidak membakar (apapun) sembarangan.

    ADVERTISEMENT

    Bayangkan saja, kota-kota seperti Pekanbaru, Jambi, dan Palangka Raya, mereka membutuhkan udara segar untuk hidup, sedangkan kita yang tinggal di kota dengan udara layak hirup, masih mengotorinya dengan asap rokok? Apa kata dunia!

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    WHAFF Rewards 445
    Apps WHAFF
    TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
    Apps Tubemate
    undefined
    Kembali Keatas