3 Cara Ampuh Mencegah Baterai Smartphone Jebol

Ditulis oleh Jaka - Senin, 19 Pebruari 2018, 08:00
Meski mayoritas smartphone kini dibekali baterai berkapasitas besar, masalah seputar baterai masih sering dialami para penggunanya. Salah satunya baterai jebol. Jaka akan kasih tips mencegah baterai smartphone agar tak pernah jebol.

Masalah baterai pada smartphone hingga kini masih jadi salah satu masalah pelik. Meski mayoritas smartphone kini dibekali baterai berukuran besar, namun tetap saja masih banyak keluhan dan masalah yang dialami para pengguna smartphone seputar baterai.

Masalah seputar baterai boros, baterai yang mudah drop, baterai gendut hingga baterai meledak nampaknya masih sering terdengar. Ada beberapa penyebab terjadinya masalah pada baterai, salah satunya perilaku si pengguna smartphone itu sendiri. Untuk itu, kali ini Jaka akan berikan tips bagaimana cara mencegah baterai smartphone agar tidak jebol.

BACA JUGA
  • Cara Menghemat Baterai Smartphone dengan 'Meniduri' Aplikasi
  • Cara Memperpanjang Umur Baterai dengan Aplikasi Android
  • 12 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik| Sayangi Bateraimu!

Cara Cegah Baterai Smartphone Jebol

Ingin baterai smartphone kamu awet dan tahan lama? Pastinya tak akan jebol sampai kapanpun? Berikut Jaka berikan langkah-langkah jitu mencegah baterai smartphone jebol:

1. Gunakan Aplikasi "Battery Full Notification"

Pertama-tama, jelajahi Play Store atau App Store. Lalu cari sebuah aplikasi bernama "Battery Full Notification". Jangan ragu untuk langsung instal karena aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Aplikasi ini digunakan saat kita mengisi baterai smartphone. Ketika baterai sudah terisi penuh, aplikasi ini akan memberi kita peringatan dan akan memunculkan notifikasi. Dengan adanya notifikasi, kita tak akan lagi lupa mencabut charger dari smartphone.

Instal: Battery Full Notification

2. Aktifkan Notifikasi

Setelah memasang aplikasi tersebut di smartphone kamu, langkah selanjutnya adalah aktifkan notifikasi dan atur sesuai seleramu. Kamu bisa memilih nada dering, getar, hingga mengatur volume sesuai kebutuhan kamu agar notifikasi yang masuk saat baterai kamu penuh dapat terdengar jelas.

3. Baterai Smartphone Anti Jebol

Setelah semua diaktifkan sesuai kebutuhan, maka kamu bisa mengisi baterai smartphonemu dengan tenang. Tak perlu khawatir terlewat karena segera saat baterai penuh. Akan langsung muncul notifikasi untuk kamu segera menyelesaikan proses charging. Alhasil, smartphone kamu aman dari risiko jebol.

ADVERTISEMENT

Akhir Kata

Itulah cara mencegah baterai smartphone kamu agar tidak jebol. Meski begitu, penggunaan smartphone secara teratur juga ikut menentukan ketahanan baterai kamu. Tips di atas sedikit banyak akan membantu kamu menjaga keawetan baterai smartphone. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Hindari Hal Berikut Ini Jika Ingin Baterai Smartphone Awet Selamanya!

100% Works! 5 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik

Begini Cara Menentukan Smartphone Baterai Terbaik Yang Mudah

Pilih Mana, Android dengan Baterai Removable atau Non-removable?

8 Mitos Umum Tentang Baterai Smartphone, Padahal Salah!

APPS TERKAIT
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Wakelock Detector-Save Battery 1.6.1
Apps UzumApps
Purify Battery Saver Boost 1.2.0.120
Apps King Studio Co.Ltd
undefined
Kembali Keatas