Yuk! Buat Tombol Macro Biar Jadi Jagoan Game

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 27 Desember 2016, 16:00
Tombol macro saat ini pada umumnya ada di keyboard dan mouse gaming yang harganya cukup mahal. Nah, melalui artikel ini JalanTikus akan kasih tahu kamu cara buat tombol macro gratis pada semua jenis keyboard.

Pernahkah kamu mendengar tombol macro? Tombol macro adalah sebuah tombol pada keyboard atau mouse yang bisa kamu kustomisasi. Contohnya, tombol macro satu kamu konfigurasi untuk mengetik tulisan JalanTikus. Maka saat kamu tekan tombol macro satu, secara otomatis akan terjadi pengetikan tulisan JalanTikus.

Tombol macro sendiri saat ini pada umumnya ada di keyboard dan mouse gaming yang harganya cukup mahal. Sebab memang tombol macro jauh lebih difungsikan untuk dipakai berkompetisi dalam sebuah game. Nah, melalui artikel ini, Jaka akan kasih tahu kamu cara buat tombol macro gratis pada semua jenis keyboard.

BACA JUGA
  • Cara Membuat Keyboard Android Secanggih Keyboard Komputer
  • 5 Aplikasi Keyboard Emoji Terbaik untuk Android
  • 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi | Bisa Normal Lagi!

Cara Buat Tombol Macro Biar Jadi Jagoan Game

Tombol macro bagi gamer sangat penting sekali, apalagi dalam sebuah kompetisi game. Contohnya, saat kamu main game fighting Street Fighter. Dengan memakai tombol macro, kamu bisa mengeluarkan jurus Hadouken hanya dengan satu kali tekan saja. Tidak perlu menekan tombol yang rumit.

Selain untuk gaming, sebetulnya banyak fungsi lain untuk tombol macro. Contohnya untuk membuka aplikasi atau bisa dipakai saat kamu malas mengetik alamat email, dan lain sebagainya. Semua bisa kamu lakukan hanya dengan satu kali tekan tombol saja. Benar-benar sangat bermanfaat.

Mau Traveling? Wajib Punya 10 Aplikasi Android Terbaik Ini!
persiapan yang kurang matang, sehingga waktu liburanmu pun jadi kurang maksimal. Makanya, JalanTikus akan berikan kamu daftar aplikasi terbaik untuk traveling
LIHAT ARTIKEL

Karena bermanfaat, sekarang akan Jaka kasih tahu nih cara buat tombol macro tanpa harus punya keyboard gaming. Berikut langkah-langkahnya!

Cara Membuat Tombol Macro

Pertama, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi tersebut adalah Hot Keyboard. Kamu bisa download melalui tautan berikut. Klik di sini.

Setelah selesai download, langsung saja kamu instal. Oh iya, karena ini merupakan aplikasi gratis, sebaiknya kamu baca tips dari Jaka berikut ini terlebih dahulu.

Jangan Asal! Ini 5 Tips Agar Aman Instal Aplikasi Gratisan
Apakah kamu suka instal software gratisan? Jika iya, kamu harus baca 5 tips ini sebelum instal aplikasi gratisan. Jangan asal instal! Simak melalui artikel JalanTikus berikut ya!
LIHAT ARTIKEL

Buka aplikasinya, lalu aplikasi tersebut akan menganalisis sistem kamu secara otomatis. Lalu tampilan berikut akan keluar.

Foto 1

Setelah tampilan tersebut keluar, kamu bisa pilih antara "Classic Keyboard" atau "Multimedia Keyboard".

Jika keyboard kamu memiliki tombol seperti memainkan musik, kamu bisa pilih "Multimedia Keyboard". Sementara Jaka sendiri memilih "Classic Keyboard". Jika kamu masih bingung dengan mana yang "Multimedia Keyboard" dan mana yang "Classic Keyboard" kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Foto 2 Sumber foto: Foto: Multimedia Keyboard oleh FamousOnlineShop
Foto 3 Sumber foto: Foto: Classic Keyboard oleh Amazon

Setelah itu, kamu harus klik "Next" terus menerus hingga muncul tampilan berikut.

Foto 4

Klik "New Macro" maka akan muncul tampilan berikut.

foto 5

Pada tampilan tersebut, kamu bisa pilih tombol macro seperti yang ingin kamu buat. Untuk contoh sederhana, Jaka memilih "Paste Text", maka akan keluar tampilan berikut.

foto 6

Pada nomor satu, masukkan kata yang kamu inginkan. Pada nomor dua, masukkan tombol yang mau kamu masukkan sebagai tombol macro. Pada kasus ini, Jaka akan mengubah tombol "P" menjadi tombol macro. Jika sudah, klik "Ok".

Terakhir, buka notepad. Coba tekan tombol macro yang sudah kamu buat. Kalau Jaka, menekan tombol "P". Dan voila! langsung terjadi pengetikan "JalanTikus" hanya dengan menekan satu tombol "P" saja.

Gimana? Keren kan hasilnya? Itulah cara membuat tombol macro. Itu adalah contoh sederhana dari tombol macro, jadi tentunya kamu bisa berkreasi lebih jauh lagi dengan tombol macro. Nah, selamat mencoba ya!

ARTIKEL TERKAIT

3 Cara Mudah Instal Aplikasi Setelah Instal Ulang Windows!

Seberapa Aman Komputer Kamu dari Hacker? Begini Cara Ceknya!

Wow! Vine Tidak Jadi Ditutup, Hanya Berganti Nama

Ajib! 6 Software Gratis Ini Bisa Gantikan Software Seharga Puluhan Juta!

APPS TERKAIT
Apple Keyboard 1.0
Apps Arvin Jayanake
Go Keyboard
Apps GO Dev Team
Android L Keyboard 3.1.20009
Apps Shen Ye
Gboard (Google Keyboard)
Apps Google
undefined
Kembali Keatas