Lebih Canggih dari Siri! Begini Cara Aktifkan Google Assistant di Android Marshmallow

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 19 Oktober 2016, 14:00
Lewat Android Nougat, Google memperkenalkan fitur eksklusif Google Assistant. Sayangnya sejauh ini Google Assistant cuma ada di Android Nougat. Tapi JalanTikus ada cara menggunakan Google Assistant di Android Marshmallow.

Bagi kamu yang menyimak perkembangan teknologi, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Google Assistant. Layanan voice assistant terbaru dari Google ini diklaim sangat pintar karena bisa diajak ngobrol hingga minta tolong untuk menjalankan banyak fungsi di smartphone.

Saking pintarnya Google Assistant, banyak yang menyandingkannya dengan Siri milik Apple. Sayangnya, Google Assistant sejauh ini hanya bisa digunakan di Android Nougat. Tapi, JalanTikus punya cara agar Android Nougat bisa jalan di Android Marshmallow loh.

BACA JUGA
  • Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N
  • Fitur Canggih Google Allo ini Dijamin Bikin Kamu Selingkuh dari WhatsApp
  • 100+ Perintah Suara yang WAJIB Kamu Ketahui di Google Now

Mengenal Google Assistant

Berbeda dengan layanan voice assistant Google Now, fungsi Google Assistant jauh lebih kompleks. Kita bisa memberi Google Assistant perintah secara spesifik, seperti memutar musik menggunakan aplikasi tertentu, memutar video di aplikasi tertentu, mencari dan menghubungi kontak di suatu aplikasi hingga mengajaknya ngobrol.

Keberadan Google Assistant pada aplikasi chatting Google Allo menjadikan Google Allo lebih unggul dari WhatsApp dan BBM. Pasalnya berkat Google Assistant, Google Allo bisa diajak chatting dan minta tolong untuk menjalankan berbagai layanan yang terintegrasi Google. Sayangnya, Google Assistant di Google Allo tidak selengkap yang ada di Android Nougat.

Cara Aktifkan Google Assistant di Android Marshmallow

Untuk kamu yang tidak sabar ingin mencoba canggihnya Google Allo, nggak usah nunggu Android Nougat deh. Asal smartphone Android Marshmallow kamu sudah di-root dan terinstal Xposed Installer, kamu bisa mengaktifkan Google Assistant di Android Marshmallow dengan mudah. Caranya:

Xposed Installer 2.7.1 Eksperimental
Apps Developer Tools rovo89
DOWNLOAD

Catatan: Karena merupakan fitur hasil porting-an, hotword "Ok Google" belum bisa digunakan. Jadi, untuk mengakses Google Asistant, silakan tekan dan tahan tombol Home smartphone kamu.

Mudah kan? Jadi walau belum mendapatkan update ke Android Nougat, kamu bisa mencicipi canggihnya Google Assistant. Setelah dicoba, jika merasa kurang cocok, kamu bisa menghapus modul Assistant Enabler tadi agar Google Now on Tap kembali di Android Marshmallow kamu. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menghilangkan Dead Pixel pada Smartphone Android

Alasan Kenapa Gamer Sejati Harus Punya Laptop Gaming Lenovo Ideapad Y900

7 Alasan Kenapa iPhone Lebih Cocok untuk Cewek Ketimbang Cowok

Cara Membuat ARTIKEL MENARIK di Bawah Postingan Blogger

APPS TERKAIT
Root Checker Terbaru
Apps joeykrim
KingRoot 5.4.0
Apps KingRoot Studio
Xposed Installer 2.7.1 Eksperimental
Apps rovo89
XDA Labs 1.0.8.3b
Apps XDA Developers
undefined
Kembali Keatas