WASPADA! Begini Cara Mengetahui Laptop Telah Di-Hack!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 06 Pebruari 2018, 18:30
Bagaimana cara mengetahui komputer atau laptop sedang diretas? Di channel YouTube Terry Cutler ada jawabannya. Simak yuk!

Pernah dengar kasus mengenai peretasan? Mungkin kamu akan ingat situs Yahoo, Pornhub, atau situs populer lainnya yang telah berhasil diretas. Mungkin juga kamu akan ingat kasus situs Telkomsel yang dulu pernah diretas. Tentulah situs-situs tersebut mengalami kerugian tertentu akibat ulah hacker tersebut.

Coba bayangkan kalau komputer atau laptop kamu diretas seseorang. Mungkin hacker tersebut mengambil data-data penting kamu atau melakukan hal-hal yang merugikan kamu. Pasti kamu ingin data-data kamu tetap aman kan? Tapi, bagaimana cara mengetahui komputer atau laptop sedang diretas? Di channel YouTube Terry Cutler ada jawabannya. Simak yuk!

BACA JUGA
  • Cek Laptop Kamu Sekarang! Begini Cara Membedakan Laptop Original Dengan Laptop KW
  • 4 Mitos Bahaya Ngecas Laptop dengan Charger Laptop Lain!
  • Laptop Terus Di-charge Tanpa Dicabut, Berbahayakah?

WASPADA! Begini Cara Mengetahui Laptop Telah Di-Hack!

1. Toolbals Quick Launch

Untuk meretas komputer, hacker harus menginstal software tertentu di komputer kamu tanpa kamu sadari dan ikon software itu akan ada di toolbars quick launch . Jika kamu punya antivirus yang bagus, maka akan ada notifikasi mengenai program ilegal yang berjalan, jadi kamu sangat terbantu untuk mengusir program itu.

Tapi jika tidak ada notifikasi, kamu harus cek di toolbars quick launch. Jika kamu menemukan ikon yang tidak kamu ketahui, segeralah untuk melakukan pencarian di Google untuk mengetahui ikon apa itu sebenarnya atau jika kamu punya teman yang mengerti bidang IT, mungkin kamu bisa bertanya kepadanya.

2. Task Manager

Ketika kamu membuka Task Manager kemudian klik pada tab Processes. Perhatikan pada CPU Usage, jika komputer atau laptop kamu sedang tidak menjalankan software tapi pada CPU Usage menunjukkan persentase yang tinggi, berarti ada hal yang mencurigakan sedang berjalan.

3. Command Prompt / CMD

Untuk penjelasan yang lebih terperinci, kamu dapat menonton video dari Channel Terry Cutler. Berikut ini videonya.

Akhir Kata

Nah, itulah cara mengetahui ketika laptop kamu diretas. Mudah kan? Jadi kalau kamu curiga bahwa laptop kamu sedang diretas, gunakan saja cara-cara di atas ya. Semoga bermanfaat!

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

Jangan Anggap Remeh! Ini 5 Hero Cewek yang Memiliki Kemampuan Paling Sadis di Mobile Legends

5 Hero Mobile Legends yang Mempunyai Efek Stunner Terbaik

5 Kombinasi Hero Fighter dan Support Terbaik di Mobile Legends

5 Hero Pembuka War (Initiator) Terbaik di Mobile Legends

5 Hero Terbaik Mobile Legends yang Digunakan Untuk Melawan Lancelot

APPS TERKAIT
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
LINE Let's Get Rich
Games LINE Corporation
LINE (Purple) 4.6.0
Apps Naver
undefined
Kembali Keatas