Bebas Penipuan, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Aman Belanja Online (Bagian 1)

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 30 Juni 2016, 18:06
Keamanan data yang dimaksud seperti penipuan online, pencurian identitas hingga pencurian data kartu kredit! Oleh sebab itu, yuk kita simak artikel ini lebih lanjut karena akan Saya kupas tuntas bagaimana menghindari hal-hal tersebut dalam

Berbelanja online bukanlah hal yang baru bagi masyarakat saat ini. Berbagai faktor menjadi penyebabnya, seperti harga yang lebih murah hingga ketersediaan stok pada toko-toko di sekitar tempat tinggal. Namun isu mengenai data dalam melakukan belanja online yang aman masih menjadi sebuah ketakutan besar bagi masyarakat saat ini.

Keamanan data yang dimaksud seperti penipuan online, pencurian identitas hingga pencurian data kartu kredit! Oleh sebab itu, yuk kita simak artikel ini lebih lanjut karena akan Saya kupas tuntas bagaimana menghindari hal-hal tersebut dalam poin-poin berikut ini.

BACA JUGA
  • 5 Jenis Penipuan Berbahaya yang Menyerang Pengguna WhatsApp
  • Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!
  • 7 Tips Berbelanja Online Hemat di Bulan Ramadan

1. Pastikan Komputer Kamu Aman dari Virus

Satu hal yang paling ditakuti di jagat teknologi saat ini adalah virus. Bukan virus flu atau virus penyakit lainnya, melainkan virus komputer yang dapat mencuri berbagai identitas bahkan hingga kehidupanmu sehari-hari. Tak heran bos salah satu raksasa teknologi begitu protektif terhadap hal ini. Virus sendiri diciptakan oleh hacker yang fungsinya bermacam-macam. Mulai dari menghancurkan file yang ada hingga melakukan pencurian data-data lainnya. Untuk mencegahnya, pastikan antivirus milik kamu sudah ter-update dengan versi paling baru

2. Kenali Toko atau Seller Tempat Kamu Akan Berbelanja

Mengenali toko atau seller merupakan hal yang wajib dilakukan agar aman belanja online. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tertipu atau mendapat barang yang tidak sesuai. Lalu bagaimana cara mengenali toko atau seller tersebut? Kamu bisa melihat testimoni-testimoni dari pembeli sebelumnya. Jika kamu merasa testimoni nya bagus, maka kamu bisa melakukan pembelian lebih lanjut. Namun jika tidak, resiko ditanggung penumpang ya.

3. Gunakan Rekening Bersama Jika Perlu

Apa itu Rekening Bersama? Jika kamu sering berbelanja di FJB Kaskus maupun forum-forum terbuka lainnya, pasti kamu akan sering mendengar tentang Rekening Bersama ini. Rekening Bersama berfungsi sebagai mediator antara pembeli dengan penjual. Beberapa toko online besar yang sudah menerapkan sistem escrow atau rekening bersama secara 'official' ini adalah Tokopedia, BukaLapak, dan Kaskus JualBeli.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Salah satu poin terpenting dalam melakukan belanja online terpercaya yaitu jangan mudah tergiur harga murah. Bahkan sampai muncul peribahasa 'Ada Harga Ada Rasa'. Namun kamu jangan terlalu berpaku pada hal ini, jika kamu menemukan 'barang murah' dan seller adalah orang yang punya reputasi bagus, jangan sungkan untuk langsung melakukan pembelian.

5. Pisahkan Email Pribadi Dengan Email Belanja

Loh mengapa harus demikian? Dalam beberapa kasus, pencurian identitas dilakukan pada online store yang mempunyai keamanan tingkat rendah. Sehingga dengan membedakan kedua email ini kita bisa menurunkan rasio peretasan data yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baiklah, itu adalah tips-tips yang harus dilakukan agar dapat berbelanja online dengan aman. Eits, tapi kok hanya 5 tips? Sabar, 5 tips selanjutnya akan Saya berikan di artikel selanjutnya!

ARTIKEL TERKAIT

5 Trik Sukses Online Shop di Instagram

Rasanya Pengen Banget Block Akun Online Shop di Instagram. Tapi Setelah Dipikir Lagi...

Ngakak! Inilah 15 Foto Balasan SMS Penipuan Paling Lucu dan Kreatif

Kerja dari Rumah? Hati-hati Penipuan

Cara Melindungi Android Kamu dari Penipuan Spam dan Phishing Scam

APPS TERKAIT
Lazada App for Android 5.3.1
Apps Lazada Mobile
Tokopedia 2.5.1
Apps Tokopedia
Gmail 2020.02.16.297705979
Apps Google
AVG Antivirus Security - FREE for Android
Apps AVG Technologies
undefined
Kembali Keatas