AWAS! 5 Bahaya Login Menggunakan Facebook di Aplikasi Pihak Ketiga

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 17 Juli 2018, 08:00
Banyak aplikasi ketiga yang meminta kita untuk registrasi menggunakan akun baru. Cara mudahnya adalah menggunakan akun Facebook. Tunggu dulu, ternyata login menggunakan Facebook untuk registrasi aplikasi pihak ketiga sangat berisiko lho! Ini 5 bahayanya.

Sebagai salah satu jejaring atau media sosial terpopuler di dunia, Facebook tengah jadi perbincangan hangat dalam beberapa bulan terakhir. Apalagi kalau bukan karena masalah keamanan.

Ngomongin masalah keamanan, kali ini Jaka akan membahas lima bahaya yang bisa terjadi jika kamu menggunakan login Facebook untuk daftar aplikasi pihak ketiga.

BACA JUGA
  • Cara Melihat Email Facebook yang Lupa & Punya Orang Lain, 100% Works!
  • Cara Hapus Akun Facebook Permanen & Sementara dengan Mudah
  • 5 Aplikasi Facebook Terbaru Lebih Ringan dan Hemat Kuota

Jangan Login Menggunakan Facebook untuk Aplikasi Pihak Ketiga!

Mayoritas aplikasi pihak ketiga kini meminta calon penggunanya untuk mendaftar alias melakukan registrasi dengan membuat akun baru. Untuk lebih mudahnya, mereka menyediakan opsi untuk pengguna melakukan login akun Facebook agar tak perlu membuat akun baru. Opsi tersebut nyatanya lebih banyak dipilih orang.

Padahal, menggunakan akun Facebook untuk aplikasi pihak ketiga mengandung banyak risiko lho! Berikut lima bahaya yang bisa terjadi saat kamu memilih login Facebook untuk mendaftar di aplikasi pihak ketiga:

1. Panen Data

Sumber foto: TechWorm

Risiko yang pertama adalah kemungkinan terjadinya panen data pribadi kamu. Bukan hanya untuk aplikasi pihak ketiga, tapi juga untuk Facebook itu sendiri. Aplikasi apapun yang kamu gunakan akan mendapat data pribadi yang kamu cantumkan di akun Facebookmu. Sebaliknya, Facebook juga akan mendapat datai diri pribadi yang kamu masukkan ke aplikasi pihak ketiga itu.

Apapun jenis aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan, maka data diri yang kamu masukkan ke aplikasi tersebut bisa terpantau Facebook. Aplikasi chatting yang memerlukan nomor HP, maka Facebook mendapatkan nomor HP tersebut. Aplikasi yang membutuhkan biaya berlangganan, maka Facebook akan mendapatkan data keuangan yang kamu gunakan untuk pembayaran. Ngeri juga, 'kan?

Penasaran sama empat aplikasi lain beserta bahayanya? Langsung cari tahu di halaman selanjutnya, gengs!

2. Alamat Email Diketahui Aplikasi Pihak Ketiga

Sumber foto: wikiHow

Banyak orang memilih opsi untuk login menggunakan akun Facebook supaya tak perlu lagi meregistrasikan alamat email mereka pada aplikasi pihak ketiga. Hal ini jadi salah satu salah kaprah bagi mereka. Penyebabnya apalagi kalau bukan alamat email mereka masih bisa diketahui oleh aplikasi pihak ketiga tersebut.

ADVERTISEMENT

Ya, alamat email yang kamu gunakan untuk membuat akun Facebook kemungkinan bisa diakses oleh aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan. Meski alamat email tersebut mungkin bukan alamat email utama yang seringkali kamu gunakan, namun tetap saja akan merugikan jika email tersebut bisa diakses aplikasi lain terutama yang belum jelas asal-usulnya.

3. Pencurian dan Penyalahgunaan Foto

Sumber foto: Caters

Bahaya berikutnya adalah kemungkinan terjadi pencurian dan penyalahgunaan foto pribadi untuk kebutuhan yang merugikan diri kamu sendiri. Berbagai jenis aplikasi sosial atau aplikasi pencarian jodoh (online dating) yang tidak kredibel jadi salah satu yang mungkin menggunakan foto kamu secara sembarangan.

Selain foto, data lain semisal kontak teman atau kerabat kamu juga bisa jadi korban lho! Aplikasi pihak ketiga berjenis e-commerce abal-abal bisa saja mendapatkan akses kontak kerabat kamu dan menghubungi mereka untuk menawarkan produk atau jasa mereka. Jangan salah, kejadian semacam ini sudah cukup banyak terjadi.

4. Iklan Rekomendasi Mengganggu

Sumber foto: Digital Valley

Pernahkah kamu mengalami banyaknya iklan rekomendasi yang muncul saat sedang asik menjelajah Facebook? Meski kadang iklan yang muncul sesuai dengan minat kamu, kemunculan iklan-iklan tersebut nyatanya terkesan mengganggu, bukan? Itulah salah satu akibat yang terjadi ketika kamu login menggunakan Facebook pada aplikasi pihak ketiga, terutama yang berjenis jual beli online.

Cara Hapus Semua Foto Facebook Sekali Klik!
Punya banyak foto aib di FB? Begini cara menghapus foto di Facebook dengan mudah lewat aplikasi maupun tanpa aplikasi (Update 2020)
LIHAT ARTIKEL

_NGERI! Nomor 5 ternyata paling berbahaya lho.. _

5. Kasus Penjualan Data

Bahaya yang terakhir tentunya adalah kasus yang terjadi dan sempat menghebohkan dunia maya dalam beberapa bulan terakhir. Kasus dugaan penjualan jutaan data pengguna Facebook sempat membuat Mark Zuckerberg berurusan dengan hukum dan harus menghadapi sejumlah persidangan.

Menyambung dari adanya rekomendasi iklan, Zuckerberg mengaku terjadi kesalah-pahaman soal adanya penjualan data. Ia menyatakan kalau Facebook memang menggunakan data pengguna untuk menyesuaikan minat dan ketertarikan mereka untuk menghadirkan rekomendasi iklan yang tepat bagi pengguna.

Akhir Kata

Itulah lima bahaya yang mungkin menimpa kamu jika menggunakan login Facebook sebagai opsi untuk mendaftar di aplikasi pihak ketiga. Kamu yang kini sudah mengetahui berbagai bahaya yang mungkin terjadi harusnya bisa lebih berhati-hati untuk menggunakan layanan aplikasi pihak ketiga, sekaligus mengawasi penggunaan akun Facebook pribadimu. Setuju?

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

5 Aplikasi Keyboard Emoji Terbaik untuk Android

15 Aplikasi Edit Suara Gratis untuk Android & PC, Bisa Bikin Suara Jadi Merdu

5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik Saat Ini

10 Aplikasi Terbaik Transfer File Antar Android Tanpa Bluetooth

100% WORKS! 10 Aplikasi Android Penghasil Uang Terbaru 2018

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Video Download for Facebook 2.2.3
Apps XCS Technologies
undefined
Kembali Keatas