Ini Bahaya Yang Mengintai Kamu Jika Masih Sering Download Di Torrent

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 20 April 2017, 20:00
Sering download musik, film, atau aplikasi dari Torrent? Hati-hati, ternyata ada bahaya yang menanti kamu. Mau tahu apa saja bahayanya? Simak informasi selengkapnya dari Jaka ini ya.

Torrent merupakan salah satu layanan yang memungkinkan kita menyimpan dan mengunggah berbagai jenis file dengan menggunakan berbagai jenis client seperti UTorrent, BitTorrent dan masih banyak lagi. Torrent dipilih karena file yang tersimpan di Torrent bisa bertahan lama sehingga para pengunggah tidak perlu khawatir alamat file yang mereka butuhkan tiba-tiba tidak bisa digunakan. Selain itu, Torrent juga menawarkan variasi file yang lebih banyak ketimbang situs pada umumnya.

Sayangnya, di balik kelebihan dari Torrent, ternyata ada sejumlah bahaya yang menanti para pengguna Torrent ini. Apa saja bahaya yang menanti kalian yang sering download melalui situs-situs penyedia layanan Torrent? Berikut Jaka kasih tahu selengkapnya.

BACA JUGA
  • 10 Situs Download Torrent Paling Cepat dan Populer 2017
  • 8 Cara Mempercepat Download Torrent Hingga 300 Kali lebih Cepat!

Ini Bahaya Yang Mengintai Kamu Jika Masih Sering Download di Torrent

1. Risiko Malware

Sumber foto: Foto: cbronline.com

Tidak bisa dipungkiri, selain menjadi sarang berbagai file seperti video, musik, dan berbagai jenis aplikasi, Torrent juga menjadi sarang berbagai malware berbahaya. Berbagai file yang kalian download, entah itu aplikasi maupun video melalui jalur Peer to Peer (jalur yang langsung menghubungkan komputer pengunduh dan pengunggah), kemungkinan telah disusupi malware yang sengaja dimasukkan oleh pihak pengunggah file tersebut.

Oleh karena itu, sangat disarankan ketika kalian melakukan download dari Torrent, pastikan selalu mengaktifkan antivirus dan firewall kalian serta selalu lakukan scanning pada file yang telah kalian download tersebut.

2. Keamanan Data

Sumber foto: Foto: businessnewsdaily.com

Melakukan sharing file melalui jalur Peer to Peer dengan mengunggah ke Torrent akan membuka jalur gateway komputer penyimpan data tersebut. Hal ini tentu saja berbahaya karena bisa saja komputer penyimpan data tersebut disusupi dan terjadilah pencurian data yang tidak kalian duga.

Meskipun sebenarnya data yang berisiko dicuri adalah data yang berada dalam satu folder yang sama dengan file unggahan Torrent kalian, akan lebih baik jika kalian melakukan tindakan pencegahan dengan mengamankan data-data kalian terlebih dahulu, khususnya data-data yang sifatnya rahasia dan penting.

Cara Mudah Nonton Film di Torrent Tanpa Harus Download
Mau tahu cara mudah menonton film di torrent tanpa harus download? Baca artikel ini selengkapnya ya
LIHAT ARTIKEL

3. Vulnerabilitas

Sumber foto: Foto: securityintelligence.com

Selain bahaya keamanan data, Torrent juga bisa menjadi jalur para hacker untuk mengakses komputer kalian dengan mudah. Hal ini bisa terjadi karena ketika kalian mengakses, melakukan upload dan download file Torrent, alamat IP komputer kalian akan terekspos ke seluruh komputer yang melakukan komunikasi peer to peer dengan kalian. Tentunya kebanyakn dari para hacker akan memanfaatkan kesempatan, seperti untuk mengakses komputer kalian untuk mencuri data, sekadar merusak sistem komputer kalian, atau justru malah mencari tahu keberadaan kalian.

Untuk mencegah hal seperti ini, sebaiknya rutin melakukan scanning dan pastikan aplikasi remote desktop kalian tidak aktif, karena para hacker bisa saja memanfaatkan aplikasi ini untuk mengendalikan komputer kalian.

ADVERTISEMENT

4. Masalah Legalitas

Sumber foto: Foto: itpro.co.uk

Selain masalah teknis, menggunakan Torrent juga bisa menyebabkan kalian terjerat masalah hukum, seperti UU ITE di negara kita Indonesia. Kenapa? Ya jelas saja karena sebagian besar file yang diunggah dan diunduh melalui Torrent merupakan file bajakan. Contohnya video, musik, bahkan aplikasi. Belum lagi jika pihak yang kontennya dibajak menuntut ganti rugi pada kalian.

Lihat saja kasus yang terjadi pada pengelola situs KickassTorrent yang telah ditangkap dan dipenjara karena terus-menerus mengunggah berbagai file ilegal melalui layanan Torrent. Belum lagi tuntutan ganti rugi materi yang akan dihadapinya.

Itulah tadi bahaya yang menanti kalian jika sering menggunakan Torrent. Semoga informasi dari Jaka ini bermanfaat ya. Setelah mengetahui bahaya di atas, apakah kalian masih ingin menggunakan Torrent? Kalaupun iya, kalian harus mempersiapkan diri dengan segala risiko yang menanti kalian.

ARTIKEL TERKAIT

Ssst, Ini Dia Keyword TERLARANG di YouTube!

Waduh, Anak Kecil Ini Temukan Narkotika di Dalam Coklatnya!

10 Aplikasi Android Keren yang Tidak Ada di Play Store

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan 3D Doodle Pen

APPS TERKAIT
uTorrent 3.4.9 Beta 43057
Apps BitTorrent
BitTorrent 7.9.9 Build 42924
Apps BitTorrent
BitTorrent for Android 2.120
Apps BitTorrent
aTorrent - Torrent Downloader 2.2.3.4
Apps Mobilityflow Torrents
undefined
Kembali Keatas