Arti Unik di Balik Nama Perusahaan Teknologi Terkemuka di Dunia | No. 2 Karena Kecelakaan!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 06 April 2019, 19:00
Asal usul nama perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Microsoft, dan Netflix bukanlah tanpa arti. Berikut adalah arti nama mereka satu persatu.

Pernah tidak kamu penasaran apa arti di balik nama perusahaan teknologi terkenal seperti Apple, Google, Spotify, Instagram, dan lain sebagainya?

Apakah nama berpengaruh terhadap popularitas dan kesuksesan perusahaan-perusahaan tersebut?

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak artikel Jaka berikut ini.

Arti Unik di Balik Nama Perusahaan Teknologi Terkemuka di Dunia

1. Apple

Inovasi yang dilakukan Apple memang mengubah dunia. Apple adalah perusahaan pertama yang pertama kali menciptakan personal computer (PC), bukan Microsoft, geng!

Nama Apple memang fanciful (menarik atau keren). Dalam sebuah jumpa pers pada tahun 1981, Pendiri Apple, Steve Jobs, mengungkapkan mengapa dirinya memilih Apple sebagai nama untuk perusahaannya.

Dikatakan Steve Jobs, karena dia menyukai buah apel dan suka memakannya. Tapi gagasan utama di balik Apple adalah membawa kesederhanaan kepada masyarakat, dengan cara yang paling canggih.

Terkait logo, kenapa mesti buah apel dengan pola gigitan, sang desainer, Rob Janoff mengungkapkan, alasan buah tersebut tergigit adalah untuk membedakannya dari buah ceri.

ADVERTISEMENT

Gigitan itu hanya skala, sehingga meski kecil, logo Apple tetap terlihat seperti buah apel, bukan buah ceri.

2. Google

Nama Google lahir karena kecelakaan. Pertama kali, Google diberi nama Backrub pada 1996 karena fitur utama mesin pencari tersebut adalah mengecek backlink untuk mengestimasikan seberapa pentingnya sebuah website atau situs.

Setahun kemudian, Larry Page dan Sergey Brin selaku pendiri Google mengganti nama Backrub menjadi Googol, istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol.

Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan akhirnya terlanjur menuliskannya dalam cek.

Hal tersebut, akhirnya membuat Larry dan Sergey menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Saat ini, kata Google sudah masuk dalam kamus Bahasa Inggris, Oxford Dictionaries sebagai kata kerja (verb) loh, geng.

3. Mozilla Firefox

Diluncurkan pada 1998, Mozilla adalah komunitas free-software yang didirikan oleh anggota Netscape, perusahaan yang mengembangkan peramban Netscape Navigator.

Nama Mozilla sendiri adalah gabungan dari kata Mosaic dan Godzilla, di mana ini adalah nama kode Netscape Navigator pada tahun 1990an.

Sejak awal, peramban Firefox banyak mengalami perubahan nama dari Phoenix, Firebird, hingga akhirnya Mozilla memutuskan untuk memilih Firefox, nama panggilan untuk panda merah (hewan seperti rakun), yang sekarang menjadi maskot mereka.

Kamu bisa download Mozilla Firefox di bawah ini, geng.

Mozilla Firefox Quantum 66.0.1
Apps Browser Mozilla Organization
DOWNLOAD

4. Spotify

Spotify kini menjadi salah satu layanan musik streaming, podcast, dan video paling populer di dunia yang didirikan di Swedia.

Menurut sang pendiri, Daniel Ek, nama tersebut muncul karena dirinya salah mendengar sebuah nama yang diteriakkan pendiri Spotify lainnya, Martin Lorentzon.

Karena menyukai bunyi kata Spotify , Daniel Ek pun membuat etimologi bahwa nama tersebut adalah gabungan dari kata spot dan identify.

Penasaran untuk cobain aplikasinya? Kamu bisa unduh di bawah ini, ya.

5. Twitter

Tahukah kamu bahwa kata Twitter itu ada di kamus Bahasa Inggris? Ya, menurut Merriam-Webster Dictionary, twitter artinya to utter successive chirping noises (berkicau).

Twitter pada awalnya adalah nama kode twttr, tanpa huruf vokal, yang terinspirasi dari Flickr dan panjang lima karakter kode pendek SMS di Amerika Serikat.

Lalu, nama tersebut diubah ke Twitter, namun sayangnya domain twitter.com sudah ada yang punya. Baru setelah enam bulan Twttr diluncurkan, perusahaan membeli domain twitter.com dan secara resmi mengubahnya menjadi Twitter.

Sudah banyak orang yang memiliki Twitter di HP-nya. Kalau kamu bukan salah satunya, kamu harus unduh di bawah ini, geng!

Twitter for Android
Apps Social & Messaging Twitter
DOWNLOAD

Selanjutnya...

6. Xiaomi

Perusahaan asal Tiongkok yang didirikan pada 2010 ini berkembang dengan pesat hingga menjadi vendor smartphone dengan penjualan terbesar keempat di dunia pada tahun 2018.

Nama Xiaomi berasal dari Bahasa Mandarin, artinya 'beras kecil'. Pada 2011, CEO Xiaomi, Lei Jun, mengungkapkan makna yang lebih besar dari nama Xiaomi.

Dia menghubungkan Xiao sebagai **konsep Buddha yang artinya sebutir beras dari Buddha adalah sama besarnya seperti gunung dan Xiaomi ingin bekerja dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar.

7. Instagram

Instagram berasal dari pengertian keseluruhan fungsi aplikasi tersebut. Kata insta berasal dari kata instan, seperti kamera polaroid yang pada masanya dikenal dengan sebutan foto instan.

Sementara, kata gram berasal dari kata telegram yang cara kerjanya mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Jika kedua kata tersebut digabungkan, menjelaskan Instagram secara umum yakni Instagram mampu mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat.

Sudah banyak orang yang memiliki akun Instagram, bahkan banyak artis yang menggunakan Instagram dan memiliki followers hingga ratusan juta!

Kamu bisa download Instagram di bawah ini ya, geng!

Instagram 127.0.0.30.121
Apps Photo & Imaging Instagram
DOWNLOAD

8. Samsung

Sebelum Samsung menjadi perusahaan teknologi raksasa, perusahaan tersebut pada 1938 adalah pembuat mie dan penjual makanan laut kering.

Kata "Samsung" dalam bahasa Korea berarti "tiga bintang". Nama ini sengaja dipilih oleh sang pendiri, Lee Byung-chull, karena dia bercita-cita membangun perusahaannya menjadi besar dan abadi seperti bintang di langit.

Kenapa 3 bintang bukannya 1 atau 2 bintang? Karena angka 3 di Korea berarti sebagai simbol atau representasi dari sesuatu yang berkuasa dan besar.

Pada 1969, nama Samsung muncul dalam aksara latin, ketika perusahaan tersebut berganti nama menjadi Samsung Electronics dan mulai melebarkan sayap ke bidang elektronik.

9. Yahoo!

Yahoo! merupakan pionir mesin pencari, bahkan lebih dulu ada dibanding Google. Saat itu Google masih sangat muda dan belum berkembang secepat sekarang.

Namun, sayangnya Google lebih cepat mengadopsi teknologi dibanding Yahoo!. Inilah yang membuatnya kini kalah saing dengan Google.

Nama Yahoo! adalah kepanjangan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle.

Hierarchical atau "Hierarkis" mengacu pada bagaimana Yahoo! database diatur dalam lapisan direktori. Sementara kata "Oracle" berarti sumber kebijaksanaan dan kebenaran, dan "Officious" mengacu pada pekerja kantor.

Jadi Yahoo! adalah situs untuk pekerja kantor yang mencari sumber kebijaksanaan dan kebenaran, serta menelusuri informasi.

Lucunya, tanda seru ditambahkan karena perusahaan yang menjual saus barbeque ternyata sudah mengambil nama Yahoo, geng.

10. Microsoft

Microsoft didirikan pada 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen. Nama Microsoft sendiri bukanlah tanpa arti.

Microsoft adalah gabungan dari kata Microcomputers dan Software. Pada awalnya, kata Microsoft ditulis secara terpisah, Micro-soft.

Namun, pada 1976 Bill Gates dan Paul Allen menjadikan nama tersebut sebagai kata tunggal, Microsoft.

11. Netflix

Layanan media streaming digital yang satu ini memang sedang populer.

Nama Netflix adalah gabungan dari kata Net yang diambil dari kata internet dan Flix yang merupakan kependekan dari kata flicks, sinonim atau persamaan kata dari film/movie.

Namun, tidak sedari awal Netflix diberi nama Netflix . Pada awalnya, Pendiri Netflix, Marc Randolph, memberi nama Kibble pada perusahaannya tersebut.

Tapi itu bukanlah nama yang sebenarnya diinginkan Randolph hingga akhirnya Kibble diganti menjadi Netflix.

Akhir Kata

Itulah dia arti unik di balik nama perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Nama yang unik dan menarik membuat orang mudah mengingat perusahan dan produk perusahaan seperti Apple, Google, dan Yahoo!.

Dari daftar di atas, mana nama perusahaan teknologi mana yang paling unik menurutmu?

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT

10 Logo Perusahaan Terkenal yang Dibuat Dari Lego

11 Nama Perusahaan Sebelum Terkenal, Kamu Pasti Kaget!

5 Nama Perusahaan Teknologi yang Selalu Salah Sebut

10 Logo Perusahaan dengan Biaya Pembuatan yang Super Mahal

25 Logo Perusahaan Terkenal Dulu dan Sekarang

4 Anak Perusahaan Google yang Paling Terkenal di Dunia

undefined
Kembali Keatas