Waduh, Aplikasi Snack Video Dinyatakan Ilegal! | Bakal Diblokir?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 26 Pebruari 2021, 12:15
Aplikasi Snack Video penghasil uang resmi dinyatakan ilegal menyusul aplikasi VTube dan TikTokCash. Vonisnya bakal diblokir?

Netizen Indonesia baru-baru ini diramaikan dengan aplikasi penghasil uang hanya dengan menonton video yang bernama Snack Video.

Sebelumnya, aplikasi Ticktokcash dan Vtube sudah lebih dulu dinyatakan ilegal dan diblokir. Selanjutnya, giliran aplikasi Snack Video bakal divonis serupa.

Mohammad Fredly Nasution, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengatakan kalau Snack Video sudah didiskusikan oleh Satgas Waspada Investasi Pusat (SWI) dan resmi dinyatakan aplikasi ilegal.

"Snack video telah dibahas dalam rapat SWI tanggal 18 Februari 2021 dan dinyatakan ilegal karena tidak ada izin dan diduga merupakan money game (permainan uang)," kata Fredly dihimpun dari Antaranews Sultra.

Snack Video disinyalir memberikan pemasukan bagi penggunanya dengan hanya menonton video yang diunggah oleh pengguna aplikasi, menggunakan sistem Invite Friends.

"Oleh karena itu, masyarakat diminta waspada pada kegiatan ini, karena hanya menjual membership, bukan kepemilikan properti," tambah Fredly.

Sebelumnya, OJK Sultra juga mengimbau masyarakat untuk tidak berinvestasi pada aplikasi yang juga diduga ilegal, yakni Vtube dan Tiktokcash.

Baik Vtube dan Tiktokcash sekarang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kemkominfo). OJK meminta Kominfo memblokir situs VTube karena diindikasikan sebagai money game plan.

ADVERTISEMENT

Ada pun program rujukan di VTube, anggota VTube bisa mendapatkan poin ekstra dengan mengundang orang lain untuk bergabung dan meningkatkan level misi.

Anggota juga bisa mendapatkan poin ini dengan menonton iklan di VTube. Konon poin yang didapat dari menonton iklan bisa ditukar dengan uang tunai.

Kemudian ambil screenshot dan pengguna mendapatkan untung dalam bentuk saldo yang sudah dialokasikan ke rekening bank pengguna.

Sedangkan, Tiktokcash dicurigai menawarkan investasi bodong. Para penggunanya cukup mem-follow akun, like, dan menonton video TikTok.

Menurut kamu apakah keberadaan aplikasi penghasil uang ini cukup meresahkan dan membahayakan? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel seputar Apps atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT

11 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2022, Bisa Dapat Jodoh Nggak, ya?

8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!

10 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2022, Custom Nama Keren Gratis!

14 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2022

Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC

Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!

undefined
Kembali Keatas