Ini Nih, 3 Aplikasi yang Bikin Smartphone Kamu Anti-lemot

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 06 Desember 2017, 21:00
Dari sekian banyak aplikasi pembersih cache, menurut JalanTikus ada tiga aplikasi yang fungsinya paling baik.

Salah satu penyebab smartphone kamu lemot adalah karena menumpuknya file-file yang tidak dibutuhkan di dalam smartphone kamu, salah satunya adalah cache memori. Buat yang belum tahu, cache memori adalah tempat menyimpan data sementara untuk mempercepat kinerja saat membuka aplikasi tertentu.

Sayangnya, letak cache memori sendiri sulit untuk dijangkau, jadi kemungkinan sulit juga untuk dihapus. Namun, di Google Play sendiri sudah banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang menawarkan fitur untuk menghapus cache memori. Dari sekian banyak aplikasi pembersih cache, menurut JalanTikus ada tiga aplikasi yang fungsinya paling baik.

BACA JUGA
  • Amankah Data HP Jika Menghapus Cache? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
  • Bukan Sampah, Cache pada Smartphone dan Komputer Ternyata Sangat Penting!
  • Begini Cara Paling Manjur Mengatasi Aplikasi Android yang Error

3 Aplikasi yang Bikin Smartphone Kamu Anti-lemot

1. SD Maid

SD Maid adalah aplikasi pembersih cache yang juga mempunya beberapa fitur tambahan berguna lainnya. Salah satunya adalah pembersih file dan folder yang ditinggalkan oleh aplikasi yang pernah kamu uninstall. Selain itu, SD Maid juga menawarkan fitur untuk menemukan file yang sama agar tidak memakan memori.'

Keunggulan lainnya adalah, SD Maid mempunya tampilan yang sederhana dan mudah diakses. Aplikasi ini juga bisa mengakses local storage dengan membutuhkan akses root. Dengan versi Pro, SD Maid juga bisa melakukan scanning dan pembersihan cache secara terjadwal agar smartphone kamu nggak lemot lagi.

SD Maid - System Cleaning Tool 4.2.3
Apps Cleaning & Tweaking darken
DOWNLOAD

2. Files Go (Beta)

Akhirnya Google merilis aplikasi file manager terbarunya yang mempunyai segudang fitur berguna. Selain berguna untuk file manager, Files Go juga bisa membersihkan cache dan storage smartphone kamu. Aplikasi ini juga akan memonitor pemakaian aplikasi dan merekomendasikan kamu aplikasi yang sebaiknya di-uninstall karena jarang digunakan.

Files Go juga akan memberitahukan kamu jika memori smartphone kamu sudah mulai menipis. Dan kerennya, aplikasi ini mempunya fitur seperti AirDrop di iOS, yaitu transfer data dengan memanfaatkan Bluetooh dan Wi-Fi Direct.

Sayangnya, karena Files Go masih dalam tahap Beta, aplikasi ini masih terasa nge-lag dan banyak bug-nya. Tapi menurut JalanTikus sih aplikasi ini cocok banget buat kamu-kamu yang agak gaptek karena mempunya tampilan yang mudah banget diakses.

Files Go Beta: Free Up Space On Your Phone 1.0.17
Apps Utilities Google LLC
DOWNLOAD

3. CCleaner

Piriform selaku pembuat aplikasi CCleaner di desktop juga mempunya versi untuk smartphone Android. CCleaner for Android sendiri juga mempunya fitur yang tidak jauh beda dengan versi PC-nya, yaitu membersihkan cache dan storage. Kamu juga bisa meng-uninstall aplikasi dengan cepat dengan aplikasi ini.

ADVERTISEMENT

Yang menarik dari aplikasi ini adalah, kamu bisa juga uninstall aplikasi bawaan atau biasa disebut bloatware tanpa meminta akses root. Tampilannya juga terlihat sederhana dan mudah dimengerti.

CCleaner for Android 1.18.69
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

Itulah tiga aplikasi yang menurut JalanTikus paling baik untuk membersihkan smatphone kamu. Jika kamu punya aplikasi rekomendasi untuk membersihkan smartphone kamu, silahkan tulis di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT

Bukan Sulap! Begini Cara Memotret di Android Hanya dengan BERSIUL

Ini Dia Smartphone Para Pemimpin Negara dari Penjuru Dunia

12 Benda Teknologi Ini Bakal Punah di 2020, Gak Percaya?

Layar Smartphone Pecah? Bisa Tetap Keren Kalau Meniru 7 Orang Ini!

APPS TERKAIT
CCleaner for Android 1.18.69
Apps Piriform
Files Go Beta: Free Up Space On Your Phone 1.0.17
Apps Google LLC
Google Play Store 21.9.47-16 [0] [PR] 331897675
Apps Google Inc.
undefined
Kembali Keatas