Jangan Instal 6 Aplikasi Terlarang Ini di PC Kamu!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 24 Januari 2018, 15:00
Kamu tentu perlu berbagai program dan aplikasi PC yang bermanfaat untuk kamu gunakan sehari-hari. Namun, jangan sekali-kali instal 6 aplikasi terlarang ini di PC kamu.

Perangkat pc alias komputer atau laptop yang kamu gunakan sehari-hari tentunya sangat penting untuk menunjang aktivitas kamu. Program dan aplikasi yang terinstal di pc kamu juga tentunya adalah aplikasi yang berguna untuk kegiatanmu.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa aplikasi yang sebaiknya enggak kamu instal di PC? Meski sekilas tampak berguna, enam aplikasi ini ternyata termasuk aplikasi 'terlarang' yang malah bisa merusak PC kamu.

BACA JUGA
  • 10 Aplikasi Video Call Terbaik 2020, Cocok Buat Meeting Online!
  • 5 Aplikasi Android untuk Menghubungkan HP ke PC (Tanpa Kabel)
  • MirrorGo! Aplikasi untuk Merekam Layar Android di PC

Jangan Instal 6 Aplikasi 'Terlarang' Ini di PC

1. CCleaner

Aplikasi yang satu ini sejatinya punya berbagai fungsi yang berguna untuk PC kamu. CCleaner bisa membantu kamu menghapus browsing history dan tab-tab terakhir yang masih terbuka, menghapus program atau aplikasi lama yang sudah enggak terpakai, serta membersihkan file internet yang sudah lama dan gak lagi terpakai.

Sayangnya, ada satu kekurangan fatal dari CCleaner. Sebagai bagian dari proses pembersihan pada disk, aplikasi ini menawarkan registry cleaner. Hal itu yang kemudian malah membuat PC jadi melambat. Bahkan, ada kasus di tahun 2017 lalu kala CCleaner malah membawa malware ke PC penggunanya.

2. iTunes

Kamu pengguna Mac pasti tahu dan pernah merasakan pengalaman gak mengenakkan kala menggunakan iTunes. Lalu untuk kamu pengguna Windows? Jika pada perangkat asli perusahaan aja kurang baik, rasanya gak perlu dipertanyakan lagi akan seperti apa jika iTunes digunakan pada perangkat PC dengan OS Windows.

Aplikasi iTunes sendiri memang gak membawa malware atau membahayakan sistem PC kamu, namun kamu gak akan bisa menikmati waktu mendengarkan musik dengan maksimal menggunakan aplikasi ini. Jika memang enggak bisa memenuhi hal itu, buat apa menginstalnya sebagai aplikasi musik di PC kamu, bukan?

3. Norton Anti-Virus

Norton sejatinya adalah salah satu anti virus paling populer. Sayangnya, isu yang beredar belakangan ini banyak menyebut anti virus buatan Symantec malah membuat perangkat PC jadi lemot alias melambat. Hal itu bahkan banyak disampaikan penggunanya melalui forum resmi norton.com.

Rekomendasi Antivirus Terbaik DI SINI
Daftar antivirus terbaik ini bisa kamu gunakan di PC atau laptop kesayangan. Ada 10 rekomendasi anti virus yang bisa kamu cek di sini.
LIHAT ARTIKEL

4. WhatsApp

Sama seperti aplikasi-aplikasi perpesanan lainnya, WhatsApp juga menyediakan aplikasi yang kompetibel untuk perangkat PC kamu. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa menggunakan akun WhatsApp kamu di berbagai perangkat tergantung kebutuhan dan aktivitas kamu.

ADVERTISEMENT

Sayangnya, penggunaan WhatsApp di PC malah menyulitkan penggunanya. Satu akun WhatsApp yang aktif di smartphone dan PC harus berada dalam satu koneksi internet atau WiFi yang sama. Belum lagi proses instalasi yang memakan ruang hingga 100 MB dan berbagai kekurangan lainnya yang membuat penggunaan WhatsApp di PC jauh dari kata nyaman.

5. Flash Player

Flash Player jadi salah satu aplikasi untuk PC yang sebaiknya kamu hindari alias jangan pernah instal. Sudah begitu banyak kasus keamanan perangkat PC yang terjadi akibat Flash Player. Bahkan di tahun 2015, aplikasi ini dinobatkan sebagai Most Exploited Product oleh Recorded Future akibat banyaknya bug yang ada di aplikasi ini.

6. Internet Explorer

Internet Explorer adalah browser legendaris yang sudah ada sejak era Windows 95. Meski kini Windows sudah memiliki Microsoft Edge, mereka masih menawarkan Internet Explorer yang dapat di-download. Jangan sekali-kali mencoba menginstalnya karena banyak pengguna yang sudah menyampaikan komplain atas beberapa fiturnya yang gak bisa digunakan.

Akhir Kata

Itulah 6 aplikasi 'terlarang' yang sebaiknya jangan kamu instal di PC. Bukannya berguna, aplikasi-aplikasi di atas malah akan bikin PC kamu jadi lambat. Bahkan, setelah melihat beragam sisi negatif di atas, bukan mustahil aplikasi-aplikasi tersebut juga membawa kerusakan pada perangkat PC kamu.

Baca juga artikel seputar Windows atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Gila RAM 3TB, Spesifikasi PC Paling Canggih Sedunia! Buat Gaming?

15+ Game PC Ringan Terbaik untuk PC Kentang, Gak Kalah Sama Game AAA!

5 Tanda Kamu Telah Kecanduan Game PC, Solusinya?

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di Semua Program PC Windows

APPS TERKAIT
Mobizen for PC 2.21.1.2
Apps RSUPPORT Co., Ltd.
Baidu PC Faster 5.1.3.125079
Apps Baidu
GOM Player for PC 2.3.37.5299
Apps GOM Media Player Android
PC Inspector File Recovery 4.0
Apps Convar
undefined
Kembali Keatas