5 Aplikasi yang Paling Banyak Diblokir Negara di Dunia, Ada Tik Tok?

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 31 Juli 2018, 07:00
Setiap negara punya aturan yang berbeda-beda, termasuk dalam mengatur aplikasi digital. Beberapa negara dengan tegas melarang penggunaan sosial media tertentu. Ini dia 5 aplikasi yang paling banyak diblokir negara di dunia.

Sosial media apa yang paling sering kamu gunakan guys? Sebagai orang Indonesia kita boleh senang guys, karena negara kita masih memperbolehkan kita mengakses banyak aplikasi sosial media yang populer.

Karena beberapa negara di dunia ada yang dengan keras melarang warganya mengakses sosial media. Banyak juga lho aplikasi sosial media yang diblokir negara-negara diluar sana. Aplikasi yang diblokir tidak cuma 1 atau 2, ini dia 5 aplikasi yang paling banyak diblokir negara di dunia.

BACA JUGA
  • 10 Negara yang Memblokir YouTube dengan Alasan Terkonyol
  • Rekomendasi 15 Aplikasi VPN Terbaik & Anti Blokir 2021, Bisa Akses Situs Apapun!
  • 6 Aplikasi Android Kontroversial yang Diblokir Google Play Store

Berikut 5 Aplikasi yang Paling Banyak Diblokir di Dunia

Setiap negara pasti punya aturan tersendiri dalam hal pemanfaatan teknologi. Salah satunya akses terhadap beberapa situs atau aplikasi sosial media. Negara punya hak untuk melarang atau memperbolehkan warganya mengakses sebuah layanan.

Beberapa aplikasi ini kebanyakan diblokir karena alasan keamanan di negara bersangkutan guys. Ada juga negara yang memang memblokir semua jenis sosial media di negaranya karena pemerintah tidak mau warganya melihat konten dari luar. Apa saja aplikasinya? Mari lihat daftar berikut guys.

5. Skype - 7 Negara

Pasti tahu kan aplikasi yang satu ini guys? Skype jadi salah satu aplikasi yang mempopulerkan fitur video call. Ternyata aplikasi ini diblokir di 7 negara di dunia. Beberapa diantaranya adalah Arab Saudi, Cina, dan Bangladesh.

Skype for Android 7.37.99.40
Apps Social & Messaging Skype Technologies
DOWNLOAD

4. Twitter - 7 Negara

Aplikasi yang paling banyak diblokir adalah Twitter. Sosial media yang terkenal dengan kesederhanaannya ini sama dengan Skype, Twitter juga diblokir di 7 negara. Negara tersebut diantaranya Arab Saudi, Cina, Iran, Aljazair, Tunisia, Mesir, dan Kamerun.

Twitter for Android
Apps Social & Messaging Twitter
DOWNLOAD

No.1 nggak nyangka banget guys, lanjut halaman 2 ya!

3. Instagram - 7 Negara

Instagram merupakan salah satu sosial media berbagai foto yang sangat populer, termasuk di Indonesia. Sayangnya, warga di 7 negara ini tidak bisa mengaksesnya karena diblokir pemerintah. Negara tersebut diantaranya Cina, Iran, Turki, dan Korea Utara.

ADVERTISEMENT
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Photo & Imaging Instagram
DOWNLOAD

2. Facebook - 8 Negara

Facebook boleh dibilang bintang-nya sosial media. Kehadirannya membuat seluruh dunia heboh dan buru-buru ingin membuat akun. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, sosial media ini diblokir di 8 negara karena berbagai alasan. Negara yang memblokir Facebook adalah Cina, Arab, Mesir, Korea Utara, Vietnam, Kongo, Pakistan, Bangladesh, Iran, Tajikistan. Jumlahnya semakin bertambah saja ya guys.

Facebook 259.0.0.36.115
Apps Social & Messaging Facebook, Inc.
DOWNLOAD

1. Whatsapp - 12 Negara

Siapa sangka, aplikasi yang sudah digunakan lebih dari 1 milyar orang ini jadi aplikasi yang paling banyak diblokir negara di dunia guys. Total 12 negara tidak memperbolehkan warganya mengakses Whatsapp. Daftar negara yang memblokir Whatsapp diantaranya Brasil, Tiongkok, Bangladesh, Iran, Arab Saudi, Turki, Pakistan, dan Vietnam.

WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps Social & Messaging WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

Jaka mendapatkan daftar ini dari survey Freedom House yang berjudul "Freedom On The Net". Negara yang paling banyak memblokir adalah Cina dan juga Korea Utara. Dua negara ini memang terkenal ketat mengatur konten dari luar negaranya guys. Ini tabel untuk memudahkan kamu memahami daftarnya :

Akhir Kata

Itu dia 5 aplikasi yang paling banyak diblokir negara di dunia versi Jaka. Jangan salah gunakan sosial media untuk tujaun negatif ya. Soalnya, nanti bisa saja sebuah aplikasi akan diblokir pemerintah jika konten di dalamnya berisi banyak konten negatif.

Baca juga artikel seputar Aplikasi Diblokir atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT

15 Game yang Terancam Diblokir Oleh Pemerintah

4 Cara Membuka Situs yang Terblokir dengan Mudah

4 Tips Memblokir Iklan di Youtube

5 Bencana yang Terjadi Jika Facebook DIBLOKIR di Indonesia

5 Emoji Terlarang Ini Ternyata Diblokir di Berbagai Negara!

6 Game Kontroversial yang Diblokir App Store Namun Lolos di Google Play Store

APPS TERKAIT
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Twitter for Android
Apps Twitter
Skype for Android 7.37.99.40
Apps Skype Technologies
undefined
Kembali Keatas