Mahasiswa Wajib Masuk! 7 Aplikasi Kuliah Online Terbaik untuk Nambah Ilmu

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 17 Maret 2020, 21:00
Social Distancing bikin semua kegiatan termasuk perkuliahan diadakan di rumah. Gak usah khawatir, aplikasi kuliah online bikin kamu tetap dapat belajar dari rumah

Di era teknologi seperti sekarang, segala hal bisa kita akses melalui internet. Mulai dari belanja online, memesan tiket, nonton film, bahkan kuliah online, geng.

Belajar online atau e-Learning sebenarnya sudah lama muncul di Indonesia. Namun, semenjak pandemi Corona menyerang, kuliah online jadi opsi terbaik bagi para mahasiswa yang dirumahkan oleh kampus.

Daripada beresiko tertular Corona akibat berinteraksi dengan orang lain, mendingan kuliah di rumah melalui aplikasi kuliah online rekomendasi Jaka berikut ini, geng.

7 Aplikasi Kuliah Online Terbaik untuk Nambah Ilmu

Saat ini memang sudah banyak, sih, kampus-kampus yang telah menerapkan sistem e-Learning. Namun nggak semua kampus memiliki privilege seperti kampus-kampus tersebut.

Aplikasi kuliah online berikut ini dapat membantu para mahasiswa dan dosen dalam mengatur proses pembelajaran. Meskipun online, namun kuliah tetap berjalan seperti biasanya.

Nggak cuma berbagi materi, kamu juga bisa saling berdiskusi seputar mata kuliah dengan dosen atau sesama mahasiswa, geng.

Nggak usah bingung lagi ketinggalan materi dan tugas kuliah ketika lagi masa Social Distancing. Penasaran dengan aplikasi yang Jaka maksud? Daripada menunggu lebih lama, langsung simak saja artikel berikut ini!

ADVERTISEMENT

1. EdLink

EdLink merupakan sebuah aplikasi kuliah online yang berfungsi untuk membantu proses pembelajaran mahasiswa dengan dosen.

Nggak cuma berbagi materi pembelajaran, pengguna EdLink juga bisa membagikan jadwal, informasi, bahkan tugas, geng. Pokoknya praktis banget, deh.

Terdapat beberapa fitur penting yang dimiliki EdLink, di antaranya adalah membuat forum diskusi, membagikan file dengan format apapun, pesan pribadi, berbagi informasi perkuliahan, dan lain-lain.

Detail EdLink
Developer SEVIMA
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 19MB
Download 50.000 ke atas
Rating 4.4/5 (Google Play)
Harga Gratis

Download EdLink melalui tautan berikut:

EdLink 4.3.1
Apps Productivity SEVIMA
DOWNLOAD

2. Google Classroom

Aplikasi kuliah online gratis yang satu ini didesain khusus untuk para guru dan dosen dalam memberikan materi pembelajaran dengan dukungan Google.

Google Classroom mengintegrasikan beragam layanan Google secara bersamaan untuk mempermudah lembaga pendidikan dalam peralihan menuju sistem tanpa kertas atau paperless.

Pemberian dan penyelesaian tugas dilakukan melalui Google Drive serta menggunakan Gmail sebagai pemberitahuan di Google Classroom.

Para mahasiswa atau murid tinggal memasukkan kode kelas yang telah didaftarkan para pengajar untuk bisa berpartisipasi dalam kelas.

Detail Google Classroom
Developer Google LLC
OS Minimal Bervariasi Tergantung Perangkat
Ukuran Bervariasi Tergantung Perangkat
Download 10.000.000 ke atas
Rating 3.0/5 (Google Play)
Harga Gratis

Download Google Classroom melalui tautan berikut:

Google Classroom 6.1.065.00.44
Apps Productivity Google LLC
DOWNLOAD

3. Edmodo

Edmodo merupakan sebuah aplikasi kuliah online yang nggak cuma menghubungkan mahasiswa dan pengajar saja, namun juga orang tua murid, geng.

Dosen dan mahasiswa dapat saling berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Dosen juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas.

Melalui Edmodo, para pengajar bisa memeriksa tingkat pemahaman mahasiswa dan memberikan penghargaan atas kinerja atau perilaku mereka. Orang tua pun bisa tetap memantau kegiatan belajar anaknya.

Detail Edmodo
Developer Edmodo, Inc
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 22MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)
Harga Gratis

Download Edmodo melalui tautan berikut:

Edmodo 10.12.0
Apps Productivity Edmodo, Inc
DOWNLOAD

4. Moodle

Moodle adalah sebuah aplikasi kuliah online berbasis website yang dapat mengubah sistem pembelajaran offline menjadi bentuk online atau web-based.

Moodle memungkinkan para mahasiswa untuk masuk ke dalam ruang kelas digital dan mengakses semua materi pembelajaran yang diberikan oleh pengajar.

Aplikasi satu ini juga memungkinkan para pengajar untuk membuat kuis, membuat materi, jurnal, dan lain-lain. Kini, kamu sudah bisa mengakses Moodle melalui Android dan iOS.

Detail Moodle
Developer Moodle Pty Ltd.
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 17MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 3.3/5 (Google Play)
Harga Gratis

_Download Moodle melalui tautan berikut:

Moodle 3.8.0
Apps Productivity Moodle Pty Ltd.
DOWNLOAD

5. edX

Berbeda dengan aplikasi kuliah online di atas, sekarang Jaka mau kasih tahu kamu beberapa situs kuliah online gratis yang bisa kamu akses untuk menambah ilmu.

Situs yang pertama adalah edX yang didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012 lalu. Melalui situs ini, kamu bisa mengakses materi kuliah yang diajarkan di universitas top dunia tersebut.

Situs ini menggunakan sistem MOOC atau Massive Open Online Course yang menyediakan lebih dari 1.300 kursus dari beragam mata kuliah.

6. Coursera

Kalau waktu kamu sedang senggang, coba deh sekali-sekali buka situs kuliah online Coursera daripada main game atau streaming film.

Coursera merupakan platform belajar mandiri di mana kamu bisa mengakses ribuan video dan rekaman pembelajaran dari dosen dan forum diskusi.

Terdapat 2226 jenis kursus di segala bidang perkuliahan dari 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik di dunia. Lumayan banget untuk kamu yang pengen kuliah di luar negeri tapi nggak punya budget, geng.

7. IndonesiaX

Nggak cuma dari luar negeri saja, Indonesia juga punya, lho, situs kuliah online berkualitas. Namanya adalah IndonesiaX, geng.

Sama seperti situs e-Learning di atas, IndonesiaX juga menawarkan sistem belajar dengan menggunakan forum diskusi, video, kuis, dan lain-lain.

Ada banyak kampus bergengsi dan Institusi yang bekerja sama dengan IndonesiaX, lho. Sebut saja Universitas Indonesia, ITB, NET TV, EdX, dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai aplikasi kuliah online terbaik yang bisa kamu manfaatkan mumpung pemerintah saat ini sedang menerapkan kebijakan Social Distancing.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

5 Bahasa Asing yang Harus Dikuasai Selain Bahasa Inggris, Wajib Install Aplikasi Translator!

10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store

10 Aplikasi Android Paling Berguna yang Tidak Ada di iPhone dan iPad

10 Aplikasi Android Teraneh yang Bisa Kamu Download, Gak Ada Faedahnya!

5 Aplikasi Berbahaya Untuk Smartphone yang Jangan Sampai Kamu Install

Jangan Install! Ini 7 Jenis Aplikasi Berbahaya Bagi Android Kamu

undefined
Kembali Keatas