Jangan Di-Install! 7 Aplikasi Paling Kontroversial yang Pernah Ada di Android

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 13 Januari 2018, 14:00
Android merupakan sistem operasi di mana para penggunanya bebas men-download dan install aplikasi apa saja. Mulai dari Google Play Store ataupun dari penyedia pihak ketiga. Tahukah kamu ternyata ada beberapa aplikasi yang pernah dilarang loh. Ini dia 7 aplikasi paling kontroversial yang pernah ada di Android. Jangan di

Android merupakan salah satu sistem operasi open soure, sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas. Termasuk men-download dan install aplikasi apa saja, mulai dari Google Play Store maupun layanan pihak ketiga.

Tapi kami tahu nggak sih, ternyata ada beberapa aplikasi yang bahkan memiliki label terlarang.

Berikut Jaka sudah rangkum khusus, 7 aplikasi paling kontroversial yang pernah ada di Android. Jangan di-install!

BACA JUGA
  • Cara Hapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Perlu Root, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan
  • Ini Nih, 3 Aplikasi yang Bikin Smartphone Kamu Anti-lemot
  • Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Gratis, Tinggal Klik!

7 Aplikasi Paling Kontroversial yang Pernah Ada di Android

Deretan aplikasi di bawah merupakan aplikasi yang sempat viral dan mengundang perhatian netizen Indonesia dan dunia sekalipun. Walau beberapa masih tersedia di Google Play Store, kamu harus tetap berhati-hati menggunakannya guys.

1. Sarahah

Di kalangan generasi millenial, aplikasi Sarahah sempat viral dan banyak digunakan menjelang penghujung tahun 2017. Namun ternyata banyak yang keliru dalam memanfaatkannya dan mengiranya mirip aplikasi ASKfm loh.

Sumber foto: Foto: digit.in

Lalu buat apa fungsi sebenarnya? Menurut pengembangnya, Sarahah sendiri memiliki arti kejujuran dalam bahasa Arab.

Aplikasi ini digunakan untuk memberi saran dan kritik dalam format anonim serta biasa digunakan oleh kalangan pekerja dan profesional.

Ini Fungsi Sarahah Sebenarnya!
Sarahah yang sedang booming di kalangan anak muda menarik perhatian banyak netizen. Tapi tunggu dulu, nyatanya aplikasi sosial media ini punya kegunaan lain dibanding yang banyak orang kira loh.
LIHAT ARTIKEL

2. AyoPoligami

Aplikasi kontroversial yang mengundang perhatian netizen Indonesia ini bernama AyoPoligami. Sempat beredar di Google Play Store, aplikasi ini menjadi sarana pencarian pasangan buat pengguna yang hendak poligami.

ADVERTISEMENT
Sumber foto: Foto: ayopoligami.com

Memiliki lebih dari 50 ribu unduhan, aplikasi AyoPoligami ternyata masih tersedia di Play Store dan banyak mendapat review buruk loh. Gimana menurutmu nih?

3. i-Doser

Sumber foto: Foto: i-doser.com

i-Doser juga sempat menjadi aplikasi kontroversial karena diklaim sebagai narkoba online. Pasalnya konon dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa dibawa berhalusinasi guys.

Awas! Jangan Install Aplikasi Berikut!
Enggak cuma itu, ada juga aplikasi narkoba online yang bisa membuat efek ketagihan loh buat para pemakainya. Haram banget kamu coba deh! Saat ini sedang ramai perbincangan netizen akan penyalahgunaan obat-obatan yang berakibat cukup fatal.
LIHAT ARTIKEL

Sebenarnya, iDoser digunakan untuk menstimulasi otak manusia dengan gelombang suara binaural yang menenangkan . Penggunaannya yang salah malah membuat efek ketagihan dibanding manfaat bagi kesehatan loh.

4. Snapchat

Siapa sih di antara kamu yang nggak mengenal aplikasi ini? Dengan berbagai macam filter dan sticker unik, tentu Snapchat menjadi aplikasi sosial media yang nggak bisa lepas dari daftar wajib kamu. Lalu apa yang membuatnya kontroversial?

Sumber foto: Foto: kissradio.ca

Filter anime yang sempat hadir dianggap menyinggung karakter fisik khususnya orang Asia. Ada juga filter Bob Marley yang malah menekankan akan kehidupan ganja dibanding musik reggae.

5. Make Me Asian

Hampir sama seperti Snapchat, aplikasi filter foto ini cukup mengundang kontroversi. Make Me Asian seperti namanya akan mengubah wajah penggunanya dengan mata sipit, kumis dan ciri khas lain dari wajah orang Asia.

Sumber foto: Foto: mashable.com

Aplikasi kontroversial ini mendapatkan banyak gugatan berkaitan tentang isu rasisme. Dirilis pada Januari 2013, Make Me Asian ini ditarik dari Google Play Store pada bulan yang sama.

6. Ashley Madison

Jika di Tanah Air ada AyoPoligami, netizen luar negeri sempat panas karena munculnya aplikasi Ashley Madison. Pengembangnya, menyediakan sarana kencan khusus untuk pengguna yang hendak selingkuh dari pasangannya.

Sumber foto: Foto: nypost.com

Bahkan, aplikasi Ashley Madison sempat mengalami serangan hacker pada tahun 2015. Kelompok yang bernama The Impact Man meretas data pengguna dan menyebarnya di internet.

7. Bomb Gaza

Salah satu langkah untuk membuat aplikasi atau game meledak adalah mengambil tema sesuatu yang viral. Salah satunya diambil oleh game Bomb Gaza oleh developer PLAYFTW pada Juli 2014 yang lalu.

Sumber foto: Foto: time.com

Game ini mengharuskanmu menjadi pasukan udara Israel dan menghabisi para militan di Jalur Gaza guys. Baru seminggu, game ini pun lantas ditarik dari Google Play Store. Bisa-bisanya ya!

Akhir Kata

Nah itulah 7 aplikasi paling kontroversial yang pernah ada di Android. Beberapa di antaranya pun telah mengalami perubahan, namun kamu tetap harus bijak dalam menggunakannya ya. Punya daftar aplikasi kontrovesial lainnya? Yuk share pada kolom komentar!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

Jangan Install Aplikasi Gratis Sembarangan, Ini 4 Bahayanya!

7 Aplikasi Office Android Ringan & Terbaik 2020, Buat Makin Produktif!

4 Aplikasi Android Pelacak Smartphone Hilang

5 Aplikasi Android Gak Berfaedah Ini Bisa Bikin Kamu Bodoh

Aplikasi Palsu Berisi Malware, Hindari dengan 4 Cara Ini!

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
undefined
Kembali Keatas