7 Aplikasi Kesehatan Terbaik & Canggih 2023, Pantau Kondisi Tubuh Setiap Saat!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 28 February 2023, 19:00
Aplikasi kesehatan dapat membantu badanmu tetap fit dan mencapai target diet. Yuk, download aplikasinya di sini supaya kesehatan tetap terjaga!

Aplikasi kesehatan menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu menjaga kebugaran tubuh kamu di tengah kesibukan atau aktivitas sehari-hari. Ada banyak jenis aplikasi semacam ini dengan kegunaan masing-masing.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kesehatan menjadi salah satu hal yang semakin mudah dipantau. Dalam era digital seperti saat ini, tidak ada lagi alasan untuk mengabaikan kesehatan diri kita.

Aplikasi seperti Halodoc, Alodokter, Google Fit dan lain sebagainya bisa mempermudahmu dalam mendapatkan layanan kesehatan. Kamu pun bisa memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan demi menjaga kesehatan.

Penasaran apa saja layanan yang bisa kamu gunakan? Simak aplikasi kesehatan terbaik 2023 di bawah ini. Dapatkan kemudahan dalam menjaga kesehatan tubuh maupun mental secara praktis dan mudah!

1. Halodoc

Sumber foto: Google Play - Aplikasi Kesehatan Terbaik

Halodoc merupakan aplikasi yang menawarkan berbagai fitur untuk penggunanya. Salah satu fitur yang tersedia adalah opsi untuk berkomunikasi dengan dokter terpercaya dan terjamin melalui video chat, teks, atau pesan suara.

Selain itu, aplikasi ini juga didukung oleh ApotekAntar yang menyediakan layanan pengantaran obat dari apotek resmi sehingga pengguna dapat sembuh lebih cepat. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan platform lainnya seperti Gojek untuk semakin mempermudah.

Halodoc menjadi salah satu aplikasi kesehatan yang sangat membantu bagi masyarakat. Pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi dengan dokter terpercaya, memesan obat melalui ApotekAntar, dan memperoleh dukungan penanganan kesehatan lengkap.

ADVERTISEMENT
Detail Halodoc
Developer Halodoc
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 49MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.8/5.0

>>> Download aplikasi Halodoc <<<

2. Samsung Health

Sumber foto: Google Play - Aplikasi Kesehatan Terbaik

Samsung Health dapat mencatat dan menganalisis aktivitas sehari-hari, seperti menghitung langkah, kalori dari makanan yang dikonsumsi, dan lama waktu tidur. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk mengatur gaya hidup.

Selain itu, kamu juga bisa mengukur tekanan darah, detak jantung, hingga tingkat stres. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu berkonsultasi dengan dokter. Untungnya, Samsung Health tetap bisa digunakan di HP yang bukan merek Samsung.

Detail Samsung Health
Developer Samsung Electronics Co., Ltd.
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Ukuran 84MB
Download 1.000.000.000+
Rating (Google Play) 3.9/5.0

>>> Download aplikasi Samsung Health <<<

3. Ada - check your health

Sumber foto: Google Play - Aplikasi Kesehatan Terbaik

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Ada - check your health lebih bersifat interaktif. Jika mulai merasakan gejala penyakit, kamu bisa segera berkonsultasi melalui aplikasi ini.

Sebelumnya, kamu akan diberi beberapa pertanyaan untuk menganalisis gejala-gela yang dialami. Baru setelah itu aplikasi dari Ada Health ini akan menghipotesis kemungkinan penyakit yang kamu alami.

Tidak kalah dengan aplikasi pelayanan kesehatan, Ada dilengkapi dengan AI yang mampu mendeteksi berbagai gejala, kondisi medis, dan kategori penyakit sehingga diagnosisnya bisa lebih akurat.

Detail Ada - check your health
Developer Ada Health
OS Minimal Android 4.3 ke atas
Ukuran 9.3MB
Download 5.000.000+
Rating (Google Play) 4.7/5.0

>>> Download aplikasi Ada - check your health <<<

4. Lifesum: Healthy Eating & Diet

Sumber foto: Google Play - Aplikasi Kesehatan Terbaik

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, Lifesum: Healthy Eating & Diet adalah aplikasi yang tepat untuk menemani kamu mencapai berat badan yang diinginkan.

Tersedia berbagai program untuk diet sehat dan seimbang, menurunkan berat badan, serta membentuk otot. Kamu juga bisa menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi per hari melalui aplikasi ini.

Sementara itu, program diet yang bisa kamu ikuti juga banyak, seperti karbohidrat rendah, katogenik protein tinggi, diet paleo, hingga beberapa program lainnya.

Detail Lifesum: Healthy Eating & Diet
Developer Lifesum
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.4/5.0

>>> Download aplikasi Lifesum: Healthy Eating & Diet <<<

5. Google Fit: Activity Tracking

Sumber foto: Google Play - Aplikasi Kesehatan Terbaik

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google melakukan berbagai inovasi yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, salah satunya melalui aplikasi kesehatan Google Fit.

Banyak aktivitas yang bisa dicatat oleh aplikasi ini, seperti jumlah langkah kaki, kecepatan gerak, rute bepergian, bahkan ketinggian.

Kamu juga bisa menetapkan target langkah kaki, waktu, jarak, hingga kalori. Tersedia juga tips dan trik agar kesehatan tetap terjaga setiap hari.

Detail Google Fit: Health and Activity Tracking
Developer Google LLC
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 50.000.000+
Rating (Google Play) 4.0/5.0

>>> Download aplikasi Google Fit <<<

6. WebMD: Symptom Checker

Sumber foto: Google Play - Aplikasi Kesehatan Terbaik

Tidak kalah lengkap dengan aplikasi kesehatan lainnya, WebMD memiliki beragam fitur bermanfaat untuk memantau kesehatan. Kamu bisa cek gejala di aplikasi ini untuk mendapatkan diagnosis penyakit yang mungkin kamu alami.

Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut, WebMD dapat mencarikan dokter terdekat dari lokasimu. Aplikasi ini juga bekerja sama dengan beberapa jaringan apotek besar dan memberikan diskon ketika kamu membeli obat di sana.

Setelah kamu mendapatkan obat, WebMD dapat mengingatkan kamu untuk mengonsumsi obat tersebut. Kamu juga bisa cek kandungan obat yang telah didapatkan melalui aplikasi ini supaya yakin obatnya aman dikonsumsi.

Detail WebMD: Symptom Checker
Developer WebMD, LLC
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 40MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.4/5.0

>>> Download aplikasi WebMD: Symptom Checker <<<

7. MyFitnessPal: Calorie Counter

Sumber foto: Google Play - Aplikasi Kesehatan Terbaik

Aplikasi kesehatan terakhir yang bisa kamu coba adalah MyFitnessPal. Tersedia lebih dari 11 juta data makanan dari seluruh dunia, sehingga kamu bisa menghitung masukan kalorimu. Ada juga barcode scanner untuk membaca label di belakang bungkus makanan.

Selain dari segi konsumsi, MyFitnessPal juga dapat digunakan untuk menyusun rencana penurunan atau peningkatan berat badan. Guna merealisasikannya, kamu bisa mengikuti 350 gerakan olahraga di aplikasi ini.

Jangan lupa catat juga seluruh aktivitas harianmu, mulai jumlah langkah kaki, berenang, bersepeda, yoga, pilates, dan sebagainya di MyFitnessPal supaya kesehatan tetap terkontrol.

Detail MyFitnessPal: Calorie Counter
Developer MyFitnessPal, Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000+
Rating (Google Play) 4.1/5.0

>>> Download aplikasi MyFitnessPal: Calorie Counter <<<

Daftar Aplikasi Kesehatan Terbaik 2023

  1. Halodoc
  2. Samsung Health
  3. Ada check your health
  4. Lifesum: Healthy Eating & Diet
  5. Google Fit: Activity Tracking
  6. WebMD: Symptom Checker
  7. MyFitnessPal: Calorie Counter

Akhir Kata

Itulah daftar aplikasi kesehatan terbaik yang dapat membantu menjaga kesehatan kamu dengan mudah dan efektif. Kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai kebutuhan untuk membantu mencapai tujuan kesehatan dengan lebih cepat.

Tren aplikasi olahraga terbaik tentu akan lebih seimbang jika kamu juga memiliki aplikasi kesehatan terbaik. Sekarang, kamu bisa memantau kondisi tubuh meski disibukkan dengan berbagai aktivitas sehari-hari.

_Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas