7 Aplikasi Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Baterai Android

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 27 April 2017, 12:00
Berikut Jaka rekomendasikan 7 aplikasi kesehatan baterai Android yang terbaik guna untuk menjaga kesehatan baterai smartphone Android kamu.

Melihat tren yang terjadi belakangan ini, banyak smartphone Android yang sudah dibekali dengan kapasitas baterai cukup besar. Tentu hal ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan kebanyakan orang akan smartphone yang dijadikan sebagai pendamping kegiatan sehari-hari.

Namun kamu pun juga harus memperhatikan kesehatan baterai Android untuk tetap menjaga performa dan daya tahannya. Alih-alih hemat, malah makin bertambah boros. Berikut Jaka rekomendasikan 7 aplikasi kesehatan baterai Android yang terbaik guna untuk menjaga kesehatan baterai smartphone Android kamu.

BACA JUGA
  • Android Boros Baterai? Cek Aplikasi Apa Yang Menghabiskan Baterai Kamu!
  • 12 Cara Paling Ampuh untuk Hemat Baterai Laptop di Windows 7, 8, dan 10
  • Kenapa Sih Baterai Bisa Meledak? Ini Alasannya!

7 Aplikasi Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Baterai Android

1. Greenify

Sumber foto: Foto: play.google.com

Greenify sudah menjadi aplikasi populer dalam urusan penghemat baterai di Android. Aplikasi ini dapat digunakan oleh kamu yang sudah membuka akses root maupun belum. Greenify akan memberitahukan aplikasi apa saja yang berjalan pada Android kamu.

Greenify menawarkan pengalaman untuk melakukan pengaturan dan dapat memaksimalkan fitur Doze yang sudah tersedia di Android 6.0 Marshmallow. Greenify dapat kamu unduh secara gratis dan ada opsi donasi untuk pengembangan aplikasi.

Greenify
Apps Developer Tools Oasis Feng
DOWNLOAD

2. Amplify

Sumber foto: Foto: play.google.com

Amplify dapat digunakan sebagai opsi lain dari Greenify. Kamu pun harus membuka akses root Android untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Amplify akan memberikan kamu keleluasaan dalam melakukan berbagai macam pengaturan untuk menghemat baterai.

Amplify memiliki kemampuan dalam mengontrol aplikasi, alarm, dan fitur lainnya yang terindikasi menghabiskan baterai. Dengan menggunakan tampilan material design, kamu pun dapat dengan mudah menggunakannya. Amplify tersedia dalam versi gratis dan pro dengan beberapa fitur tambahan.

3. Servicely

Sumber foto: Foto: play.google.com

Saat kamu bangun di pagi hari, pernah kan menyadari kalau baterai Android kamu sudah terkuras beberapa persen? Untuk mengatasinya, Servicely dapat menonaktifkan service yang berjalan pada background, seperti backup atau notifikasi yang terus berjalan saat kamu terlelap.

Sama seperti Greenify dan Amplify, aplikasi ini membutuhkan akses root untuk menggunakannya. Servicely memiliki tampilan antarmuka dan fitur yang sangat mudah digunakan. Ada juga pengaturan yang dapat kamu kostumisasi sesuai kebutuhan.

ADVERTISEMENT
Android Boros Baterai? Cek Aplikasi Apa Yang Menghabiskan Baterai Kamu!
Sering kesal karena baterai smartphone cepat habis walau sedang tidak digunakan? Nah, Jaka ada nih cara agar kamu bisa mengetahui aplikasi apa saja yang membuat baterai cepat habis.
LIHAT ARTIKEL

4. ShutApp

Sumber foto: Foto: play.google.com

Sesuai dengan namanya, ShutApp dapat secara otomatis mematikan aplikasi yang menguras daya Android kamu. Cukup dengan sekali ketuk, ShutApp akan menonaktifkan aplikasi yang mengkonsumsi daya pada smartphone, misalnya saja yang berjalan pada background.

Selain itu, ShutApp juga mampu memblokir akses data pada aplikasi yang sedang tidak digunakan. Kamu pun dapat memilih aplikasi apa saja yang bisa mengakses internet. Untuk kamu yang nggak mau repot root, ShutApp bisa jadi salah satu pilihan.

ShutApp 1.5
Apps Productivity YirgaLab
DOWNLOAD

5. DU Battery Saver

Sumber foto: Foto: play.google.com

DU Battery Saver menjadi salah satu aplikasi paling populer bagi para pengguna Android dengan lebih dari 400 juta unduhan di Google Play Store. DU Battery Saver menawarkan opsi pengoptimalan dan penghemat daya dengan hanya satu ketukan saja.

Aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam smart preset sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan Android kamu. DU Battery Saver juga dilengkapi dengan fitur phone cooler untuk melindungi hardware Android dari kerusakan dikarenakan overheat.

DU Battery Saver
Apps Productivity DU APPS Studio
DOWNLOAD

6. Snapdragon BatteryGuru

Sumber foto: Foto: play.google.com

Buat kamu yang menggunakan smartphone dengan prosesor Qualcomm Snapdragon, aplikasi Snapdragon BatteryGuru direkomendasikan untuk menjaga kesehatan baterai. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana.

Snapdragon BatteryGuru akan merekam aktivitas penggunaan smartphone kamu selama 7 hari setelah proses penginstallan. Setelahnya aplikasi ini akan melakukan optimasi terhadap penggunaan dan konsumsi daya pada Android.

7. Ampere

Sumber foto: Foto: play.google.com

Selain menghemat daya smartphone, kamu pun juga perlu memonitor proses charging pada Android. Ampere sangat andal digunakan untuk memonitor daya yang masuk ke smartphone, terutama untuk mengecek fitur fast charging berfungsi atau tidak.

Ampere bekerja pada Android 4.0.3 ke atas, namun tidak semuanya bekerja dengan baik tergantung dari jenis chipset yang digunakan. Tersedia versi gratis dan pro degan tambahan fitur widgets, notifikasi, serta pemberitahuan pada smartphone atau Android Wear.

Nah, itulah 7 aplikasi untuk menjaga kesehatan baterai Android. Sebenarnya, tidak hanya aplikasi yang membantu. Penggunaan smartphone dan proses charge yang baik juga menentukan kesehatan baterai loh. Punya cara lain? Share pada kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

5 Game Jadul Tahun 90-an Ini Merupakan Game Terbaik Di Masanya, Setuju Nggak?

Teknologi Baterai Ion Litium di Smartphone, Usang atau Masa Depan?

15 Game PC Dengan Grafis HD Terbaik 2017

Lebih Aman, Begini Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di Twitter

APPS TERKAIT
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
CurrentWidget: Battery Monitor 0.4
Apps RmDroider
Easy Battery Saver for Android 3.4.1
Apps 2Easy Team
Wakelock Detector-Save Battery 1.6.1
Apps UzumApps
undefined
Kembali Keatas