Inilah Fungsi Utama Program Microsoft Excel yang Harus Kamu Ketahui

Ditulis oleh Jaka - Senin, 03 Agustus 2020, 10:00
Fungsi utama Microsoft Excel adalah sebagai pengolah data & angka saja. Ternyata ada fungsi dan manfaat lainnya, lho! Kamu wajib tahu!

Geng, pasti udah gak asing kan dengan program Microsoft Office?

Program yang ada pada laptop dan PC ini pasti siapapun pernah memakainya untuk keperluan pribadi, sekolah, kuliah, atau urusan pekerjaan.

Program yang menjadi satu bagian dari Microsoft ini akan memudahkan kamu dalam membuat file dokumen penting. Salah satu bagian dari Microsoft Office yang sering digunakan adalah Microsoft Excel.

Microsodt Excel yang kita tau mungkin hanya memiliki fungsi untuk membuat tabel agar lebih rapih, tapi ternyata lebih dari itu loh, geng.

Simak berbagai macam fitur, manfaat, serta kegunaan Microsoft Excel yang akan Jaka berikan berikut ini.

Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet.

Pada awal dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office.

ADVERTISEMENT

Namun sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan kantor.

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.

Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja.

Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.

Kali ini Jaka akan mengajak kamu untuk lebih jauh mengetahui fungsi serta manfaat Microsoft Excel atau kegunaan Microsoft Excel dalam membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Fungsi Utama dan Kegunaan Microsoft Excel

Fungsi utama program Microsoft Excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

Manfaat Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan kamu, geng. Manfaat menggunakan microsoft excel antara lain:

1. Bidang Akuntansi

Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

2. Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

3. Pengelolaan Data

Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

4. Pembuatan grafik

Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

5. Operasi Tabel

Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka anda tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Yang namanya aplikasi untuk mempermudah urusan dalam membuat file dokumen, pasti memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Agar kamu gak cuma sekedar bisa menggunakan program Microsoft Excel, Jaka akan berikan informasi kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel agar pengetahuanmu bertambah nih, geng.

Kelebihan Microsoft Excel

Sebagai program yang memudahkan pekerjaan, Microsoft Excel pasti punya kelebihannya yang membuat orang-orang sering menggunakan program ini. Berikut adalah kelebihan Microsoft Excel.

Kekurangan Microsoft Excel

Selain memiliki kelebihan, wajar jika microsoft excel juga memiliki kekurangan karena buatan manusia. Kekurangan Microsoft Excel antara lain sebagai berikut:

Akhir Kata

Itu dia informasi lengkap mengenai Microsoft Excel yang sering kamu gunakan. Baru tau kan, geng?

Microsoft Excel ternyata program dokumen yang gak se-simple itu.

Jangan lupa cek tips lainnya di JalanTikus, karena banyak info dan tips menarik yang bisa kamu ikuti. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

undefined
Kembali Keatas