15 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Terbaik 2021 di Android dan PC, Praktis!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 02 Maret 2021, 13:00
Mau tahu aplikasi edit foto jadi video yang lagi trend sekarang? Berikut ini rekomendasi aplikasi edit foto jadi video terbaik di Android dan PC!

Aplikasi edit foto jadi video yang lagi tren sekarang bisa kamu temukan di sini! Apalagi buat kamu yang ingin bikin video pendek dari koleksi fotomu.

Editing video itu memang gampang-gampang susah, sih. Namun, kamu bisa mulai belajar membuat video dari kumpulan foto-foto, atau yang lebih umum disebut slideshow menggunakan sofware edit terbaik dan populer.

Daripada beliin kado mahal-mahal buat ultah pacar kamu, kamu bisa coba pakai software edit foto jadi video musik ditambah kata-kata romantis yang aduhai.

Nah, kali ini Jaka bakalan bagiin buat kalian kumpulan aplikasi edit foto jadi video di Android dan juga PC yang pastinya gampang banget buat dipakai, nggak perlu skill editing khusus.

Aplikasi Edit Foto Jadi Video di Android

Video jenis slideshow yang menggabungkan beberapa frame foto menjadi sebuah video, merupakan salah satu format video sederhana yang paling banyak digunakan saat ini.

Variasinya yang beragam dan kualitasnya yang tak kalah menarik dengan video animasi, membuat slideshow video mendapatkan banyak penggemar dan berkembang dengan sangat cepat.

Hal ini membuat banyak penyedia aplikasi berlomba-lomba untuk membuat aplikasi edit foto menjadi video yang lengkap dan mudah digunakan. Dan berikut ini 5 terbaik di kelas aplikasi Android.

ADVERTISEMENT

1. FilmoraGo

Aplikasi edit foto jadi slideshow di Android pertama yang Jaka rekomendasikan adalah FilmoraGo. Aplikasi yang satu ini tergolong ringan dan juga mudah untuk digunakan.

FilmoraGo memungkinkan kamu untuk menggabungkan banyak foto menjadi video, membuat subtitle, hingga menambah filter di setiap layer klip yang kamu edit videonya.

Di aplikasi FilmoraGo juga kamu bisa menambahkan backsound musik, sehingga video yang kamu edit menjadi lebih bervariasi dan terlihat seperti buatan editor professional.

Aplikasi edit foto jadi video gratis ini bisa kamu pakai secara cuma-cuma, namun untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap kamu harus membayar versi full version.

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan FilmoraGo
Developer WONDERSHARE TECHNOLOGY CO.,LIMITEDVideo Players & Editors
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.0 (396.855)
Ukuran 35MB
Instal 10.00.000+
Android Minimum 4.2

Download Aplikasi FilmoraGo di sini!

FilmoraGo - Free Video Editor 3.1.4
Apps Video & Audio Wondershare Software
DOWNLOAD

Atau via link berikut:

FilmoraGo via Play Store.

2. KineMaster, Aplikasi Edit Foto Jadi Video Dengan Pengguna Terbanyak

Buat kamu yang belum terlalu familiar mengenai cara membuat foto menjadi video, KineMaster bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dicoba.

Berkat cara menggunakannya yang super praktis, KineMaster sudah di-download oleh lebih dari 100 juta orang dan masih bisa mempertahankan rating di atas angka 4 sampai saat ini.

Beberapa fitur unggulan aplikasi ini adalah audio filters, green screen, filter video, efek video transisi, dan lainnya. Pokoknya hasil editan kamu di aplikasi ini bakal keren banget!

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan KineMaster
Developer KineMaster Corporation
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (2.653.805)
Ukuran 87MB
Instal 100.00.000+
Android Minimum 5.0

Download Aplikasi KineMaster di sini!

KineMaster - Video Editor 4.12.3.15162.GP
Apps Video & Audio KineMaster Corporation
DOWNLOAD

Atau via link berikut:

KineMaster via Play Store.

3. Funimate

Funimate adalah aplikasi edit foto jadi video yang lagi trend sekarang karena penggunaannya yang super mudah. User interface aplikasi ini juga tergolong sangat sederhana bahkan untuk pengguna baru.

Cara untuk mengedit video di aplikasi ini dibuat mudah dan simpel. Kamu hanya perlu memasukkan kumpulan gambar yang ingin dijadikan video, beri efek transisi dan filter lucu. Voila! Jadi deh!

Aplikasi Funimate memang tidak menawarkan opsi editing video layaknya profesional yang membutuhkan banyak tools. Tetapi hal ini lebih dari cukup untuk membuat video slideshow menarik.

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan Funimate
Developer AVCR Inc.
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.3 (778.046)
Ukuran 134MB
Instal 10.00.000+
Android Minimum 5.0

Download Aplikasi Edit Foto Jadi Video Funimate di sini!

Funimate: Video Editor & Music Clip Star Effects 7.1.2.4
Apps Video & Audio AVCR Inc.
DOWNLOAD

Atau via link berikut:

Funimate via Play Store.

4. Quik

Boleh dibilang Quik adalah APK edit foto jadi video yang memang didedikasikan khusus untuk membuat video slideshow.

Cara mengedit foto menjadi video di aplikasi ini cukup simpel! Quik hanya memerlukan foto atau video dari galeri kamu yang kemudian akan diproses secara otomatis oleh Quik.

Kumpulan foto di galeri handphone kamu akan diolah secara otomatis, kemudian Quik akan membuatkan beberapa versi video slideshow yang bisa kamu pilih.

Aplikasi ini cocok buat yang baru mulai belajar mengedit video karena tidak banyak skill khusus yang harus kamu kuasai. Hampir semua diolah secara otomatis oleh aplikasi ini.

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan Quik
Developer GoPro
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.7 (1.339.636)
Ukuran 99MB
Instal 100.00.000+
Android Minimum 5.0

Download Aplikasi Quik di sini!

Quik Free Video Editor for photos, clips, music 5.0.7.4057-000c9d4b4
Apps Video & Audio GoPro Inc
DOWNLOAD

Atau via link berikut:

Quik via Play Store.

5. VivaVideo, Aplikasi Edit Foto Jadi Video Paling Recommended

VivaVideo mungkin menjadi salah satu aplikasi edit video yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh banyak orang sampai saat ini.

Cara mengedit foto menjadi video di aplikasi ini pun terbilang mudah dan pilihan temanya bervariasi. VivaVideo menyediakan lebih dari 200 filter yang bisa kamu terapkan.

Aplikasi VivaVideo juga menggunakan user interface berbasis storyboard ketika kamu melakukan editing untuk mengubah foto kamu menjadi video.

VivaVideo juga menyediakan berbagai efek, input teks, dan mendukung video fast atau slow motion yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik hasil editan foto.

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan VivaVideo
Developer QuVideo Inc. Best Video Editor & Video Maker App
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (11.911.779)
Ukuran Bevariasi
Instal 100.00.000+
Android Minimum Bervariasi

Download Aplikasi VivaVideo di sini!

VivaVideo - Video Editor & Video Maker 8.0.4
Apps Video & Audio QuVideo Inc.
DOWNLOAD

Atau via link berikut:

VivaVideo via Play Store.

6. InShot

Kalau kamu sedang mencari aplikasi edit foto jadi video yang lagi hits, InShot adalah salah satu jawabannya yang bisa kamu coba.

Dilengkapi dengan beragam pilihan transisi, musik, efek, hingga teks animasi menarik, InShot bukan cuma dapat diandalkan untuk mengedit video saja, tapi juga mengubah foto menjadi video slideshow.

Aplikasi edit foto dan video ini bisa kamu gunakan secara gratis, meskipun beberapa item premium di dalamnya tetap hanya bisa digunakan ketika berlangganan akun berbayar.

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan InShot
Developer InShot Video Editor
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.8 (9.104.541)
Ukuran 51MB
Instal 100.00.000+
Android Minimum 5.0 atau lebih tinggi

Download Aplikasi InShot di sini!

InShot - Editor Video Gratis 1.636.269
Apps Video & Audio InShot Inc.
DOWNLOAD

Atau via link berikut:

Inshot via Play Store.

7. Alight Motion

Diluncurkan sebagai aplikasi motion graphic pro pertama di smartphone, ternyata Alight Motion juga bisa kamu manfaatkan untuk mengedit foto jadi video, lho!

Menariknya lagi, foto yang kamu masukkan ke dalam video bisa diberi efek animasi motion graphic sehingga menghasilkan foto bergerak layakanya GIF.

Bisa dibilang kalau aplikasi Alight Motion ini adalah Adobe After Effect yang dibuat untuk versi perangkat mobile. Keren banget, kan?

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan Alight Motion
Developer Alight Creative, Inc.
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.2 (246.814)
Ukuran 124MB
Instal 10.00.000+
Android Minimum 6.0 atau lebih tinggi

Download Aplikasi Alight Motion di sini!

Atau via link berikut:

Alight Motion via Play Store.

8. VideoShow

Mau aplikasi edit gabungan foto dan video untuk pemula yang mudah digunakan? VideoShow mungkin bisa jadi salah satu pilihan yang wajib kamu coba.

Dikenal sebagai aplikasi video editor all-in-one, VideoShow memungkinkan kamu untuk meengedit hingga membuat video dari rangkaian foto, musik, stiker, hingga efek suara.

Kamu juga bisa membuat hasil video bebas dari watermark dengan berlangganan VIP, loh! Untuk hasil yang lebih bagus, pengguna bisa mengekspor hasil video dalam kualitas HD.

Kelebihan:

Kekurangan:

Keterangan VideoShow
Developer VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (5.506.282)
Ukuran 38MB
Instal 100.00.000+
Android Minimum 5.0 atau lebih tinggi

Download Aplikasi VideoShow di sini!

VideoShow Video Editor, Video Maker, Photo Editor 8.6.8rc
Apps Video & Audio VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc
DOWNLOAD

Atau via link berikut:

VideoShow via Play Store.

Aplikasi Edit Foto Jadi Video di PC

Selain di handphone Android, cara membuat foto menjadi video menggunakan komputer pun tidak kalah variatif. Banyak aplikasi PC yang mendukung pekerjaan seperti ini.

Perangkat PC yang cenderung lebih komprehensif ketimbang Android, membuat variasi editing yang ditawarkan aplikasi yang Jaka rekomendasikan ini pun lebih banyak dan lebih canggih.

Meskipun begitu, Jaka juga memasukkan aplikasi edit foto menjadi video yang ringan supaya semua pengguna PC bisa menggunakannya. Berikut ini jajaran aplikasi yang Jaka rekomendasikan untuk kamu pakai.

1. Windows Movie Maker, Aplikasi Foto Jadi Video Terbaik Paling Ringan

Boleh dibilang, aplikasi ini adalah cikal bakal dari aplikasi edit video yang banyak bermunculan saat ini. Siapa sih di sini yang gak belajar editing dari Windows Movie Maker?

Windows Movie Maker merupakan aplikasi edit video pemula yang dibuat oleh Microsoft, untuk memanjakan para pengguna Windows.

Memang tidak banyak tools atau s_etting_-an di aplikasi ini, tetapi untuk kamu para editor pemula yang ingin serius menekuni dunia video, mulailah dengan aplikasi ini.

Kelebihan:

Kekurangan:

Download Windows Movie Maker di bawah ini:

Windows Movie Maker 2019
Apps Video & Audio Microsoft Corporation
DOWNLOAD

2. AVS Video Editor

Aplikasi edit foto menjadi video selanjutnya yang Jaka rekomendasikan adalah AVS Video Editor.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang interaktif, mudah digunakan, dan memiliki fitur yang sangat lengkap untuk membantu proses editing kamu.

Salah satu keunggulan aplikasi edit foto agar menjadi video ini adalah menggunakan teknologi video cache. Sehingga proses editing video kualitas Full-HD sampai 4K dapat berjalan lebih lancar tanpa lag.

Untuk melakukan editing video, AVS Video Editor menyediakan opsi Timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara gambar, video, efek, teks, dan audio. Sangat lengkap bukan?

Kelebihan:

Kekurangan:

Download AVS Video Editor di bawah ini:

AVS Video Editor 2019
Apps Video & Audio Online Media Technologies Ltd.
DOWNLOAD

3. Avidemux

Avidemux adalah aplikasi edit video yang dirancang simpel dan sederhana untuk memotong video, filter, pengaturan lagu, memberikan efek filter, hingga akhirnya kumpulan foto kamu menjadi video.

Aplikasi edit foto jadi video berlagu ini mendukung banyak jenis file output, termasuk AVI, DVD file MPEG yang kompatibel, MP4, dan ASF, dan berbagai codec lainnya.

Avidemux menjadi salah satu aplikasi fovaorit Jaka karena ringan, tampilannya sederhana, dan mudah digunakan bahkan untuk para pemula sekalipun.

Kelebihan:

Kekurangan:

Download Avidemux di bawah ini:

Avidemux (64-bit) 2.6.8
Apps Video & Audio Avidemux
DOWNLOAD

4. Camtasia

Camtasia merupakan aplikasi membuat foto menjadi video di laptop yang memiliki banyak fitur dan sangat mudah digunakan.

Aplikasi ini mempunyai banyak fitur tambahan yang akan mempermudah kamu saat mengedit video. Camtasia juga dapat digunakan pada Windows maupun Mac.

Kalau kamu ingin membuat surprise untuk pacar, jangan pakai kata-kata romantis doang, sekali-kali bikin video pendek perjalanan kisah kalian dong!

Kelebihan:

Kekurangan:

Download Camtasia di bawah ini:

Camtasia Studio 8.6.0.2079
Apps Desktop Enhancement Tech Smith Corp
DOWNLOAD

5. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio ini adalah aplikasi edit foto jadi video PC terbaik dengan fitur yang cukup mumpuni, user interface interaktif, dan berbagai tools canggih lainnya untuk menghasilkan video dengan kualitas hingga 4K.

Software edit video ini memiliki lebih dari 1000 efek dan template yang siap digunakan untuk kebutuhan editing video kamu.

Sayangnya, aplikasi ini berbayar alias tidak gratis! Meski demikian, harga yang ditawarkan aplikasi ini relatif lebih murah daripada software edit video lainnya.

Kelebihan:

Kekurangan:

Download Pinnacle Studio di bawah ini:

Pinnacle Studio
Apps Video & Audio Pinnacle
DOWNLOAD

6. Adobe Premiere Pro

Sumber foto: Variety

Untuk kamu para profesional yang menginginkan hasil terbaik, Adobe Premiere Pro adalah pilihan tepat aplikasi edit foto jadi video PC yang bisa kamu gunakan.

Di sini kamu bisa menggabungkan foto menjadi video, ataupun hanya menggunakan potongan klip video saja. Fitur yang ditawarkan pun sangatlah komplit, meskipun aplikasi ini sebenarnya berbayar.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung resolusi hingga 4K yang dijamin ajib banget, deh! Nggak heran kalau Premiere Pro jadi andalan para editor film Hollywood.

Kelebihan:

Kekurangan:

Download Adobe Premiere Pro di bawah ini:

Adobe Premiere Pro CS2 Terbaru
Apps Video & Audio Adobe Systems Inc
DOWNLOAD

7. Sony Vegas Pro

Sumber foto: DPReview

Sering kali dijadikan alternatif para pengguna Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro juga menawarkan fitur-fitur beragam yang dapat mempermudah kamu ketika menggabungkan foto jadi video.

Kamu juga bisa menggunakan banyak layer untuk menggabungkan beberapa foto, video, hingga audio sehingga hasilnya terlihat lebih menarik.

Walaupun memang, umumnya ukuran video yang dihasilkan cenderung besar. Namun, tenang! Ada banyak cara kompres video tanpa mengurangi kualitas yang bisa kamu coba, kan?

Kelebihan:

Kekurangan:

Download aplikasi menggabungkan foto untuk PC Sony Vegas Pro.

Akhir Kata

Itu tadi aplikasi edit foto menjadi video terbaik untuk Android dan PC yang bisa kamu jadikan pilihan. Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, tinggal pilih yang paling cocok buat kamu.

Gimana? Mudah kan edit foto jadi video dengan aplikasi-aplikasi ini? Sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi kalau mau bikin video slideshow.

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik, dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com.

Baca juga artikel seputar Video Editing atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT

15 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2022, Hasil jadi Aesthetic!

25 Aplikasi Edit Video di Laptop Gratis Terbaik 2022, Ringan & Banyak Fitur!

10 Aplikasi Edit Video Vlog Android Terbaik Untuk Youtuber

10 Aplikasi Edit Foto iPhone Terbaik 2020 | Bisa Buat Android Loh!

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Bokeh dan Blur di Android, Gak Perlu Kamera DSLR!

10 Aplikasi Edit Foto dengan Teks Terbaik untuk Android, Bikin Foto Makin Cantik!

undefined
Kembali Keatas