Apakah Akun Saya Dapat Diakses Secara Bebas Oleh Karyawan Facebook?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 09 Oktober 2015, 14:59
Kamu pernah kepikiran gak sih, apakah selama ini para karyawan dari Facebook atau bahkan pemiliknya sendiri yaitu Mark Zuckerberg memiliki kunci akses ke dalam setiap profil ataupun akun dari pengguna Facebook? Ini dia jawabannya.

Kamu pernah kepikiran gak sih, apakah selama ini para karyawan dari Facebook atau bahkan pemiliknya sendiri yaitu Mark Zuckerberg memiliki kunci akses ke dalam setiap profil ataupun akun dari pengguna Facebook, seperti kita-kita ini? Apakah mereka bisa mengubah atau mencuri informasi dari akun pribadi yang kita miliki? Salah seorang pengguna dari situs Quora menanyakan hal tersebut, dan untungnya salah satu dari mantan karyawan Facebook hadir dan menjawab salah satu pertanyaan paling dasar tersebut dengan ringkas dan jelas.

BACA JUGA
  • Cara Hemat Kuota, RAM dan Storage Saat Pakai Aplikasi Facebook Android
  • Cara Mematikan Fitur Autoplay Video Facebook Untuk Menghemat Kuota
  • Begini Cara Mewariskan Akun Facebook Jika Kamu Meninggal

Apakah Akun Saya Dapat Diakses Secara Bebas Oleh Karyawan Facebook?

Permasalahan ini dimulai ketika seseorang di Quora bertanya mengenai apakah Mark Zuckerberg atau karyawan Facebook lainnya memiliki skeleton key (skeleton key diibaratkan adalah kunci master atau kunci utama yang dapat membuka semua pintu) yang mempersilahkan mereka untuk mengakses setiap halaman profil dan informasi dari pengguna Facebook. Dikarenakan Quora adalah situs tanya jawab, maka ada banyak sekali spekulasi yang beredar dari orang-orang diwakili dengan jawaban mereka.

Lalu Joe Sullivan pun hadir. Joe dulu adalah seorang kepala keamanan dari Facebook yang bertugas untuk memantau setiap keamanan dari perusahaan. Ia kini bekerja di Uber dengan menjabat di posisi yang sama sebagai Chief Security Officer.

Jawabannya Adalah?

Joe menjelaskan bahwa Facebook secara sangat ketat memproteksi data yang diamanatkan kepada mereka. Sebenarnya tidak ada yang namanya skeleton key atau akses kepada database pengguna oleh karyawan Facebook secara luas. Facebook rupanya memiliki tool internal yang membatasi akses ke informasi pengguna dan akses baru diberikan kepada karyawan yang memang bekerja dalam ruang lingkup tersebut.

Hampir semua karyawan tidak memiliki akses, dan apabila mereka membutuhkannya, mereka diharuskan untuk menadatangani persetujuan dan harus lulus program training sebelum menggunakan tool internal tersebut. Setiap akses yang dilakukan, sudah pasti diminta alasan dan tujuannya, ditambah selalu ada audit berkala yang ketat. Jadi, jangankan karyawan, Mark Zuckerberg sekalipun seharusnya tidak dapat secara bebas mengakses informasi pribadi di profil Facebook kamu.

Sumber: Quora

Facebook 259.0.0.36.115
Apps Social & Messaging Facebook, Inc.
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT

Kamu Pasti Terkejut Kalo Tahu Dimana Sebenarnya Lokasi Bos Facebook Ini Bekerja!

8 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan Tombol Dislike di Facebook

Jangan Posting 4 Hal Ini di Facebook Milikmu!

6 Hal yang Harus Segera Kamu Lakukan Ketika Akun Facebook Dibajak

Jangan Lewatkan 7 Tips Ampuh Ini Untuk Kamu Pengguna Facebook

APPS TERKAIT
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Free Basics by Facebook 6.0
Apps Facebook, Inc.
Facebook Home 1.3
Apps Facebook, Inc.
undefined
Kembali Keatas