Apa Itu Windows Registry Editor?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 09 Januari 2014, 15:00
Apa Itu Windows Registry Editor? Cara menggunakan Windows Registry Editor untuk pemula.

Bagi pengguna awam, Windows Registry mungkin membingungkan bahkan terkesan sangat rumit. Melalui Windows Registry, pengguna komputer dapat melakukan berbagai pengaturan dan perubahan khusus yang tidak bisa dilakukan melalui program lain. Kamu mungkin pernah membaca artikel yang meminta kamu untuk mengedit registry dan melakukan beberapa perubahan. Perubahan ini seringkali disebut registry hack atau registry tweak. Jangan panik jika kamu perlu mengedit registry Windows, karena sebenarnya tidak sulit selama kamu tahu pengaturan apa yang perlu diubah. Namun, kamu tetap harus berhati-hati ketika mengedit registry.

Apa Itu Windows Registry?

Windows Registry adalah database yang menyimpan berbagai pengaturan dan konfigurasi komputer. Hampir semua pengaturan konfigurasi yang terdapat dalam Windows bisa kamu temui disini. Program pihak ketiga juga menggunakan registry untuk menyimpan pengaturannya, meski juga dapat disimpan pada file konfigurasi, tergantung program tersebut.

Dalam Registry, kamu bisa menemukan banyak pilihan dan pengaturan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Sebagian pengaturan tingkat lanjut hanya bisa dilakukan dengan mengubah registry. Registry Editor adalah aplikasi grafis yang memungkinkan kamu untuk melihat dan mengedit Registry Windows.

Menggunakan Registry Editor

Peringatan : Hati-hati ketika mengedit registry. Jangan menghapus apapun didalam registry kecuali kamu paham apa yang kamu lakukan. Jika kamu memang mengetahui apa yang perlu dilakukan dan secara teliti melakukan perubahan di registry, maka kamu tidak akan mendapatkan masalah. Namun jika kamu menghapus folder (atau yang disebut registry key ) atau mengubah value lainnya, kamu dapat merusak program Windows. Selalu ingat hal ini ketika mengedit registry Windows.

Cara Buka Registry Editor :

Windows 7 : Tekan tombol Windows di keyboard atau klik Windows, ketik regedit dan tekan Enter. Windows XP : Klik Run dari Start dan jalankan perintah regedit.

Jika kamu sudah mengetahui dengan pasti value yang ingin diedit, arahkan ke value tersebut melalui registry dengan klik tombol + di setiap registry key. Contohnya, jika kamu ingin mengedit pengaturan LastActiveClick yang terletak di HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced, maka klik tombol + di samping HKEY_CURRENT_USER, lanjutkan klik tombol + di samping Software dan seterusnya sesuai dengan folder yang ditentukan hingga mencapai Advanced. Klik Advanced di panel sebelah kiri dimana kamu akan menemukan value yang ditampilkan di sebelah kanan. Double klik pada value untuk mengubahnya.

Kamu mungkin akan membuat value baru apabila pengaturan registry tidak ada secara default. Untuk melakukan ini, arahkan ke folder yang sesuai, klik kanan di panel bagian kanan, arahkan ke menu New dan pilih tipe value yang dibutuhkan. Ketikkan nama value dan tekan Enter.
Jika key atau folder yang kamu butuhkan tidak ada, kamu bisa membuat folder dengan membuat subkek baru pada setiap folder. Contohnya, jika kamu perlu mengubah value di Foo\Bar, buat key Foo apabila tidak ada, kemudian buat Bar key didalamnya.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

undefined
Kembali Keatas