Ketahui Apa Itu PayTren, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya, Terbaru dan Terlengkap 2022

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 13 April 2022, 19:45
PayTren sebagai salah satu aplikasi pembayaran multiguna, memang sedang naik daun. Di dalam artikel ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu PayTren dan seluk beluknya.

Apa itu PayTren? Mungkin ini menjadi salah satu pertanyaan yang ada di benak sebagian besar dari kamu yang belum tahu aplikasi pembayaran multiguna ini.

Aplikasi digital milik Yusuf Mansur ini dirilis pada tahun 2013 silam. Keberadaan aplikasi ini mulai populer di tahun 2018 lantaran mampu memberikan berbagai layanan bagi penggunanya hanya dalam satu genggaman.

Belakangan, PayTren kembali menjadi sorotan setelah beredarnya video Ustad Yusuf Mansur yang marah-marah dan menyebut-nyebut aplikasi digital satu ini.

Nah, kalau kamu penasaran dengan aplikasi PayTren ini, Jaka bakal memberikan kamu penejelasan lengkap mulai dari cara kerja, fitur-fiturnya, hingga kelebihannya dibandingkan dengan aplikasi multiguna lainnya. Sebagai informasi, Jaka sama sekali tidak di endorse, ya!

Apa itu PayTren?

PayTren adalah aplikasi multiguna yang memungkinkanmu melakukan berbagai transaksi hanya dalam satu genggaman. Praktis dan mudah banget tentunya.

Layanan yang ditawarkan PayTren antara lain adalah pembayaran tagihan listrik, air, pembelian tiket kereta, bahkan hingga pembelian voucher game, semua bisa dilakukan. Menariknya lagi, aplikasi ini kompatibel di semua jenis smartphone.

Selain menawarkan berbagai layanan yang mempermudah hidupmu, PayTren juga memberikanmu kesempatan untuk melakukan investasi syariah, geng. Bahkan, kamu juga bisa melakukan bisnis dengan menjadi mitra bisnis PayTren.

ADVERTISEMENT

Terdapat dua istilah mitra dalam PayTren yaitu mitra pengguna dan mitra bisnis. Berbeda dengan mitra bisnis yang bisa mengembangkan jaringannya dan memiliki lisensi, sementara mitra pengguna bisa menggunakan aplikasi paytren secara gratis tanpa perlu membeli lisensi.

Meski demikian, secara konsep PayTren sudah tidak menerapkan sistem MLM untuk berbisnis. Namun, bukan berarti kamu jadi nggak bisa bisnis di sini, geng. Kamu tetap bisa melakukan bisnis jejaring melalui anak perusahaannya, yakni PT. Veritra Sentosa Internasional.

Bagaimana Cara Kerja PayTren?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, PayTren merupakan aplikasi pembayaran digital. Kamu bisa membayar tagihan, membeli voucher, tiket, memesan kamar hotel, bahkan hingga melakukan sedekah secara online.

Nah, untuk mengetahui cara kerjanya, Jaka akan memberikan kamu langkah-langkahnya berikut ini. Simak baik-baik, ya!

  1. Install aplikasi PayTren di perangkatmu.

  2. Buat akun PayTren secara gratis.

  3. Isi deposit e-money minimal sebesar Rp. 50.000 melalui transfer bank atau m-banking.

  4. Sekarang, kamu bisa menikmati fitur-fiturnya dan bertransaksi sesuai kebutuhan.

Jika kamu ingin tahu cara untuk mendaftar menjadi mitra pengguna PayTren, kamu bisa baca informasi selengkapnya lewat artikel Jaka berikut ini:

Cara Daftar Paytren Dengan Mudah Dan Gratis
PayTren sebagai metode alternatif pembayaran non-tunai atau cashless, sedang booming di Indonesia. Kalau kamu bingung cara daftar PayTren, berikut artikelnya.
LIHAT ARTIKEL

Perbedaan PayTren dengan Pembayaran Multiguna Lainnya

Salah satu yang menjadi andalan jualan PayTren dibanding aplikasi pembayaran multiguna lainnya seperti Bebas Bayar atau bahkan Agen Bukalapak adalah tidak adanya riba. Ya, PayTren memang mengadopsi konsep syariah untuk sistem keuangannya.

Nah, apa saja perbedaan PayTren dibanding pesaingnya? Kamu bisa lihat selengkapnya di tabel berikut ini, geng.

PayTren Pesaing PayTren
Ada pilihan sebagai mitra yang berbayar atau gratis kebanyakan aplikasi pembayaran multiguna gratis
Beberapa tarif pembayaran lebih mahal karena ada sistem sodaqoh Tarif dan biaya admin cenderung lebih kecil
Bebas riba Banyak promo discount dan cashback dari berbagai merchant yang bekerja sama dengan aplikasi tersebut
Mitra bisnis bisa mendapat bonus hingga tak terhingga, bila berhasil mengajak mitra bisnis baru Biasanya tidak ada sistem memberi 'pesangon'
Ada sistem infaq dan shodaqoh pembayaran non-islami alias konvensional

Kelebihan dan Kekurangan PayTren

Agar kamu mengetahui PayTren lebih dalam, sekarang kamu harus tau secara detail apa itu PayTren dari sisi kelebihan dan kekurangannya. Simak ulasan lengkap dari Jaka berikut ini, geng.

Kelebihan PayTren

PayTren tentunya secara umum menjadi aplikasi yang memungkinkan kamu melakukan apa saja dalam satu aplikasi. Biar lebih jelas, Jaka sudah mendaftar kelebihan yang dimiliki oleh PayTren ini.

  1. Bisa saling transfer saldo sesama member PayTren yang lain.
  2. Bisa membayar aqiqah, pembayaran qurban dan sedekah.
  3. Setiap transaksi adalah sedekah karena menggunakan sistem syariah.
  4. Akun PayTren tidak ada masa kadaluarsa dan bisa diganti kepemilikan.
  5. Bisa memilih jadi member berbayar atau gratis.

Kekurangan PayTren

Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh PayTren adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi masih dalam bentuk beta alias belum final.
  2. Pesaing sesama mitra PayTren sudah banyak, sehingga sulit mendapatkan bonus.
  3. Member gratis tidak memiliki fasilitas selengkap member yang sudah membeli lisensi.

Jenis-jenis PayTren dan Perbedaannya

Dalam menggunakan layanan PayTren, kamu bisa menemukan dua jenis yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dua jenis PayTren tersebut adalah PayTren Bisnis dan PayTren eMoney.

Penasaran apa perbedaan PayTren Bisnis dan PayTren eMoney? Kamu bisa simak tabel dari Jaka berikut ini.

PayTren Pebisnis PayTren eMoney
Fitur lengkap Fitur terbatas
Bisa memilih paket yang kita inginkan (disesuaikan dengan kemapuan financial kita) Pendaftaran Gratis dan mudah
Bisa mendeteksi pengguna PayTren e Money, agar bisa diajak menjadi mitra pebisnis Tidak ada sistem bonus
Ada cashback di setiap transaksi Tidak ada cashback dan promo selengkap PayTren Pebisnis
Berperan bagaikan pemegang saham PayTren bukan bagian langsung dari PayTren

Apakah PayTren Penipuan?

Sumber foto: Doc.JalanTikus

PayTren sendiri dibentuk pada tahun 2013 silam di bawah naungan PT. Veritra Sentosa Internasional. Namun sejak pendiriannya, PayTren sempat dibekukan oleh pihak Bank Indonesia (BI) pada tahun 2017.

Alasan dibekukannya server ini adalah untuk memeriksa apakah PayTren sudah memenuhi segala ketentuan dan peraturan yang ada di BI atau belum. Hal ini sebagai bentuk aksi preventif tindak penipuan.

Setelah satu tahun mengalami masa pembekuan, akhirnya PayTren mendapatkan izin resmi dari BI sebagai uang elektronik server-based dan juga transfer dana. Bahkan, PayTren juga berhasil mengantongi izin dari OJK berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor: KEP-49/D.04/2017.

Nggak hanya itu saja, platform ini pun juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI, apalagi setelah menerapkan sistem syariah di dalamnya.

Jadi, nggak perlu khawatir untuk menggunakan layanan PayTren, geng. Karena keamanannya sudah terjamin dan bukan merupakan penipuan. Tertarik untuk mencoba nggak?

Akhir Kata

Nah, setelah mengetahui apa itu PayTren, sekarang kamu bisa langsung mengunduh aplikasinya di HP-mu, lalu gunakan layanannya secara maksimal. Segala transaksi jadi lebih mudah dilakukan hanya dalam satu genggaman saja.

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan PayTren untuk berbisnis, lho, geng. Kembangkan mitramu dengan konsep jaringan, lalu siap-siap jadi orang kaya, deh, jika bisnismu berhasil.

Baca juga artikel seputar PayTren atau artikel menarik lainnya dari Almira Yoshe Alodia.

ARTIKEL TERKAIT

8 Cara Mengecek ID Pelanggan PLN | Paling Mudah & Terlengkap

Cara Mudah Cek Tagihan PDAM Online di PC dan HP, Praktis!

Daftar Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Melamar Kerja

100% WORKS! 10 Aplikasi Android Penghasil Uang Terbaru 2018

15+ Cara Top Up Saldo OVO Terlengkap 2022, Praktis & Anti Ribet!

APPS TERKAIT
PayTren 5.0 Beta 1.0.0
Apps PT. VERITRA SENTOSA INTERNASIONAL
OVO 3.5.0
Apps PT Visionet Internasional
BCA mobile 2.4.0
Apps PT Bank Central Asia tbk.
undefined
Kembali Keatas