Bukan Cuma Kena Hack, Ini 6 Alasan Orang Berhenti Gunakan Media Sosial

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 11 Desember 2016, 10:00
Di balik seru dan mudahnya update status dan foto di media sosial, rupanya banyak orang yang mundur dari menggunakan media sosial. Kenapa ya? Apa alasan orang berhenti menggunakan media sosial?

Sejak ada internet, media sosial menjadi salah satu situs yang paling banyak dibuka, seperti Facebook dan Twitter. Apalagi sejak ada smartphone, membuka media sosial semakin mudah.

Gara-gara smartphone, banyak media sosial bermunculan, seperti Instagram, Path, dan juga beragam aplikasi chatting. Namun saat mengakses media sosial semakin mudah, semakin banyak juga orang yang menghapus akun dan berhenti menggunakan media sosial. Kenapa ya?

BACA JUGA
  • Film Pendek Tentang Menyedihkannya Media Sosial, Jago Kalo Gak Nangis!
  • Inilah 9 Penyakit Mental BERBAHAYA Yang Timbul Akibat Media Sosial!
  • Ini Akibatnya Jika Semua Hal Kamu Bagikan di Media Sosial

Alasan Orang Berhenti Menggunakan Media Sosial

Update status, posting foto, memberi komentar, dan memantau aktivitas orang lain di media sosial itu selalu seru untuk dilakukan. Bisa dibilang hiburan murah. Cuma akhir-akhir ini jadi banyak yang menghapus akun media sosialnya, karena...

1. Buang-Buang Waktu

Menurut data yang dihimpun JalanTikus dari blog Kapersky, 39 persen dari total 4.831 responden memutuskan berhenti menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter karena merasa hanya buang-buang waktu saja.

Sumber foto: Foto: PCFixAid

Hal ini juga menjadi alasan beberapa selebriti terkenal tidak punya akun media sosial. Menurut mereka, daripada menghabiskan beberapa menit untuk mengomentari status atau membuat status, kenapa tidak digunakan untuk hal bermanfaat saja?

2. Tidak Terus Dimata-matai

Sumber foto: Foto: BrettSanders

Selain Google yang merekam setiap gerakan lokasimu, aplikasi sosial media juga bisa membaca lokasimu. Bukan hanya lokasi, kamu bahkan mengizinkan aplikasi-aplikasi media sosial untuk mengakses kamera, foto, hingga membaca data kontak. Karena takut dimata-matai, 30 persen responden memutuskan berhenti menggunakan media sosial.

ADVERTISEMENT

3. Karena Kena Hack

Sumber foto: Foto: SoCalCreations

Sebanyak 5 persen dari total 4.831 responden Kapersky di Facebook, Twitter, dan Instagram menyatakan mereka menutup akun media sosialnya setelah diretas hacker tidak bertanggung jawab. Uhm, makanya selalu gunakan password yang kuat agar aman dari hacker ya!

4. Lelah Kena bully

Yah, namanya juga media sosial. Kalau ada yang nggak suka sama kita, mereka bisa dengan mudah mengungkapkannya. Begitu pun jika kita tidak suka akan sesuatu, bisa dengan mudah menunjukkannya. Bahkan dalam bentuk bully sekalipun.

Sumber foto: Foto: Rappler

Nah, karena lelah di-bully oleh orang yang nggak suka dengan mereka, 4 persen responden memutuskan berhenti pake media sosial. Apa kamu orang yang suka mem-bully orang lain? Jika iya, hati-hati kena UU ITE terbaru.

Awas Terjerat UU ITE!
30 hari setelah disetujui dalam rapat Paripurna, revisi UU ITE akhirnya resmi berlaku menjadi undang-undang sejak hari ini. Apa saja yang berubah dari UU ITE setelah direvisi?
LIHAT ARTIKEL

5. Hoax

Sumber foto: Foto: WeLiveSecurity

Gara-gara media sosial, hoax atau berita palsu mudah sekali menyebar. Bukan hanya merugikan diri sendiri, penyebaran hoax juga bisa memunculkan perpecahan. Makanya, daripada ribet dan selalu mudah dibuat percaya isi hoax media sosial, ada yang memutuskan menghapus akunnya.

6. Spam

Sumber foto: Foto: SocialNewsDaily

Siapa yang tidak kesal kalau postingan foto atau statusnya di media sosial malah dipenuhi spam orang jualan produknya? Selain komentar, isi postingan pengguna media sosial yang lain juga kadang penuh spam, bahkan hoax.

Nah, itu dia 6 alasan kebanyakan orang berhenti menggunakan media sosial. Bagaimana dengan kamu? Kalau sampai saat ini kamu masih menggunakan media sosial, apa sih alasan yang membuatmu bertahan? Dan apa yang akan membuat kamu berhenti menggunakan media sosial?

Share yuk di kolom kementar!

ARTIKEL TERKAIT

Bukan Hoax! Begini Cara Membuat Game Android Tanpa Coding

Cara Membuat Berita Hoax Yang Sering Ada Di Internet

Wallpaper Foto Udah Kuno, Yuk Buat Live Wallpaper Sendiri di Android!

Awas! Google Maps Merekam Setiap Pergerakanmu, Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengetahui yang Mengambil Screenshot Foto di Instagram

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Twitter for Android
Apps Twitter
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Instagram
Path for Android
Apps Path, Inc.
undefined
Kembali Keatas