5 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Menghapus Teman Di Facebook

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 09 Juli 2016, 09:00
Ini dia kami sudah buatkan lima alasan untuk kamu menghapus teman-teman tidak penting di Facebook. Bukannya jahat, namun ini demi kebaikan kamu sendiri.

Apakah kamu bangga dengan teman di Faceboook yang kini telah mencapai 4 digit? Jangan seneng dulu deh karena tren seperti itu sudah kadaluarsa. Jika dulu memiliki banyak teman di Facebook merupakan impian banyak orang, maka kini tren untuk menghapus teman-teman tidak penting menjadi hal yang lumrah.

Kenap bisa begitu? Bukankah memiliki teman banyak merupakan hal yang baik dan menguntungkan? Jika di dunia nyata, memang benar. Namun, jika kamu mengimplementasikannya ke media sosial, maka hal buruk pun akan terjadi.

BACA JUGA
  • 11 Cara Hack Facebook Orang Lain Terbaru 2022 + Tips untuk Mencegahnya!
  • Wah, Ternyata Kamu Bisa Main Catur di Facebook Messenger! Begini Caranya
  • HARUS TAU! Ini 5 Cara Hacker Dalam Mencuri Data Dari Pengguna Facebook

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menghapus Teman Kamu Di Facebook

Ini dia kami sudah buatkan lima alasan untuk kamu menghapus teman-teman tidak penting di Facebook. Bukannya jahat, namun ini demi kebaikan kamu sendiri.

1. Buruk Untuk Kesehatan Otak

Seorang pakar Antropologi dari Oxford University yaitu Robin Dunbar menyimpulkan sebuah hasil penelitian yang menyatakan bahwa manusia cenderung untuk mengatur persahabatannya dengan rata-rata 150 orang.

Ia mengklaim bahwa jika manusia terus berusaha untuk me-maintain persahabatan dengan lebih dari 150 orang, maka yang terjadi ialah munculnya kelelahan dalam kapasitas kognitif dari otak manusia. Kegiatan ini juga tentu berpengaruh kepada teman-teman yang kamu dapatkan dari media sosial.

Fakta berbicara. Walaupun seseorang memiliki lebih dari 1000 orang teman di Facebook, namun ia tetap menjaga hubungan hanya kepada kurang lebih 150 orang terdekatnya saja.

2. Mengorbankan Persahabatan Sejati

Siapa di sini yang sadar bahwa semakin banyak teman yang kita dapatkan, maka semakin terancam pula hubungan pertemanan yang sebelumnya telah kita jalin dengan teman yang lebih lama?

Maria Konnikova bahkan mengatakan bahwa semakin banyak teman yang terhubung di media sosial, maka akan semakin kecil kemungkinan kita untuk bertemu dengan masing-masing dari mereka. Jadi aktivitas tersebut bukan hanya memperburuk koneksi, namun juga hanya menjadi hiburan semu saja.

3. Masalah Privasi

Semakin banyak teman di Facebook, maka privasi kamu pun akan mulai terancam. Pasti jarang di antara kamu yang jika mem-posting status maupun foto, terlebih dahulu untuk mengatur ke siapa saja posting tersebut akan diterima.

Kondisi seperti ini jelas dapat mengancam setiap privasi yang kamu sematkan. Tentu tidak semua orang di Facebook yang menerima posting tersebut merupakan teman dekat kamu pula kan?

4. Bersihkan Newsfeed

Ini juga merupakan poin yang sangat penting. Setiap orang yang mendapatkan teman di Facebook secara random, Newsfeed-nya akan terasa lebih sesak dan lebih tidak jelas.

Tentu kamu tidak akan peduli jika seorang teman di Facebook yang kamu kenal secara tidak langsung mem-posting kehidupan pribadinya. Kamu justru lebih berharap untuk mendapatkan berita maupun posting berharga dari teman dekat maupun keluarga.

ADVERTISEMENT

5. Orang Lain Justru Mengganggu

Sudah perlu dihitung lagi jumlah pengguna Facebook yang kesal dengan request atau undangan game yang dikirim oleh orang lain. Bahkan pada tahun 2014, 2000 orang ditanya mengenai alasan mereka memutus pertemanan di Facebook. Ini dia hasilnya:

Di antara kelima alasan tersebut, pasti kamu merasa bahwa beberapa orang yang berteman dengan Facebook memiliki kecenderungan seperti itu. Hapus mereka sekarang juga!

Bagaimana? Masuk akal bukan untuk menghapus hubungan pertemanan kamu di Facebook? Jika kamu punya pertanyaan maupun saran, jangan sungkan-sungkan untuk berpendapat di kolom komentar di bawah ini ya.

Sumber: Makeuseof

Facebook 259.0.0.36.115
Apps Social & Messaging Facebook, Inc.
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT

Hentikan 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Kuota Kamu JEBOL

Akhirnya Game Counter Strike Dapat Dimainkan Di Dunia Nyata!

Inilah 5 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N

10 Smartphone Terbaik Harga 2 Jutaan Maret 2016

APPS TERKAIT
Facebook Messenger 2.1
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Free Basics by Facebook 6.0
Apps Facebook, Inc.
Video Download for Facebook 2.2.3
Apps XCS Technologies
undefined
Kembali Keatas