Alasan Mengapa RAM Berpengaruh Pada Performa Komputer

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 12 Agustus 2014, 14:00
Setiap sistem operasi memiliki caranya sendiri dalam mengatur memori, dan berikut penggunaan RAM dalam konteks di Windows 7

Memiliki komputer dengan kapasitas RAM yang cukup besar tentunya berharap akan meningkatkan performa dan kecepatan komputer itu sendiri. Tetapi apakah dengan banyaknya memori yang digunakan, tetap membuat komputer lebih cepat? Berikut penjelasan singkat mengenai alasan mengapa RAM berpengaruh pada performa komputer.

Setiap sistem operasi memiliki caranya sendiri dalam mengatur memori, dan berikut penggunaan RAM dalam konteks di Windows 7. Di bawah ini adalah contoh komputer dengan kapasitas RAM 24 GB. Walaupun hanya 7 GB yang dialokasikan sebagai In Use memori, sisa 10 GB dialokasikan sebagai standby memory dan termasuk data yang digunakan sebagai cache. Free memory berarti sedang tidak digunakan untuk apapun pada saat tersebut. Berikut contoh dalam bentuk screenshot.

[list] [li]Availaible memori termasuk Standby dan Free[/li] [li]Cached memori termasuk Standby dan Modified[/li] [li]Total memori adalah semua memori kecuali yang digunakan oleh sistem.[/li] [/list]

Jadi besar RAM tersebut sebenarnya lebih berpengaruh pada banyaknya ruang kosong yang bisa digunakan untuk proses yang berjalan. Jika kamu penasaran dengan detail dari proses yang berjalan di sistem kamu, bisa [url=download/256/process-explorer]download process explorer[/url] disini dan download software gratis lainnya di Jalantikus.

Process Explorer 16.04
Apps Productivity Microsoft SysInternals
DOWNLOAD
undefined
Kembali Keatas