Apa Itu Akun Alter Twitter? Banyak Akun 21+ dan Berbahaya!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 23 July 2020, 09:00
Akun alter Twitter adalah akun kedua yang berbeda dengan akun pribadi. Berikut ini adalah penjelasan lengkap apa itu akun alter Twitter

Media sosial sudah jadi gaya hidup sehari-hari bagi hampir semua orang.

Berbagai macam media sosial pasti dimiliki oleh seseorang, bahkan ada yang memiliki dua akun.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, gak jarang orang-orang memiliki lebih dari satu akun, apakah kamu juga termasuk, geng?

Jika berbicara tentang Twitter, saat ini memang Twitter menjadi media sosial yang banyak digunakan dan memiliki bahasa atau istilahnya sendiri.

Twitter misalnya, memiliki beberapa istilah yang mungkin hanya dimengerti oleh penggunanya. Salah satunya, akun alter Twitter.

Akun Alter Twitter? Ini arti sebenarnya!

Feneomena akun alter dikalangan anak muda sangatlah menarik untuk dibahas. Sudah lama terjadi dan baru-baru ini kembali mencuat bak gunung es yang tengah mencair.

Akun alter bukanlah fenomena yang baru di media sosial. Sejak zaman Facebook ada, tren akun alter sudah berkembang. Hanya saja akhir-akhir di media sosial Twitter lebih banyak bermunculan akun alter.

ADVERTISEMENT

Lalu seperti apa akun alter tersebut? Simak penjelasan Jaka tentang akun alter Twitter di bawah ini ya, geng.

1. Akun Alter Adalah Akun Samaran?

Akun alter merupakan akun yang dimiliki seseorang dan mencerminkan sisi personalitas lain daripada yang ia bangun dan dikenal oleh banyak orang.

Sebuah dunia yang berisi akun-akun anonim atau akun yang menampilkan sisi lain dari penggunanya.

Akun alter merupakan sisi atau identitas lain dari seseorang. Sesuai dengan artinya, alter berarti mengubah karakter atau komposisi dengan cara yang kecil namun berdapampak besar.

Dengan fungsi media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain secara luas dan memamerkan aktivitas sehari-hari, banyak orang tidak bisa menjadi dirinya sendiri di platform tersebut.

Mungkin mereka menghindari banyak pertanyaan ataupun cibiran di media sosial ketika mereka memperlihatkan jati diri yang sebenarnya di dunia maya. Maka dari itu, gak heran muncullah tren akun alter di media sosial.

Jika kita telaah lebih dalam, Alter berarti seperti perubahan identitas. Karena biasanya akun alter tidak akan menampilkan fakta sesungguhnya tentang identitas asli pemiliknya. Hampir seperti dua akun yang berbeda.

Akun alter juga dibuat untuk sebuah perbedaan karakter. Biasanya antara akun asli dan alter akan terlihat sangat jelas perbedaan dari si pemiliknya. Disatu sisi, akun utama selalu menampilkan image yang bagus terhadap publik, tapi di akun alter, semua luapan emosi bagaikan kapal pecah.

2. Awal Mula Akun Alter

Berasal dari kata Alter Ego, istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan akun yang difungsikan untuk menunjukkan sisi lain dari pemilik akun.

Dimana biasanya ia lebih menunjukkan sisi asli nya dibandingkan sisi yang ia tunjukkan di akun pribadi.

Tren akun alter diisi dengan konten tentang hobi, kesenangan, opini seseorang, dan masih banyak lagi.

Ada yang memamerkan hasil foto dari hobi motretnya, memposting puisi buatan sendiri, ataupun hanya sekedar menyampaikan keresahan di media sosial.

3. Tujuan Akun Alter

Tujuan dibuat akun tersebut adalah untuk julid, follow akun apa pun, dan di-follow akun apa pun.

Menggunakan akun alter juga dapat memudahkan kamu menemukan circle yang cocok. Kamu bisa dengan mudah menemukan beberapa individu yang sepemaham dengan apa yang kamu sukai atau yakini.

Biasanya, seseorang membuat akun alter agar semua update-an yang ia posting nggak diketahui oleh orang lain karena akan menajdi sosok anonim. Sebagian orang mengaku memiliki akun alter lebih bisa mengekspresikan isi hati sendiri tanpa takut dicibir oleh teman dan orang lain.

Ciri dari akun alter sendiri adalah nama akun dan gambar profil sudah pasti tidak mencirikan sama sekali identitas diri mereka masing-masing.

4. Akun Alter Twitter

Kalo kalian pengguna twitter yang udah lama pasti gak asing sama yang namanya akun alter.

Bagi yang belum tau, akun alter adalah second account yang biasanya digunain orang-orang untuk nunjukkin sisi lain diri dia yang sebenarnya di Twitter.

Twitter memiliki banyak circle khusus untuk orang-orang yang memiliki ketertarikan pada hal serupa.

Circle khusus pada media sosial Twitter seperti fan account; akun khusus untuk meng-hype artis atau selebriti kesukaan, cyber account; yang biasanya disebut sebagai akun suka-suka , serta alter account (akun alter) dan roleplay account.

Yang menarik adalah akun alter Twitter. Akun alter Twitter adalah akun yang sering digunakan sebagai tempat ngeluh atau menceritakan keluh kesah hidup dia yang sebenarnya.

Akun alter Twitter juga bisa jadi tempat buat di 'nakal'. Biasanya, user alter account gak menggunakan foto asli mereka.

5. Ciri Akun Alter Twitter

Akun alter Twitter biasanya memiliki cirinya tersendiri. Ciri-ciri ini bisa kamu ketahui dengan memperhatikan beberapa hal ini.

6. Contoh Akun Alter Twitter

Dapat dilihat dari salah satu akun alter Twitter ini. Foto profil bukan menggunakan foto asli, bio yang nggak ada deskripsi tentang informasi dirinya. Akun ini merupakan akun alter Twitter karena merahasiakan identitas asli pemilik akun.

Nama akun ini Jaka sensor ya, geng. Karena akun alter gak banyak diketahui orang, dan jika gak disensor bukan akun alter lagi namanya.

7. Bahaya Akun Alter

Anonimitas gak cuma menyembunyikan identitas pribadi, tetapi juga menyembunyikan sifat dan kepribadian yang dimiliki orang anonim.

Karena itu, melindungi diri kita (bahkan perasaan kita) dari anonimitas yang sangat terhubung ini tidak mungkin.

Meski akun alter hanya sebuah tempat keluh kesah, atau mungkin menyuarakan beban pikiran, jika bertemu dengan orang dengan kondisi sama hal itu bisa menjadi semakin buruk. Kamu harus tetap berhati-hati jika memiliki akun alter, geng.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan mengenai akun alter Twitter dari Jaka. Ternyata akun kedua ini bisa jadi akun alter ya, geng.

Share pendapat kamu di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Sosmed atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT

5 Macam Modus Penipuan di Twitter, Jangan Sampai Tertipu!

Kembali Keatas