7 Adegan Film Paling Ikonik dan Terkenal, Lebih Terkenal dari Filmnya!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 28 Agustus 2019, 10:00
Terkadang, sebuah film bisa memiliki sebuah adegan yang sangat ikonik, bahkan lebih terkenal dibandingkan film itu sendiri. Adegan apa saja, ya?

Kalau kamu adalah seorang pecinta film, pasti ada salah satu judul film yang mengena banget di hati kamu. Entah karena ceritanya yang bagus atau adegan ikonik yang selalu kamu ingat.

Terkadang, suatu film memiliki adegan-adegan tertentu yang sangat memorable, bahkan terkadang lebih terkenal daripada cerita film tersebut.

Kamu bisa menebak judul sebuah film hanya dari melihat adegan yang ikonik di film tersebut meskipun belum pernah menonton filmnya.

7 Adegan Film Paling Ikonik dan Terkenal

Nggak semua adegan ikonik dan terkenal dari sebuah film memiliki peran penting dalam plot. Terkadang, adegan tersebut merupakan adegan yang simpel namun terus diingat oleh banyak orang.

Apakah kamu penasaran, geng? Tanpa panjang lebar, berikut adalah 7 adegan film paling ikonik dan terkenal. Check it out!

1. Adegan Mandi di Film Psycho (1960)

Psycho adalah sebuah film thriller yang dirilis pada tahun 1960. Film ini mengangkat plot seputar pembunuh berantai dan kepribadian ganda, geng.

Meskipun Psycho adalah film jadul, banyak orang yang sudah familiar banget dengan adegan mandi di shower dalam film Psycho.

ADVERTISEMENT

Karena masih memiliki gambar hitam putih, sang sutradara, Alfred Hitchcock, mengakali penonton dengan menggunakan sirup cokelat sebagai pengganti darah, geng.

Pada era 1960-an film yang menunjukkan darah dengan eksplisit merupakan suatu hal yang ekstrim sehingga film Psycho sangat mengejutkan para penontonnya.

2. Adegan di Haluan Kapal dalam Film Titanic (1997)

Titanic merupakan sebuah film drama legendaris yang menceritakan tentang kisah cinta Jack dan Rose yang berlatar belakang tenggelamnya kapal Titanic.

Banyak banget adegan ikonik dan terkenal di dalam film ini. Contohnya ketika Jack berteriak "I'm the king of the world" atau ketika Jack melukis tubuh Rose.

Namun, ada 1 adegan yang sangat populer dari film Titanic, yaitu ketika Jack memeluk tubuh Rose dari belakang di haluan kapal sambil diiringi musik instrumental "My Heart will Go On".

Saking populernya adegan ini, banyak orang yang langsung teringat dengan adegan ini setiap kali mendengar lagu yang dinyanyikan oleh Celine Dion tersebut.

3. Adegan "No, I am Your Father" dalam Star Wars Episode V (1980)

Siapa di sini yang suka banget dengan franchise Star Wars? Serial film Sci-Fi yang saat ini sedang dalam masa produksi film ke-9 terdiri atas 3 trilogi, geng.

Dalam salah satu film dari trilogi orisinalnya, yakni Star Wars: Episode V - The Empire Strikes Back, terdapat salah satu adegan film paling ikonik sepanjang masa.

Disaat hampir kalah bertarung, Luke menuduh Darth Vader sebagai pembunuh ayahnya, Anakin. Namun, tak disangka, Darth Vader berkata "No, i am your father".

Adegan ini merupakan salah satu plot twist paling epik dalam sejarah film, geng. Nggak heran kalau adegan ini merupakan salah satu adegan film paling ikonik.

4. Adegan Menghentikan Peluru di The Matrix (1999)

Kalau kamu memiliki masa kecil di awal tahun 2000-an, pasti kamu pernah meniru salah satu adegan dari film Action Sci-Fi satu ini.

Dalam film The Matrix, terdapat beberapa adegan ikonik yang sangat memorable buat orang tua kita dan juga generasi 90-an.

Salah satunya adalah ketika Neo yang diperankan oleh Keanu Reeves menghentikan ratusan peluru dengan hanya mengulurkan tangannya ke depan.

Ada juga adegan ikonik di mana Neo menghindari peluru-peluru dengan menekuk tubuhnya ke belakang dalam gerakan lambat. Pokoknya kece banget, deh!

5. Adegan "Chest-Burster" film Alien (1979)

Nggak cuma memiliki monster paling ikonik dalam sejarah film, Alien juga memiliki salah satu adegan paling terkenal dalam sejarah film.

Adegan di mana bayi alien yang disebut Chest-Burster tersebut keluar secara tiba-tiba dari dada seorang pria terlihat sangat nyata, geng.

Bahkan ekspresi para aktor yang melihat juga sangat kaget dan ketakutan. Isunya, sih, para aktor nggak tahu kalau bakal ada alien yang keluar dari dada pria tersebut.

6. Adegan "Wingardium Leviosa" dalam Harry Potter: The Sorcerer's Stone (2001)

Harry Potter adalah salah satu franchise film berlatar dunia sihir yang paling populer di dunia. Banyak banget momen ikonik dalam film satu ini, geng.

Namun, terdapat 1 adegan yang sampai sekarang masih diingat oleh para penontonnya meskipun film ini sudah berumur 18 tahun.

Adegan ketika Hermione mengajari cara pelafalan "Wingardium Leviosa" kepada Ron menjadi salah satu scene paling terkenal dari film satu ini.

Kamu juga dapat melihat bagaimana kepribadian kedua karakter tersebut sangat berbeda namun akhirnya bisa akrab sebagai teman dan akhirnya menikah, geng.

7. Adegan Samara Keluar dari Layar dalam film The Ring (2002)

Kalau kamu adalah penggemar film horor, pasti kamu sudah tidak asing dengan film horor satu ini. The Ring adalah salah satu film horor reboot dari film horor Jepang berjudul Ring.

Dalam film The Ring produksi Amerika Serikat, terdapat adegan menyeramkan yang mengingatnya saja sudah bikin kamu merinding.

Adegan di mana hantu yang bernama Samara merangkak keluar secara perlahan dari TV dan membunuh korbannya bikin Jaka ngacir ketika pertama kali menontonnya.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 adegan film paling ikonik dan terkenal. Adegan film manakah yang membuat kamu langsung teringat dengan suatu film tanpa perlu menontonnya?

Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

10 Adegan Paling Tragis Sepanjang Sejarah Video Game

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Game dengan Adegan 18+ Paling Hot, Yakin Tutup Mata?

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

5 Pemain Film yang Nyaris Meregang Nyawa Karena Adegan Berbahaya

6 Adegan yang Dihapus dari Film Avengers: Endgame, Mengubah Jalan Cerita?

Kembali Keatas