6 Tips Merawat LCD Laptop

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 19 December 2012, 15:49

LCD laptop merupakan salah satu komponen yang cukup mahal apabila diperlukan penggantian karena kerusakan. LCD Laptop rusak dapat disebabkan berbagai faktor. Bisa jadi memang ada kerusakan dari pabrik/ cacat produksi atau faktor kelalaian penggunanya, yaitu dari cara penggunaan dan perawatan laptop.

Masalah kerusakan yang sering ditemukan pada LCD laptop adalah tampilan bergaris, tampilan bergetar, warna kurang tajam, atau bahkan lampu layar yang mati. Sebagian besar kerusakan LCD sulit diperbaiki dan harus dilakukan penggantian komponen.

Sebagian kerusakan LCD laptop disebabkan kerusakan pada modul VGA seperti VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan inverter. Kerusakan seperti ini merupakan faktor cacat produksi/ kerusakan dari pabrik.

Faktor lain yang juga banyak menyebabkan kerusakan layar LCD laptop adalah cara penggunaan dan perawatan LCD laptop yang kurang benar. Daya tahan laptop tidak sama dengan desktop PC yang kuat dinyalakan seharian. Apabila dinyalakan terlalu lama, laptop dapat mengalami overheat meskipun laptop memiliki sistem pendinginnya. Panas berlebih pada laptop dapat menyebabkan kerusakan laptop, salah satunya adalah kerusakan pada layar LCD laptop.

  Tips Merawat LCD Laptop agar Awet [list] [li]Bersihkan LCD laptop secara berkala menggunakan cairan pembersih LCD laptop.

[/li] [li]Jangan menggunakan laptop selama 3 jam terus menerus tanpa jeda. Istirahatkan laptop selama 10-15 menit setiap beberapa jam.[/li] [li]Gunakan cooling pad untuk penggunaan jangka waktu lama agar laptop tidak mengalami overheat. Usahakan untuk menggunakan cooling pad yang memiliki adaptor sendiri, bukan yang terhubung ke USB laptop.[/li] [li]Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows.[/li] [li]Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.[/li] [li]Buka dan tutup LCD laptop dengan benar yaitu dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.[/li] [/list]  

Punya Tips Merawat LCD Laptop lainnya? Silakan share disini.

Kembali Keatas