5 Aplikasi Kamera Yang Mendukung Format RAW di Android

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 03 Mei 2018, 07:00
Tidak semua smartphone Android dibekali kamera yang mampu mengambil foto dengan format RAW. Nah, ini dia 5 aplikasi kamera yang mendukung format RAW di Android.

Sekarang, mulai bermunculan smartphone yang dibekali kamera dengan kemampuan untuk menghasilkan foto dengan format RAW. Seperti diketahui, hasil foto dengan format RAW memiliki lebih banyak keunggulan saat akan diolah, dibandingkan format JPEG. Namun, tidak semua smartphone Android dibekali kamera yang mampu mengambil foto dengan format RAW. Nah, ini dia 5 aplikasi kamera yang mendukung format RAW di Android.

BACA JUGA
  • 12 Aplikasi Kamera Tembus Pandang Android Terbaik, Beneran Bisa Dipakai Scanning?
  • Doyan Selfie? Aplikasi Ini Bisa Bikin Foto Selfie Kamu Makin Cakep
  • 4 Aplikasi Kamera Android Terbaik untuk Edit Foto

Kenapa tidak semua smartphone Android dibekali kemampuan ini? Karena format RAW membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya, selain itu karena mata pengguna biasa akan merasa hasil foto dengan format JPEG pun sudah cukup bagus.

5 Aplikasi Kamera Yang Mendukung Format RAW di Android

1. Camera FV-5

Dengan Camera FV-5, kamu akan dihadapkan pada permukaan kontrol yang nampak seperti kamera DSLR. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan menemukan kontrol manual kamera. Berbeda dengan aplikasi Camera 360 yang menyediakan banyak mode pengambilan gambar agar mudah, Camera FV-5 hanya menyediakan opsi pengaturan manual, sehingga kamu lebih leluasa dalam mengaturnya agar dapat menghasilkan foto yang baik.

Camera FV-5 3.0
Apps Photo & Imaging FlavioNet
DOWNLOAD

Tersedia 2 versi dari aplikasi ini, yaitu Lite dan Pro seharga Rp 49.560,-. Pada versi Pro, kamu akan mendapatkan fitur yang memungkinkan kamu untuk menghasilkan foto dalam format RAW.

2. AZ Camera - Manual Pro Cam

Hampir sama dengan Camera FV-5, aplikasi juga menyediakan pengaturan manual untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Yang membedakan adalah AZ Camera menyediakan fitur gambar RAW secara gratis. Meski demikian, dengan melakukan upgrade ke versi Pro via aplikasinya, kamu bisa mendapatkan fitur unlimited merekam video, live histogram, dan lain sebagainya.

AZ Camera - Manual Pro Cam 2.2
Apps Photo & Imaging Hecorat Camera
DOWNLOAD

3. A Better Camera

Bisa dibilang, A Better Camera memang aplikasi kamera terbaik di Android. Aplikasi kamera ini menyediakan beragam mode pengambilan gambar yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Meski tersedia versi gratis, dengan membayar versi Pro, kamu akan mendapatkan banyak fitur tambahan. Sangat disayangkan fitur gambar RAW hanya mendukung beberapa perangkat. Di luar itu, A Better Camera sangat mumpuni untuk digunakan berkat mode seperti Pre-shot, HDR+, Night Mode, high-res panoramas, object removal, dan lain sebagainya.

A Better Camera 3.23
Apps Photo & Imaging Almalence
DOWNLOAD

4. Mi2raw Camera

Selanjutnya adalah Mi2raw yang benar-benar bekerja dengan baik untuk menghasilkan foto RAW. Aplikasi ini gratis, namun sayangnya hanya beberapa perangkat Android yang mendukungnya, seperti Xiaomi Mi2, Mi3, LG G2, dan OnePlus One. Jika smartphone kamu tidak didukungnya, lebih baik jangan menginstalnya, karena tidak akan bisa dibuka.

Mi2raw Camera 2.3
Apps Photo & Imaging MaGin
DOWNLOAD

5. Manual Camera

Manual Camera hampir sama dengan nomer 1 dan 2, sesuai namanya aplikasi ini akan memberikan kamu pengalaman dalam menggunakan mode manual di kamera. Sehingga kamu akan dihadapkan dengan tampilan kontrol seperti pada kamera DSLR. Namun, aplikasi ini juga sama dengan nomer 3 dan 4, dimana aplikasi ini hanya mendukung perangkat yang didukungnya saja. Unuk mengetahui smartphone kamu mendukung Manual Camera atau tidak, kamu bisa menginstal Manual Camera Compatibility.

ADVERTISEMENT
Manual Camera 3.5
Apps Photo & Imaging Geeky Devs Studio
DOWNLOAD
Manual Camera Compatibility 2.4
Apps Photo & Imaging Geeky Devs Studio
DOWNLOAD

Foto dengan format RAW bisa dibilang sebagai file murni, jadi nantinya kamu bisa menyimpan dan memprosesnya sesuai kehendak di masa depan. Ingat dulu saat masih jaman film? Mungkin kamu kenal dengan klise/negatif sebuah foto yang penting supaya bisa dicetak lagi, lagi, dan lagi. Nah file RAW bisa diasumsikan seperti klise/negatif sebuah foto.

Jadi, ayo biasakan membuat file RAW dari setiap foto moment penting di keseharian kamu!

ARTIKEL TERKAIT

4 Aplikasi Keren Untuk Menghemat Baterai Android Kamu

5 Smartwatch dan Smartband Paling MURAH Harga Mulai Rp 200 Ribuan

Cara UNLOCK Modem Bolt Orion MoviMax MV1

5 Teknologi yang Pasti Membuat Kamu Tampil Beda

APPS TERKAIT
Camera FV-5 3.0
Apps FlavioNet
A Better Camera 3.23
Apps Almalence
Cymera - Camera & Photo Editor 4.0.1
Apps SK Communications
Camera360 Ultimate
Apps PINGUO Inc
undefined
Kembali Keatas