4 Hal yang WAJIB Dilakukan oleh Seluruh Pengguna Windows 10

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 09 Juni 2016, 16:00
Dalam artikel ini kita akan mengupas tuntas hal yang wajib dilakukan seluruh pengguna Windows 10. Apa saja ya?

Semua orang pasti tahu bahwa Windows 10 diciptakan atas nama kecepatan. Sistem operasi dengan start-up kilat ini mendewakan efisiensi. Tapi bagaimana dengan newbie? Tentu saja dengan perubahan interface yang cukup drastis dari versi sebelumnya alih-alih membuat hidup kita lebih mudah, yang ada malah sebaliknya, sangat mengganggu.

Dalam artikel ini kita akan mengupas tuntas hal yang wajib dilakukan seluruh pengguna Windows 10. Jaka akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan Windows 10 start-up dan performa keseluruhan; mengaktifkan GodMode untuk mengakses semua PC setting dalam satu tempat; membuang aplikasi Pre-Installed yang tidak dibutuhkan; dan membuat Windows 10 lebih cepat di PC lama.

Well, itu hanyalah teorinya. Praktiknya? Seperti biasa, it s easier said than done! Namun tak perlu khawatir, guys! Jaka akan membeberkan trik yang membuat Windows 10 lebih optimal dalam waktu kurang dari 20 menit!

BACA JUGA
  • Buruan Upgrade! Gratisan Windows 10 Gak Sampai 2 Bulan Lagi
  • 5 Fitur Paling Mengganggu yang Dimiliki Windows 10
  • Cara Mengubah Logon Screen di Windows 10

4 Hal yang WAJIB Dilakukan oleh Seluruh Pengguna Windows 10

1. Start up PC lebih cepat

Windows 10 memang mempunyai start-up lebih cepat dibanding pendahulunya. Tapi jika kita tetap menggunakan pengaturan default, maka kita telah melewatkan kesempatan untuk menikmati start-up yang bahkan lebih kilat lagi.

Untuk Mengaktifkan opsi Windows 10 fast start-up **, klik **Start > Power > lalu pilih Power Option. Di dalam jendela baru yang muncul klik ** Choose what the power buttons do ** lalu ** Change settings that are currently unavailable **. Di bawah tab ** Shut-down setting **, centang ** Turn on fast start-up (recommended) **, lalu klik 'Save changes'.

2. Temukan pengaturan tersembunyi dengan mengaktifkan fitur GodMode

Setting menu di Windows 10 memang lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan Control Panel di Windows 7 atau PC Setting di Windows 8. Namun jika kita tidak yakin dengan menu apa yang kita butuhkan atau dimana kira-kira menu tersebut berada, maka kita hanya akan keliling kesana-kemari untuk menemukan setting menu yang kita cari.

GodMode adalah folder tersembunyi dimana kita bisa menemukan semua setting menu yang cukup krusial dalam satu tempat. Sebenarnya fitur ini bukanlah hal baru, namun fitur ini sangat terasa kegunaannya di Windows 10.

Mengaktifkan GodMode sebenarnya membutuhkan hack sederhana. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel cara masuk God Mode pada Windows 10.

ADVERTISEMENT

3. Membuang aplikasi Pre-Installed yang tidak dibutuhkan

Hampir sistem operasi dan manufaktur PC dewasa ini mempunyai software bawaan yang bahkan mungkin tidak akan pernah kita gunakan. Hal ini juga berlaku untuk Windows 10. Software bawaan yang mungkin tidak diperlukan ini tidak hanya memakan space storage kita, namun juga menambah beban kinerja hardware PC.

Kita bisa membuang software bawaan ini dengan meng-unistall satu per satu melalui control panel. Namun itu akan memakan waktu yang panjang dan merepotkan. Malah mungkin ada beberapa aplikasi tidak bisa di-uninstall. Hal itu akan sangat menyebalkan, bukan?

Sebenarnya ada Powershell Command yang berfungsi untuk meng-uninstall aplikasi bawaan dari Windows 10 dalam satu langkah mudah. Namun langkah ini bukan tanpa resiko, cara ini bisa membuang aplikasi yang cukup berguna seperti Windows Store. Selain itu kita juga akan kesulitan untuk install ulang aplikasi yang mungkin saja kita butuhkan di lain waktu.

Maka dari itu Jaka merekomendasikan software gratis bernama [10AppsManager] yang mana bisa menghapus aplikasi bawaan Windows 10 dengan aman. Sebelum memulai menggunakan software ini, ada baiknya jika kita membuat system restore point untuk sekedar berjaga-jaga apabila ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada PC kita. Setelah kita menjalankan sofware ini, kita bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin kita uninstall sekaligus kita bisa meng-install ulang aplikasi tersebut.

4. Membuat Windows 10 lebih cepat di PC lama

Windows 10 memang terkenal sangat responsive, namun jika kita menggunakannya di PC dengan low-end hardware maka kita tidak akan mendapatkan kecepatan yang kita harapkan. Untungnya, kita bisa mengoptimalkan Windows 10 dengan cara sebagai berikut:

Semoga langkah-langkah sederhana di atas bisa membuat kinerja Windows 10 teman-teman lebih optimal lagi. Pastikan tinggalkan komentar di bawah ya, guys!

ARTIKEL TERKAIT

Sejarah Transformasi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

GAWAT, Update Terbaru Windows 10 Dapat Menghapus Software Penting Secara Diam-Diam!

Kenapa Harus Ada Kuota, Bukannya Unlimited? Ini Dia Penjelasannya!

Cek Jari Kelingking Kamu! Kalau Bengkok, Berarti Kamu Keseringan Chatting

Diundang Masuk Grup Facebook 'Aneh'? Ini Dia Solusinya

Cara Menginstal Emoji iPhone di Smartphone Android

17 Aplikasi Android untuk Hasilkan Uang Banyak dengan Smartphone Kamu

Cara Mengembalikan Game Bawaan Windows 7 di Windows 10

APPS TERKAIT
Windows 7 Logon Branding Changer Free
Apps MyJuman
Windows 7 Logon Background Changer 1.5.2.0
Apps Julien Manici
Windows 10 Enterprise (32bit) Final Trial
Apps Microsoft Corporation
Windows 10 Skin Pack 7.0
Apps Skin Pack
undefined
Kembali Keatas