11 Teknologi yang Akan Bersinar Pada Tahun 2015 Menurut Peter Diamandis

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Tuesday, 20 January 2015, 14:59
Berikut ini merupakan 11 teknologi paling ditunggu-tunggu yang akan membuat tahun 2015 kamu menjadi tahun yang pastinya keren.

Tahun 2015 telah tiba dan apabila kamu kira bahwa 2014 kemarin merupakan tahun yang menakjubkan bagi teknologi-teknologi baru, mari kita sambut tahun ini yang sepertinya akan lebih gila lagi dan dipenuhi dengan teknologi yang dulu hanya ada di cerita fiksi. Berikut ini merupakan 11 teknologi paling ditunggu-tunggu yang akan membuat tahun 2015 kamu menjadi tahun yang pastinya keren.

11 list ini disusun oleh Peter Diamandis, yaitu seorang co-founder dan executive chairman dari Singularity University dan X PRIZE Foundation, dan teknologi-teknologi tersebut ialah:

Virtual reality

teknologi ini memang sudah hadir di publik sejak beberapa tahun yang lalu seiring dengan perkembangan 3 dimensi yang semakin nyata. Nah, di tahun 2015 diyakini bahwa teknologi tersebut akan semakin mendapatkan banyak support dan pengembang yang terlibat pun akan semakin banyak. Tidak hanya dalam bidang video game dengan maskot devicenya yaitu Oculus Rift, namun juga akan merambah segi simulator, kamera 360 derajat, dan lain sebagainya.

Mass-market robot

Pada 2014 saja Google telah berhasil mengakuisisi 8 perusahaan robot, dan tinggal kita nantikan saja bagaimana di tahun ini robot-robot tersebut akan hadir di tengah-tengah kegiatan kita sehari-hari, mulai dari pelayan toko hingga asisten pribadi rumah tangga. Jangan lupakan pula startup-startup lainnya yang bisa saja menyita perhatian publik.

Autonomous vehicles

Seperti pernah dibahas melalui artikel-artikel sebelumnya, 2015 tampaknya akan mulai bermunculan mobil yang berkendara secara otomatis secara publik dan mungkin juga akan mulai dijual ke pasaran. Pada perhelatan CES sendiri, perusahaan besar seperti Mercedes akan menunjukkan konsep mobil yang dapat berkendara sendiri dengan jok penumpang yang saling berhadapan.

Drones

Pada 2014 saja drone sudah menjadi primadona, apalagi di tahun 2015 dengan semakin murah, otomatis, dan teknologi yang mudah untuk dikendalikan. Rentang harga yang ditawarkan pun semakin luas dari tahun ke tahun, mulai dari USD 20 bahkan hingga lebih dari USD 1000 yang tersedia secara luas di pasaran.

Wireless power

Udah gak jaman lagi nge-charge smartphone melalui kabel yang menyusahkan dan tidak praktis. Perusahaan seperti uBeam, Ossia, dan lainnya telah menemukan cara yang praktis untuk men-charge ponsel kamu secara efisien. Tidak seperti teknologi konvensional yang membutuhkan kabel atau charging mat yang membatasi ruang gerak kamu, perusahaan-perusahaan tersebut telah menemukan inovasi bagaimana mengisis baterai ponsel kamu bahkan saat berada di kantung celana, tas, dan ketika kamu berkeliling di dalam rumah.

Data & machine learning

Dengan melihat situasi tahun 2014 saja ketika perusahaan-perusahaan seperti Uber dan Airbnb yang meraih kesuksesan, maka pantaslah bahwa kini era data kolektif memasuki tahap selanjutnya. Perusahaan dengan orientasi pengumpulan data atau penambangan data kini mendapatkan perhatian lebih karena semakin banyak pihak yang menyadari bahwa pengumpulan data untuk pengembangan algoritma tertentu sangat dibutuhkan di era internet seperti sekarang.

Large-scale genome and data mining

Manusia selalu mencari cara dalam membuat hidupnya lebih baik. Termasuk dalam rencana jangka panjangnya ialah dengan bagaimana membuat urutan genome manusia dan membuat umur manusia menjadi lebih panjang. Pada tahun 2015 kita akan melihat bahwa penelitian dalam bidang ini akan menujukkan peningkatan yang signifikan dan penambahan umur manusia menjadi 30 hingga 40 tahun lebih lama akan semakin menemui titik cerah.

Sensor explosion

Di tahun 2015 beberapa device akan semakin berkembang. Bagaimana tidak, di tahun kemarin saja kita sudah menjumpai banyak sekali device termasuk wearable tentu saja- yang dapat diakses dengan berbagai macam cara. Bukan tidak mungkin pada tahun ini semua itu akan lebih canggih lagi dan kombinasi antara sensor dan wearable akan semakin luas dengan konektivitas yang beragam.

Voice-control and language-independent interaction

Masih ingat dengan Cortana, Siri, Google Now, dan aplikasi semacam lainnya? Mereka semua merupakan aplikasi yang akan menggantikan jari kamu dalam menggunakan suatu perangkat. Selain itu, Skype juga telah membuat inovasi baru dalam translasi suara dengan fitur real-time nya bernama Skype Translate. Bukan tidak mungkin 2015 ini voice command akan semakin luas digunakan di berbagai perangkat elektronik.

3D Printing

Seiring dengan semakin murah, mudah diakses, dan mudah digunakannya perangkat-perangkat penunjang 3D printing, maka sudah dipastikan bahwa 2015 akan dipenuhi oleh produk-produk hasil dari teknologi canggih tersebut. Apabila pada tiga tahun lalu firma yang berkecimpung dalam dunia 3D printing dan hadir di CES hanya ada dua, tahun ini hampir dipastikan akan ada lebih dari 24 firma. Dulu kamu hanya dapat melihat produk 3D dalam bentuk benda keras saja, kini bahkan sudah ada 3D printer khusus pembuat makanan. Gokil!

Bitcoin

Apa kabar Bitcoin? Cyptocurrency pada tahun 2014 mengalami situasi yang berat memang. Fluktuasi yang sangat drastis dan mendadak membuat beberapa pengguna dari mata uang digital ini kalang kabut. Akan tetapi, masih banyak pihak yang optimis dengan masa depan Bitcoin dan berusaha untuk membuat akses terhadap mata uang tersebut lebih mudah. Dari ATM bahkan hingga transaksi di Microsoft sudah dapat kamu lakukan menggunakan Bitcoin.
Airbnb 3.4.0
Apps Social & Messaging Airbnb, Inc.
DOWNLOAD
Skype for Android 7.37.99.40
Apps Social & Messaging Skype Technologies
DOWNLOAD
Kembali Keatas