10 Negara Paling Bahagia di Dunia Terbaru | Indonesia Masuk Daftar Gak Ya?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 15 April 2021, 10:00
Negara paling bahagia di dunia terbaru di tahun 2021 ini dikeluarkan oleh PBB. Negara mana saja yang sukses masuk ke dalamnya?

Bagaimana cara mengukur kebahagiaan? Sepertinya sulit, ya, untuk mengukur sesuatu yang merupakan hal subjektif dari masing-masing orang.

Namun, berbeda dengan yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menemukan cara mengukurnya secara akurat. Hasilnya kemudian dipublikasikan di Laporan Kebahagiaan Dunia tahunan.

Pertama kali diterbitkan pada tahun 2012, laporan tersebut telah dilakukan setiap tahun oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Ukuran yang digunakan saat mensurvei warga di setiap negara anggota PBB antara lain dukungan sosial, kebebasan pribadi dan sipil, harapan hidup, pendapatan per kapita, dan tingkat korupsi. Melansir dari Euronews berikut daftar negara paling bahagia di dunia.

1. Finlandia

Dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia selama empat tahun berturut-turut, Finlandia sepertinya telah memecahkan rahasia untuk menjadi bahagia.

Fakta bahwa itu adalah negara berpenghasilan tinggi yang sistem pendidikannya membuat iri dunia mungkin ada hubungannya dengan itu.

Seperti halnya budaya perawatan diri di sauna dan kegiatan luar ruangan. Tahun ini, di atas segalanya, kepercayaan pada pemerintah tampaknya berperan besar.

Penulis laporan tersebut mencatat bahwa Finlandia "menempati peringkat sangat tinggi dalam ukuran saling percaya yang telah membantu melindungi kehidupan dan mata pencaharian selama pandemi".

ADVERTISEMENT

2. Islandia

Hanya sedikit yang mengganggu orang Islandia. Di negara kecil di mana gunung berapi aktif dapat meletus kapan saja, 350.000 penduduk Islandia tahu cara bekerja sama di masa sulit.

Itu terjadi setelah krisis keuangan 2007 yang menjerumuskan negara ke dalam krisis, misalnya. Mengingat sifat negaranya, di mana iklimnya sering kali ekstrem dan musim dingin berjalan dengan panjang.

Orang Islandia adalah orang-orang yang tangguh dan ramah dan itu terlihat dalam peringkat kebahagiaan mereka.

3. Denmark

Orang Denmark menempati posisi teratas dalam peringkat kebahagiaan dalam beberapa tahun terakhir, dengan gaya hidup seperti "hygge" yang sekarang diakui secara internasional.

Gaya hidup Denmark telah lama didambakan di seluruh dunia. Sebagai negara yang ramah sepeda, rasa hormat terhadap lingkungan, didukung dengan penduduk wanitanya yang masuk daftar paling cantik di dunia.

Hal yang berperan besar dalam kebahagiaan orang Denmark di antaranya memiliki pekerjaan dengan gaji yang baik, keseimbangan kehidupan kerja yang baik, dan sistem jaminan sosial yang sangat baik.

4. Swiss

Sistem pemerintahan Swiss mungkin merupakan anomali di sebagian besar Eropa, apalagi di dunia. Mereka kerap melakukan referendum pada topik dan masalah-masalah utama.

Swiss adalah negara orang Eropa yang paling lihai secara politik dan sangat terlibat dalam hal partisipasi demokratis.

Memiliki suara besar tentang bagaimana negara dijalankan tampaknya berkorelasi langsung dengan tingkat kebahagiaan rakyatnya. Tinggal di daratan yang tampak seperti dongeng juga tidak ada salahnya.

5. Belanda

Naik satu tempat dari peringkat keenam ke tengah-tengah klasemen negara paling bahagia di dunia, Belanda sama bahagianya seperti sebelumnya.

Tinggal di Belanda, kebahagiaan rakyatnya bisa dimulai sejak muda. Tidak percaya? Hal ini didasarkan oleh laporan yang dibuat oleh UNICEF, Kantor Statistik Belanda, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Hasil serangkaian laporan satu dekade terakhir, semuanya secara konsisten menunjukkan kepuasan hidup yang tinggi di kalangan remaja Belanda.

6. Swedia

Sering diangkat sebagai contoh dan panutan dari model kesejahteraan di kawasan Skandinavia, Swedia memiliki banyak hal untuk dicontoh.

Meskipun peringkatnya lebih rendah dalam survei tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, negara ini masih menjadi salah satu tempat terbaik di dunia.

Baik untuk tinggal, bekerja, dan membesarkan keluarga berkat sistem pendidikan yang bagus dan praktik-praktik terkemuka dunia termasuk cuti bagi orang tua ditambah pengasuhan anak gratis.

7. Jerman

Jerman telah melompati 10 peringkat dalam setahun untuk menjadi bagian baru dalam peringkat 10 besar tahun ini. Apalagi Jerman terlepas dari jerat utang yang besar.

Evaluasi kehidupan yang lebih baik telah meningkat dalam dua survei terakhir dengan keamanan finansial yang lebih baik dan stabilitas keluarga menjadi alasan utamanya.

Setidaknya hingga saat ini, orang Jerman secara umum senang dengan cara para pemimpin negara mereka menangani pandemi. Wah, beda sekali dengan Tanah Air, ya?

8. Norwegia

Norwegia terakhir mengklaim posisi teratas dalam daftar peringkat ini pada tahun 2017 dan terus merosot ke bawah klasemen sejak saat itu.

Namun, orang Norwegia tidak banyak mengeluh tentang evaluasi hidup mereka. Pasalnya, dengan salah satu sistem jaminan sosial terbaik di dunia dan ekonomi yang berkembang, ditambah perkonomian didasarkan pada pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab, berarti secara kolektif banyak orang di negara ini merasa aman dan bahagia.

Tentu saja, tinggal di negara yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, keindahan alam Norwegia yang luar biasa pasti membantu juga peringkat kebahagiaan mereka.

9. Selandia Baru

Satu-satunya negara non-Eropa yang masuk 10 besar, Selandia Baru menilai tinggi secara konsisten untuk kualitas hidup dan keseimbangan kehidupan kerja yang tepat.

Pada tahun lalu, perdana menteri Jacinda Ardern juga dipuji atas penanganan pandemi dengan tindakan cepatnya. Bahkan negara ini masuk ke negara paling aman di dunia yang jadi percontohan negara dengan tingkat bahaya besar lainnya.

Selain itu dirinya dianggap menyelamatkan nyawa penduduk yang tak terhitung jumlahnya dan membantu masyarakat lebih awal daripada bagian dunia lainnya selama pandemi. Duh, bikin iri punya pemimpin negara seperti ini.

10. Austria

Dengan ibukotanya Wina mempertahankan gelar kota paling layak huni di dunia dalam beberapa tahun terakhir, masuk akal bahwa Austria juga akan muncul begitu tinggi di peringkat.

Austria adalah negara berpenghasilan tinggi dengan layanan sosial yang baik dan Austria lebih menghargai gaya hidup dan kebebasan untuk menikmatinya.

Austria juga dianugerahi dengan kelimpahan alam yang indah hingga kemampuan untuk membudidayakan sumber daya alam mereka.

Akhir Kata

Itu dia daftar negara paling bahagia di dunia terbaru pada tahun 2021, bukan kata Jaka, ya, tetapi kata PBB berdasarkan hasil pengukuran yang cukup akurat.

Sayangnya, belum ada negara Asia dalam peringkat 10 besar ini, kira-kira suatu saat apakah Indonesia bisa juga melesat masuk ke dalam daftar ini? Kita doakan saja, ya!

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com.

BACA JUGA

Kumpulan Foto Anak Anggun C Sasmi yang Selama Ini Ditutupi | Menawan Seperti Ibunya!

4 Cara Download Story IG Orang Lain di Android & iPhone, Sekali Klik!

Dwayne Johnson alias The Rock Siap Jadi Presiden AS!

Nonton Film Tenet (2020) Sub Indo | Membalikkan Waktu dalam Genggaman

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

ARTIKEL TERKAIT

75+ Ucapan Ulang Tahun Pernikahan Islami | Langgeng Hingga Jannah!

100+ Kata-Kata Mutiara Pernikahan Paling Romantis, Islami & Menyentuh Hati 2022

7 Rekomendasi Cerita Wattpad Islami | Banyak Kisah Perjodohan!

11 Film Sejarah Islam Terbaik, Tontonan Selama Ramadhan

100+ Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Orang Terkasih, Penuh Harapan!

6 Situs Terbaik untuk Belajar Islam dan Sejarahnya | Insya Allah Terpercaya!

undefined
Kembali Keatas