Dulu Miliarder, Pemilik Siomay Pink Kini Bangkrut dan Kembali Jualan Keliling Pakai Sepeda

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 30 Agustus 2022, 13:50
Hidup memang selalu berputar, itu pula yang dirasakan pemilik Siomay Pink. Dulu miliarder, kini ia harus rela mengayuh sepeda demi berjualan.

Mendengar kisah sukses para miliarder yang merintis usaha dari bawah tentu membuat kita turut senang mendengarnya, misalnya saja cerita pedagang cilok yang jadi miliarder yang pernah dibahas sebelumnya.

Namun, di antara cerita-cerita perubahan nasib yang membahagiakan, tentu ada pula kisah pilu yang membuktikan bahwa hidup itu berputar - kadang di atas, kadang di bawah.

Salah satu fase kehidupan jungkir balik dari menjadi seorang miliarder hingga bangkrut dirasakan oleh Sriyono, pemilik usaha Siomay Pink yang dahulu pernah viral di Indonesia.

Seperti dihimpun dari Merdeka, Sriyono kerap tampil di televisi dan sempat didapuk sebagai maskot car free day.

Sumber foto: Tribunnews

Ia juga telah mematenkan merek Siomay Pink yang sudah tercatat resmi secara negara. Keviralannya saat itu membuat bisnis Sriyono semakin melejit.

Sayang, nikmatnya jadi hartawan harus direlakan oleh Sriyono lantaran ia bangkrut.

Usahanya anjlok karena adanya kesalahan fatal yang menyebabkannya terpaksa menutup cabang usahanya satu demi satu dan kembali turun ke jalanan untuk menjajakan siomay menggunakan sepeda.

Sriyono sendiri telah mengeksplorasi resep yang didapatnya dari Cina dan mulai menjualnya secara keliling di tahun 1980.

ADVERTISEMENT

Namun, rupanya ada kesalahan manajemen yang menyebabkan usahanya itu bangkrut habis-habisan.

"Saya kurang lebih dua tahun yang lalu habis dari Palembang. Karena anak saya kuliah di sana. Ya begitulah ada miss manajemen. Saya menyikapi begini, dalam dunia usaha itu tidak ada yang mustahil. Semua bisa terjadi. Kita bisa berada di titik terendah jika Tuhan menghendaki," jelas Sriyono.

Sebelumnya, pria paruh baya ini memiliki 15 cabang dengan 4 di antaranya merupakan cabang besar - yang akhirnya tutup semua, termasuk 11 cabang kecilnya.

"Saya mulai dari 2010 mulai mengembangkan 2011, sempat sampai 15 titik penjualan pada waktu itu. Sampai berapa tahun kemudian ada kesalahan manajemen. Outlet saya yang besar semuanya tutup," ceritanya.

Harus menutup seluruh cabangnya pada tahun 2017, jelas jika Sriyono merugi hingga miliaran rupiah dalam kurun waktu 6 tahun belakangan.

Kesalahan manajemen tersebut rupanya terjadi akibat penyimpangan yang dilakukan oleh sejumlah pegawainya.

Bukannya kesal dan menyalahkan mereka, Sriyono memilih fokus untuk memperbaiki kesalahan dan merajut usahanya kembali.

Hal tersebut dibuktikan Sriyono melalui dibukanya dua outlet siomay di bilangan Jakarta Selatan beberapa minggu lalu, tepatnya di samping SMA 29.

Soal faktor viralnya usaha siomay Sriyono dahulu, salah satunya adalah karena tampilan mencolok yang diusungnya, yaitu merah muda atau pink.

Warna tersebut dipilihnya kala merasakan rindu yang luar biasa kepada anak semata wayangnya yang sudah berpisah selama bertahun-tahun.

"Waktu itu konsep berjualan siomay pakai sepeda, langsung ingat anak saya. Ini warna (pink) kesukaan anak saya, rasa kangen yang mendalam sekali. Spontanitas sepeda dan atribut, saya cat pink. Alhamdulillah dengan ber-pink ria di 2010, saya bisa dipertemukan dengan anak dan keluarga mantan istri lewat televisi," kenangnya.

Dalam menghadapi kegagalan dalam berbisnis yang mengharuskannya kembali hidup sederhana itu, Sriyono tetap berpikiran positif dan optimis.

"Tapi karena ini dunia saya, ya saya nikmati. Sehingga dalam hidup saya itu enggak ada beban. Saya sikapi bahwa tak ada yang mustahil," kata bapak satu anak tersebut.

Kini, Sriyono telah kembali mengayuh sepeda untuk menjajakan siomay pink legendarisnya yang telah terkenal, sembari mengulang perjuangannya memiliki usaha dengan banyak cabang.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

Dulu Diejek Gara-gara Fisiknya, 8 Artis Ini Kejutkan Publik dengan Penampilan Baru | Beda Banget!

7 Potret Rumah Artis Pria di Kampung Asalnya Masing-masing | Ada yang Jadi Istana

Kumpulan Kode Cheat GTA 5 PS3, PS4, PC Bahasa Indonesia Terbaru & Terlengkap

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Ilmuwan Perkirakan Penampakan Peta Bumi 250 Juta Tahun ke Depan | Dunia Menyatu Lagi

ARTIKEL TERKAIT

Berumah Tangga dengan Bule Jerman, Lelaki Sunda Ini Malah Bangun Rumah di Hutan

Viral Pesta Ultah Sosialita Pakai Brondong Tumbal Pesugihan, Sisi Gelap Tante-tante Ibu Kota?

Tabungan Rp1,5 Miliar Ditolak Bank, Orang Rimba Ini Kembali Simpan Uangnya di Dalam Tanah

Kayak Sinetron, Kisah Bayi yang Tertukar di Rumah Sakit Ini Viral | Sudah Sempat Disusui!

Aneh Banget! Motor Pria Ini Bisa Jalan Sendiri Tanpa Dikendarai, Diboncengin Setan?

Inilah Pulau Bungin di NTB, Pulau Terpadat di Dunia yang Sesak dan Tak Punya Lahan Kosong

undefined
Kembali Keatas