Cara Mencari Jawaban Matematika Cepat dan Mudah, Tanpa Ribet Menghitung!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 06 Juli 2022, 10:00
Mencari kunci jawaban soal matematika kini lebih mudah. Hanya dengan difoto, kunci jawaban soal matematika akan muncul dengan sendirinya.

Mencari jawaban Matematika bukan persoalan yang mudah. Apalagi kalau kamu bukan orang yang suka dengan soal hitung-hitungan. Pastinya pusing memikirkan berbagai rumus dan soal-soal matematika.

Kemajuan teknologi digital kini telah memudahkan siapapun untuk menemukan jawaban Matematika. Kamu bisa menggunakan website, aplikasi atau cara lainnya untuk mencari jawaban soal-soal Matematika.

Buat kamu yang sedang mencari jawaban soal Matematika, di artikel ini Jaka bakal jelasin cara menjawab soal matematika dengan berbagai cara. Ini penting utamanya buat mengerjakan PR atau menjelang ujian. Simak ya!

Mencari Jawaban Matematika dengan Website

Kamu bisa menjawab berbagai soal Matematika melalui situs-situs penyedia jawaban. Berikut ini adalah beberapa situs yang Jaka rekomendasikan untuk kamu gunakan.

Brainly

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Salah satu situs populer yang bisa kamu pakai untuk mengerjakan soal matematika yakni Brainly.co.id.

Situs populer satu ini adalah platform layaknya forum diskusi untuk semua siswa. Kamu dapat menanyakan soal yang ingin dipecahkan kepada seluruh anggotanya.

Semua anggota biasanya akan memberikan jawaban untuk soal yang telah kamu tanyakan. Menarik bukan? Tunggu apalagi, tulis soal Matematikamu di sana dan dapatkan jawabannya.

ADVERTISEMENT

Microsoft Math Solver

Sumber foto: Istockphoto (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Microsoft tidak ingin ketinggalan untuk menyediakan fasilitas untuk membantu pengguna mengerjakan soal-soal matematika.

Buat kamu para pelajar boleh banget untuk mencoba situs yang dibuat Microsoft ini. Kamu bisa langsung mengunjungi situs websitenya di Math.microsoft.com/id.

Untuk menyelesaikan soalnya, laman situs menyediakan keyboard virtual yang disertai dengan simbol perumusan matematika.

Kamu cuma perlu menuliskan soal MTK pada kolom yang telah disediakan situs. Tidak cumasitus web, Microsoft Math Solver juga ada dalam bentuk aplikasi mobile.

Mathway

Sumber foto: Istockphoto (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Rekomendasi website yang selanjutnya yakni Mathway. Situs penjawab soal Matematika ini dapat membantu kamu untuk mengerjakan soal-soal dengan beragam metodologi serta cara perhitungan.

Mathway bakal memberikan jawaban dengan tuntas. Dalam memakai fasilitas website dari Mathway, kamu bisa menggunakan cara berikut:

  1. Masuk ke situs Mathway
  2. Pilih perumusan matematika sesuai dengan kebutuhan
  3. Masukkan soal.
  4. Jika berhasil, website dengan otomatis akan menyuguhkan jawabannya.

Mathcelebrity

Sumber foto: Istockphoto (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Situs website lain yang bisa kamu pakai yakni Mathcelebrity.com. Sebagaimana Mathway, situs satu ini juga dapat menyuguhkan kunci jawaban lengkap disertai pembahasannya.

Tidak cuma itu, Mathcelebrity ternyata juga menyediakan kuis yang terdiri dari soal dengan tingkat kesulitannya ditentukan atas dasar tingkatan kelas. Berikut ini cara menggunakan website ini:

  1. Masuk ke situs Mathcelebrity.com.
  2. Memulai pengerjaan soal.
  3. Masukkan soal.
  4. Jika berhasil, jawabannya akan muncul.

Mencari Jawaban Soal Matematika dengan Aplikasi

Selain dengan situs, kamu juga bisa menjawab berbagai soal MTK dengan aplikasi. Selain lebih praktis, tentunya kamu bisa mengaksesnya melalui HP-mu. Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan:

1. AutoMath

Sumber foto: Istockphoto (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Cukup hanya dengan mengandalkan kamera HP, kamu bisa menjawab soal-soal matematika dengan mudah dan tepat. Selain itu, fitur pada aplikasi AutoMath ini terbilang lengkap, geng. Jadi bisa kamu maksimalkan.

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 250 rumus matematika yang bisa kamu gunakan. Kelemahannya yakni tidak bisa mendeteksi tulisan tangan. Jadi, kamu dapat menggunakannya untuk menjawab soal yang dibuat dari komputer.

Kamu bisa memakai aplikasi ini secara gratis di Google Play Store. AutoMath mampu menyesaikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pertidaksamaan, akar persamaan, trigonometri, aljabar, penyederhanaan, hingga algoritma dasar.

Kelebihan AutoMath Photo Calculator

Kekurangan AutoMath Photo Calculator

Detail AutoMath Photo Calculator
Developer S2dio
OS Minimal Android 4.0 +
Ukuran 67MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 3.0/5 (Google Play)

>>> Download AutoMath di Google Play Store <<<

2. Math Master

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Tak suka cara terlalu kaku serta serius? Berarti kamu pas dengan aplikasi satu ini. Dengan metode gaming, Math Master kamu akan disuguhi beragam soal matematika dengan beragam jenis dan tingkatan.

Semakin tinggi levelnya, tentu akan semakin berat pula soal yang harus dihadapi. Namun, inilah letak keseruan dan pembedanya. Aplikasi ini bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

Jadi, kamu bisa bikin mini games bersama dengan teman-teman agar belajar matematika lebih seru dan tidak membosankan. Adu kemampuanmu bersama teman dengan soal-soal yang kreatif.

Kelebihan Math Master

Kekurangan Math Master

Detail Math Master
Developer soneg84 Games
OS Minimal Android 4.1 +
Ukuran 3.6MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

>>> Download Math Master di Google Play Store <<<

3. Photomath (Bisa Jawab Soal Matematika dengan Cara Difoto)

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Selanjutnya ada aplikasi Photomath yang reputasinya sudah terkenal di kalangan para pelajar, nih. Soalnya Photomath bisa membantu kamu menjawab soal rumus matematika dengan mudah.

Aplikasi yang bisa menjawab soal matematikan dengan cara difoto ini mengharuskan kamu untuk memotret soal yang hendak dipecahkan dan otomatis kamu akan mendapat jawabannya.

Terlebih kamu bisa menggunakan Photomath secara gratis dan bisa berjalan tanpa jaringan internet, lho. Dengan jumlah unduhan lebih dari 100 juta, tentu nggak boleh meragukannya.

Oh ya, buat kamu yang mencari aplikasi matematika SD, Photomath juga menyediakan topik matematika dasar yang pastinya sangat bermanfaat. Untuk lebih detilnya, kamu bisa baca artikel di bawah ini:

Download Photomath APK, Aplikasi Yang Bikin Pintar Matematika!
Sulit menjawab dan memami soal-soal matematika yang rumit? Download Photomath dan foto soal matematika untuk dapatkan jawaban dan penjelasannya!
LIHAT ARTIKEL

Kelebihan Math Master

Kekurangan Math Master

Detail Photomath
Developer Photomath, Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.6/5 (Google Play)

Download Photomath di sini:

PhotoMath 5.2.1
Apps Productivity Microblink
DOWNLOAD

4. MyScript Calculator

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Selain Photomath, ada juga aplikasi MyScript Calculator yang bisa membantu kamu mengerjakan soal matematika dengan cara yang cukup unik.

Di sini kamu nggak perlu mengetik, melainkan cukup mencorat-coret saja pada layar smartphone hingga tulisanmu tadi akan langsung diubah menjadi persamaan matematika.

Sayangnya, kemampuan MyScript Calculator untuk membantu mengerjakan soal matematika masih terbatas.

Aplikasi menjawab soal matematika ini hanya bisa untuk matematika dasar, eksponensial, trigonometri, dan alogaritma saja, geng.

Kelebihan MyScript Calculator

Kekurangan MyScript Calculator

Detail MyScript Calculator
Developer MyScript
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000 ke atas
Rating 4.7/5 (Google Play)

Download MyScript Calculator di sini:

MyScript Calculator 1.2.3
Apps Utilities
DOWNLOAD

5. MalMath

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Berikutnya ada aplikasi untuk menjawab soal matematika bernama MalMath yang bisa membantu menjawab pertanyaan untuk siswa SMA hingga kuliah.

MalMath dilengkapi dengan sejumlah tutorial bagaimana cara menggunakannya, khususnya untuk para pemula yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Di sini pun, kamu bakal dibantu dengan sebuah virtual keyboard yang dilengkapi berbagai simbol matematika untuk memasukkan rumus.

Nantinya, kamu akan diberitahu step-by-step dalam menyelesaikan pertanyaan matematika tersebut. Mudah dipahami asal kamu tekun deh!

Kelebihan MalMath: Step by Step Solver

Kekurangan MalMath: Step by Step Solver

Detail MalMath: Step by Step Solver
Developer MalMath-app
OS Minimal Android 4.0 ke atas
Ukuran 13MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 4.1/5 (Google Play)

Download MalMath di sini:

MalMath 4.1.0
Apps
DOWNLOAD

Aplikasi Matematika di HP Lainnya

6. Mathway

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Kemudian ada Mathway yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk belajar dan membantu dalam mengerjakan soal matematika, mulai dari matematika dasar, algoritma, kalkulus, dan lainnya.

Dari segi tampilan (user interface) yang dimilikinya, Mathway terkesan lebih sederhana dan sistematis. Jadi mungkin kurang cocok buat kamu cari aplikasi yang agak santai, geng.

Namun tenang saja, penggunaanya cukup mudah kok! Aplikasi mengerjakan matematika ini dapat kamu gunakan dengan cukup memfoto soal dan Mathway akan menjawab layaknya guru les privat.

Jaka juga pernah membahas cara penggunaan aplikasi matematika Mathway di website resminya yang bisa kamu simak di artikel berikut:

Mathway: Web Matematika Terbaik 2021 + Alternatifnya, Bikin Kamu Makin Pinter!
Web Matematika Mathway jadi solusi praktis untuk menjawab soal dalam hitungan detik. Simak cara penggunaan + alternatif website Matematika lainnya di sini.
LIHAT ARTIKEL

Kelebihan Mathway

Kekurangan Mathway

Detail Mathway
Developer Mathway
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 39MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download Mathway di sini:

Mathway 3.0.79
Apps Productivity Mathway
DOWNLOAD

7. WolframAlpha

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Untuk yang kesulitan dalam kalkulus hingga trigonometri, ada aplikasi WolframAlpha yang berisi segudang cara untuk memecahkannya, geng.

Kamu bisa mengakses aplikasi WolframAlpha untuk membantumu dalam mengerjakan PR atau menghadapi ujian.

Selain mata pelajaran matematika, WolframAlpha juga memiliki database pelajaran lain seperti fisika, kimia, biologi, dan masih banyak lainnya. Lengkap deh!

Sayangnya, WolframAlpha adalah aplikasi berbayar sehingga kamu harus mengeluarkan kocek untuk membeli aplikasinya di Google Play ataupun App Store.

Kelebihan WolframAlpha

Kekukarangan WolframAlpha

Detail WolframAlpha
Developer Wolfram Group
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 8,7MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download WolframAlpha di sini:

Wolfram Alpha 1.3.0.5403760
Apps
DOWNLOAD

8. Socratic (Aplikasi MTK dan Mata Pelajaran Lainnya)

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Dibanding aplikasi matematika lainnya, Socratic yang dikembangkan oleh Google ini punya tampilan antarmuka (user interface) yang paling menarik, lho.

Sama seperti lainnya, kamu bisa memperoleh jawaban dengan cara memfoto soal yang hendak dipecahkan dalam aplikasi ini.

Uniknya, Socratic dilengkapi dengan teknologi AI yang secara cepat dan akurat membantu kamu dalam menyelesaikan soal matematika.

Socratic juga menyediakan berbagai mata pelajaran lainnya, seperti fisika, kimia, hingga sejarah, mirip seperti aplikasi belajar online.

Kelebihan Socratic by Google

Kekurangan Socratic by Google

Detail Socratic by Google
Developer Google LLC
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 11MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download Socratic di sini:

Socratic - Math Answers & Homework Help 1.7.2
Apps Productivity Socratic
DOWNLOAD

9. Cymath

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Aplikasi jawaban matematika, Cymath bakal berfungsi banget kalau kamu lagi stuck dengan PR matematika yang sedang kamu kerjakan, geng.

Di sini kamu bisa menyelesaikan berbagai macam soal matematika dengan cara memfoto menggunakan kamera HP dan memasukkannya ke dalam aplikasi.

Cymath juga andal dalam memberikan langkah penyelesaian dari beberapa topik, seperti aljabar, kalkulus, dan lainnya yang mudah dipahami penggunanya.

Kelebihan Cymath - Math Problem Solver

Kekurangan Cymath - Math Problem Solver

Detail Cymath - Math Problem Solver
Developer Cymath LLC
OS Minimal Android 4.2 ke atas
Ukuran 2,6MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download Cymath di sini:

Cymath 2.36
Apps
DOWNLOAD

Menjawab Soal Matematika dengan Foto

Satu cara lain yang mudah digunakan dalam menjawab soal Matematika adalah dengan mengupload foto. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menjawab soal Matematika dengan foto:

Mathway

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Kamu cuma perlu mengambil foto atau mengetikkan soal untuk mengetahui langkah-langkah pengerjaan lengkap dengan jawabannya.

Jika dilihat dari segi tampilannya, Mathway sangat sederhana serta memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Selain itu, ada pilihan jenis soal matematika.

Socratic

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Google ini tidak cuma membantu belajar matematika, tetapi juga terdapat mata pelajaran lain seperti Biologi, Kimia, serta Fisika.

Kamu bisa mendapatkan jawaban dengan cara memotret soal. Keunggulan yang ada pada aplikasi matematika SMA tersebut adalah adanya teknologi AI, sehingga bisa membantumu memecahkan soal secara cepat serta akurat.

Photomath

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Aplikasi menyelesaikan soal matematika satu ini ada di Android dan iOS. Tidak cuma itu, Photomath sudah diunduh lebih dari 100 juta kali oleh pengguna.

Kamu cuma perlu mengunggah foto soal matematika yang sedang dikerjakan. Lalu aplikasi secara otomatis akan menjabarkan proses pengerjaan soal tersebut.

Photomath juga bisa melakukan scanning soal yang ditulis tangan. Untuk topik matematika yang diajarkan yakni matematika dasar, aljabar, trigonometri/prekalkulus, kalkulus, serta statistik.

MalMath

Sumber foto: (Cara Menemukan Jawaban Matematika)

Aplikasi ini cukup ringan karena cuma berukuran 3,7 MB. Fitur utama yang ditawarkan aplikasi matematika ini yakni kalkulator tutorial mengerjakan soal langkah demi langkah, analisis grafik, serta menampilkan beberapa cara untuk menjawab pertanyaan MTK.

Bonus: Nggak Cuma Seru! 7 Game ini Bisa Bikin Kamu jadi Pintar Matematika

Selain menjawab soal Matematika, akan lebih baik jika kamu bermain game sekaligus belajar. Sekarang sudah banyak lho game Android yang bisa menguji kemampuan para pemainnya, salah satunya adalah game matematika.

Memang, matematika adalah pelajaran yang paling menyebalkan, tapi tidak ada salahnya juga kan jika kita bermain game matematika untuk sekadar menguji kemampuan matematika kita, ataupun mempelajarinya lebih lanjut?

Nah, berikut adalah beberapa game Android yang memang terlihat simpel tapi dijamin bakal bikin kamu jadi pintar matematika!

Nggak Cuma Seru! 7 Game Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pintar Matematika
Beberapa game Android yang memang terlihat simpel tapi dijamin bakal bikin kamu jadi pintar matematika.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan dan berbagai cara mendapatkan jawaban Matematika. Kini kamu tak perlu pusing-pusing lagi menyelesaikan berbagai soal Matematika.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Grienda.

ARTIKEL TERKAIT

10 Situs Download Video YouTube Terbaru 2020, Tanpa Aplikasi!

13 Aplikasi Download Video YouTube Terbaik 2022, Bebas Nonton Tanpa Kuota!

Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain, Gak Bakal Ke-Pause!

13 Aplikasi Edit Video YouTuber di Android dan PC, Gratis dan Mudah!

8 Situs Streaming Video Terbaik Selain YouTube, Bisa Video Sampai 8K?

15 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Kualitas Suara Maksimal & Irit Kuota!

undefined
Kembali Keatas