Banyak yang Aneh! Ini 25 Foto Terlarang Kehidupan Korea Utara yang Bocor ke Dunia

Ditulis oleh Jaka - Senin, 23 Mei 2022, 16:00
Foto-foto berikut hukumnya haram untuk tersebar ke dunia luar, lantaran menguak kehidupan asli masyarakat Korea Utara yang bikin prihatin. Lihat deh, geng.

Banyak orang di dunia ini penasaran akan seperti apa kehidupan di Korea Utara sebenarnya.

Negara komunis yang terletak di kawasan Asia Timur tersebut memang sangat menutup diri dari dunia luar, bahkan tak sembarang potret dari Korea Utara bisa dibagikan kepada khalayak, geng.

Namun, ada seorang fotografer asal Perancis bernama Eric Lafforgue yang sangat beruntung untuk memiliki kesempatan bertandang ke Korea - bukan cuma sekali, melainkan enam kali.

Lafforgue menggunakan kesempatan tersebut untuk memotret kehidupan nyata Korea Utara yang kemudian disimpannya dalam kartu memori digital sehingga tidak ketahuan oleh pengawas

Beberapa foto-foto yang diambilnya itu sebenarnya dianggap terlarang dan ilegal karena berbagai alasan, geng.

Namun, jangan khawatir karena kamu bisa melihat foto-fotonya berikut. Ternyata kehidupan di sana bikin kita bersyukur banget jadi orang Indonesia!

1. Di Korea Utara, seluruh warga yang ingin bepergian keluar kota saja harus mendapat izin dari pihak pemerintah. Makanya, banyak tentara yang berjaga-jaga di jalanan seperti ini.

2. Potret berikut dianggap ilegal karena memuat gambar masyarakat miskin. Padahal mah biasa aja ya, geng, semua negara juga punya masalah kemiskinannya masing-masing.

3. Memotret para tentara saat sedang bersantai (apalagi sebat) seperti ini nggak diperbolehkan dan masuk ke dalam tindakan ilegal, geng.

4. Waduh, kok bisa anak-anak kecil dibiarkan main di jalanan gini? Walaupun jalanannya sepi, tetap saja bukan hal yang baik!

5. Sedih banget geng, banyak masyarakat di Korea Utara memetik rumput untuk dikonsumsi akibat kemiskinan yang merajalela.

6. Dari foto ini kelihatan kan, kalau rakyat Korea Utara juga menderita malnutrisi? Potret semacam ini juga sebenarnya dilarang keras untuk diabadikan, geng.

7. Saat mengambil gambar ini, pemandu wisata yang mendampingi Lafforgue melarangnya dengan alasan si bapak dalam foto tidak berpakaian dengan rapi. Padahal udah pakai kemeja gitu, ya.

8. Ini adalah peristiwa pemadaman listrik di dalam sebuah pusat kesenian di Pyongyang. Setiap kali mati lampu, orang-orang Korea Utara beralasan ini terjadi gara-gara embargo yang dilakukan oleh AS!

9. Wanita yang berprofesi sebagai pedagang kecil dan kedua anaknya ini mencoba mencari sesuap nasi dengan berjualan rokok dan permen.

10. Ketika ada kendaraan mogok, adalah hal yang wajar jika masyarakat yang sedang berada di sekitarnya mendorong beramai-ramai. Namun, bagi Korut hal ini seolah-olah merupakan sebuah aib untuk diketahui dunia.

11. Dua wanita ini kelelahan setelah mengayuh sepeda, geng. Memang, hanya sepeda lah kendaraan yang bisa dimiliki oleh warga kurang mampu.

12. Foto ini sempat bikin tour guide panik, soalnya kalau tersebar ke dunia luar, bisa-bisa pria ini dikabarkan sudah mati. Padahal ia masih hidup, geng.

13. Bahan bakar minyak masih cukup sulit di Korut, sehingga mobil juga masih diisi dengan batu bara seperti yang ada di gambar ini.

14. Pekerjaan se-berbahaya ini juga nggak dilengkapi dengan peralatan memadai dan aman untuk para pekerjanya. Miris, kan?

15. Suasana di supermarket yang menjual barang-barang impor dalam Won dan Euro. Cuma para elit yang bisa belanja di sini, geng.

16. Beberapa warga lagi mengumpulkan biji-biji jagung yang berhamburan di tanah, geng. Jagung itu bisa jadi makan malam mereka hari ini. Lihat deh, sandalnya aja nggak sama antara kiri dan kanan.

17. Penduduk harus mengantre berjam-jam setiap harinya untuk menaiki kendaraan umum. Duh, kalau berangkat kerja jam berapa ya, geng?

18. Anak-anak nggak seharusnya dikerahkan untuk bekerja, tetapi kasus pekerja anak di Korea Utara masih lumrah ditemukan - contohnya di foto ini.

19. Saat foto ini diambil, tour guide melarang sang fotografer menggunakan flash kamera. Katanya sih, itu bisa menakut-nakuti warga. Sampai segitunya!

20. Apa yang dilarang dari foto ini? Ternyata, topi yang posisinya miring serta tentara yang ada dalam gambar jadi alasannya. Ketat banget, ya.

21. Hal haram lainnya yang tak boleh dilakukan saat mengambil foto di Korea Utara adalah memotret patung sang pemimpin negara beserta keluarga dari belakang, contohnya begini, nih.

22. Tiada yang salah dengan foto ini, hanya saja sang fotografer dilarang mengambil potret lukisan yang belum selesai karena... Lukisannya belum selesai. Aneh banget, kan?

23. Terowongan Korea Utara yang dilewati kereta bawah tanah sekaligus digunakan sebagai gudang penyimpanan bom ini nggak boleh difoto. Hmmm... Memangnya ada apaan, ya?

24. Tentu saja wisatawan boleh mengabadikan atraksi lumba-lumba lucu di gelanggang, tetapi keberadaan para tentara yang mengisi 90% kursi penonton-lah yang membuatnya terlarang. Terus gimana dong, fotonya?

25. Di Korea Utara, pejabat harus terlihat sempurna. Maka dari itu, foto pejabat yang ketiduran di gereja ini termasuk dalam potret terlarang, geng. Padahal di Indonesia beginian juga banyak ya, hehe.

Akhir Kata

Begitulah potret kehidupan masyarakat Korea Utara sehari-harinya, geng. Semuanya benar-benar diatur dan banyak banget hal yang nggak diperbolehkan.

Korea Utara sangat takut untuk menunjukkan ketidaksempurnaannya sebagai sebuah negara, padahal foto-foto di atas kayaknya nggak segitu parahnya, ya.

ADVERTISEMENT

Akibat beredarnya foto-foto ini di internet, pemerintah Korea Utara melarang Lafforgue untuk pergi ke negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu lagi, loh.

Baca juga artikel seputar Korea Utara atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

10 Potret Baby Rayyanza, Anak Kedua Raffi - Nagita yang Menggemaskan!

10 Potret Pesona Fuji vs Mayang, Dua Tante Gala Sky: Sama-sama Memikat!

6 Artis ini Pernah Berkarier Sebagai Pegawai Kantoran, Sampai Duduki Jabatan Strategis!

Viral! Pasangan Keliling Eropa Naik Motor Bebek, Lintasi 25 Negara

Kerap Pamer Belahan Dada Saat Jualan Pancake, Gadis ini Ditangkap Pihak Kepolisian

ARTIKEL TERKAIT

10 Peraturan Teknologi Aneh di Korea Utara, Gak Boleh Punya HP?

6 Fakta Mengejutkan Grup Hacker Korea Utara, Bikin Amerika Ketar-ketir!

Orang Korea Utara Juga Main Game? Ini 4 Fakta Unik Video Game di Korea Utara!

undefined
Kembali Keatas