5 Film Bertema Mimpi Misterius & Aneh, Ceritanya Bikin Puyeng!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 22 April 2022, 13:50
Kamu suka bermimpi hal-hal aneh hingga terbawa ke dunia nyata? Ternyata film-film ini mengambil tema mimpi untuk dijadikan jalan cerita utama, lho!

Mimpi bisa diartikan sebagai pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lain dalam tidur. Bahkan ada ilmu yang mempelajari tentang mimpi, lho, geng, yaitu oneirologi.

Sebagian mimpi ada yang masih kita ingat secara jelas ketika terbangun, dan ada mimpi yang terlupakan begitu saja. Panjang mimpi juga bervariasi, meskipun kita tidak tahu waktunya secara tepat karena sedang berada di alam bawah sadar.

Pertanyaan-pertanyaan seputar mimpi yang masih menjadi misteri tentunya menarik untuk diangkat menjadi sebuah film.

Ternyata menurut Deirdre Barrett, seorang penulis dan asisten profesor Psikologi di Harvard Medical School, kita memiliki kemampuan untuk mengendalikan mimpi.

Kemampuan inilah yang kemudian menginspirasi para produser film untuk membuat film-film bertema mimpi.

Sudah penasaran dengan film-film apa saja yang berlatar belakang dunia mimpi? Berikut Jaka berikan penjelasannya.

1. Inception (2010)

Inception mungkin menjadi film paling terkenal bertema mimpi. Film ini mengisahkan Dominick Cobb (Leonardo DiCaprio) bersama kelompoknya dalam melakukan espionase perusahaan dengan cara masuk ke alam bawah sadar lawannya dan mengekstraksi informasi rahasia yang dibutuhkan.

Selain penuh aksi mendebarkan dan efek visual yang mindblowing, film ini menunjukkan kepada penonton mengenai cara para karakternya mengendalikan mimpi mereka dan mimpi karakter lain.

ADVERTISEMENT

Inception juga mengeksplorasi dunia mimpi secara lebih luas dan lebih dalam. Karakter-karakter dalam film ini mampu bermimpi di dalam mimpi hingga beberapa lapisan.

Setiap lapisannya digambarkan sebagai sebuah labirin yang diciptakan oleh Ariadne (Ellen Page) untuk membantu Cobb dan teman-temannya menginfiltrasi pikiran lawan secara lebih dalam.

2. The Matrix (1999)

Berpusat pada kisah Thomas Anderson (Keanu Reeves), seorang programmer komputer sekaligus hacker bernama samaran Neo, film ini mempertanyakan antara kehidupan realita dan ilusi.

Neo suatu hari mendapatkan pesan dari seseorang yang mengaku bernama Morpheus (Laurence Fishburne). Morpheus memahami cara kerja mimpi, khususnya dunia mimpi bernama Matrix yang menjadi tempat bagi makhluk-makhluk Artificial Intelligent (AI) untuk mendapatkan energi dari tubuh manusia.

Ia memperingatkan Neo mengenai ilusi yang selama ini dianggapnya sebagai kehidupan nyata.

Film ini mampu menciptakan teori di antara para penonton, apakah kehidupan yang kita jalani selama ini ternyata hanyalah sebuah simulasi?

3. Get Out (2017)

Tidak hanya film dengan genre action maupun sci-fi, film horor juga mampu mengusung tema mimpi, khususnya memasuki pikiran orang lain. Get Out sekaligus memberikan makna baru pada fenomena hipnosis dan mengangkat isu rasisme.

Film ini bercerita tentang Chris Washington (Daniel Kaluuya) yang mengunjungi rumah pacarnya, Rose Armitage (Allison Williams), untuk pertama kalinya. Chris dan Rose adalah pasangan berbeda ras.

Di sana, ia berbincang dengan ibu Rose yang ternyata sedang melakukan hipnosis pada Chris untuk mengetahui memori kelamnya.

Hipnosis ini menyebabkan Chris kehilangan kendali, dan hal ini merepresentasikan bagimana masyarakat menilai orang-orang kulit hitam berdasarkan warna kulit mereka dibanding mengenal mereka secara personal.

4. A Nightmare on Elm Street (1984)

Berlatar tempat di sebuah kota di wilayah Midwest yang tenang, Freddy Krueger (Robert Englund) yang merupakan seorang pembunuh berantai mengawasi seorang remaja bernama Nancy Thompson (Heather Langenkamp).

Krueger menyerang korban-korbannya melalui mimpi mereka, membuatnya justru semakin menakutkan. Wes Craven selaku sutradara memainkan salah satu perasaan yang paling ditakuti manusia, yaitu perasaan takut tidak dapat terbangun dari mimpi sehingga dapat menyebabkan distorsi antara dunia nyata dan alam mimpi.

Kematian oleh mimpi buruk terbukti dapat terjadi, dan film ini mendorong para penonton untuk merenungkan seberapa kuat sebenarnya pengaruh mimpi terhadap manusia.

5. The Science of Sleep (2006)

Film berbahasa Prancis yang dibintangi oleh aktor Meksiko Gael Garcia Bernal ini bercerita mengenai kehidupan karakter Stephane Miroux sebagai seorang desainer grafis yang tidak memiliki banyak kesempatan untuk berkarya.

Mimpi-mimpi yang dialami oleh Miroux semakin memengaruhi kehidupannya di dunia nyata, membuatnya sulit membedakan antara mimpi dan realita.

Ia juga mengalami sleepwalking (tidur sambil berjalan) dan bersikap buruk di dunia nyata yang ia pikir sebagai dunia mimpi.

Tercampurnya dua dunia tersebut di kehidupan Stephane adalah akibat dari dirinya yang merasa tidak bisa mengendalikan dunia nyata karena harus kehilangan ayahnya, sehingga ia lebih memilih untuk mengendalikan mimpinya.

Akhir Kata

Demikian 5 film yang terinspirasi dari misteri tentang mimpi yang sampai sekarang masih meninggalkan beberapa pertanyaan.

Sambil berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, jangan sampai kamu terlalu larut dalam mimpi hingga sulit membedakannya dengan realita, ya, geng.

Seperti yang dikatakan oleh Dumbledore di film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001), "Tidak ada gunanya memikirkan mimpi dan melupakan hidup".

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

15 Film Action Indonesia Terbaik & Terbaru 2021 | Lebih Kece dari Hollywood!

10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Bikin Penonton Ikut Putus Asa!

7 Film Sci-Fi Tanpa CGI Terkeren yang Pernah Dibuat, No. 5 Gak Nyangka!

10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Aksi dan Rahasia!

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Gak Bisa Dipahami, Bikin Pusing Doang!

undefined
Kembali Keatas